Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto di HP

Kamera DSLR atau handphone Andorid yang memumpuni biasanya menghasilkan foto dengan ukuran yang cukup besar, tentunya dengan kualitas foto yang sangat tajam. Foto yang dihasilkan tersebut, ketika dimasukkan ke handphone bisa membuat ruang penyimpanan penuh. Anda harus mengecilkan ukuran foto tersebut agar tidak memakan tempat terlalu banyak. Sekarang, Anda bisa menemukan beragam cara mengecilkan ukuran foto di HP atau ponsel dengan mudah.

Selain untuk menghemat ruang penyimpanan, bisa jadi Anda mengecilkan ukuran foto untuk kebutuhan pekerjaan. Tak jarang perusahaan menentukan ukuran file maksimal yang boleh dikirim. Cara mengecilkan ukuran foto bukanlah hal yang rumit. Ketika Anda mengecilkan ukuran tersebut, piksel yang ada pada foto secara otomatis akan ikut berubah. 

Piksel merupakan unsur yang biasanya ada pada suatu gambar atau foto. Unsur tersebut di representasikan oleh sebuah titik kecil atau elemen terkecil yang dapat dihitung per inchi. Untuk foto yang memiliki jumlah piksel yang banyak, berarti foto tersebut memiliki kualitas foto yang semakin bagus.

Apabila Anda mengecilkan ukuran foto tersebut, berarti Anda memperkecil jumlah piksel pada foto yang Anda turunkan. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mengecilkan ukurann foto, bisa menggunakan aplikasi di PC ataupun HP. Namun, cara itu akan memakan waktu yang cukup lama, lantaran Anda harus mendownload aplikasi tersebut terlebih dahulu.

RajaBackLink.com

Anda bisa menggunakan cara yang lebih efektif dan praktis, yaitu dengan menggunakan layanan situs web. Jika Anda menjelajahi internet, Anda akan menemukan berbagai macam situs yang bisa Anda gunakan. Setiap situs yang Anda gunakan tentunya memiliki proses yang hampir sama baik Anda menggunakan PC ataupun HP. 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP

Bagi segelintir orang, mengecilkan ukuran foto menggunakan PC atau laptop merupakan sesuatu yang sulit. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki perangkat tersebut. Lalu proses yang harus dilakukan sangat panjang, mulai dari harus menghidupkan terlebih dahulu dan lain sebagainya.

Untuk menghemat waktu, Anda bisa menggunakan perangkat yang saat ini Anda gunakan yaitu HP. Hanya dengan menggunakan HP, Anda bisa melakukan hal apapun dengan mudah terutama mengecilkan ukuran foto. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran foto di HP:

1. Menggunakan Situs Picresize

Cara pertama yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan situs web Picresize. Situs ini terbilang sangat popular terutama untuk memperkecil ukuran file secara digital. Anda bisa menggunakan situs Picresize dengan sangat mudah dan praktis. Situs ini Anda bisa gunakan secara bebas dan gratis. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil ukuran foto di HP menggunakan situs Picresize:

  1. Pertama Anda harus membuka browser atau pramban yang Anda gunakan terlebih dahulu
  2. Lalu ketikkan picresize.com untuk masuk ke halaman situsnya
  3. Pilih foto yang akan Anda kecilkan ukurannya di galeri
  4. Setelah itu klik dan pilih Continue
  5. Disini Anda bisa menentukan ukuran foto sesuai dengan keperluan dan kebutuhan Anda di kolom Resize Your Picture
  6. Selanjutnya tentukan format foto yang akan Anda simpan
  7. Klik dan pilih I'm Done, Resize My Picture
  8. Foto akan otomatis terunduh dengan ukuran yang lebih kecil

2. Menggunakan Situs Resizepixel.net

Selain menggunakan situs web Picresize, Anda juga bisa menggunakan situs lainnya seperti Resizepixel.net. Cara kerja situs ini pada umumnya sama dengan situs-situs lain. Anda bisa mengakses situs ini dengan mudah dan praktis. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperkecil ukuran foto di HP menggunakan situs Resizepixel.net:

  1. Sama seperti cara di atas, Anda harus membuka browser di perangkat Anda
  2. Ketikkan dan masuk ke dalam situs web Resizepixel.com
  3. Lalu pilih dan tentukan foto yang ingin Anda kecilkan ukurannya
  4. Setelah itu upload foto tersebut pada situs Resizepixel.com
  5. Setelah terunduh, Anda bisa mengatur Width dan Height sesuai keinganan dan kebutuhan Anda. Untuk mengubah ukuran, Anda bisa menggunakan ikon % di bagian atas
  6. Jika sudah selesai, klik dan pilih Resize Image
  7. Tunggu beberapa saat, foto Anda akan terunduh dan tersimpan di galeri dengan ukuran yang lebih kecil

3. Menggunakan Fitur Bawaan HP

Tak perlu khawatir apabila Anda tidak memiliki koneksi internet yang cukup untuk membuka situs-situs tersebut. Ternyata, fitur bawaan HP yaitu Galeri juga bisa lho digunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Bahkan, cara ini terbilang sangat praktis dan mudah. Berikut langkah yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran foto di HP menggunakan Galeri:

  1. Pertama-tama Anda harus membuka aplikasi bawaan yaitu Galeri
  2. Setelah masuk di galeri, Anda bisa pilih foto yang ingin Anda ubah ukurannya
  3. Klik foto tersebut dan galeri akan menyediakan ikon Edit. Klik ikon tersebut
  4. Kemudian pilih ikon titik tiga pada bagian pojok atas
  5. Pilih Resize Image
  6. Disini Anda bisa menentukan presentase foto yang Anda inginkan
  7. Selanjutnya Anda hanya tinggal klik Done untuk menerapkan hasil file yang telah Anda edit
  8. Selesai