Cara Registrasi Kartu Axis dengan Mudah

Pengguna operator seluler yang baru beli kartu SIM harus tahu cara registrasi kartu Axis. Pasalnya mendaftarkan kartu baru saat ini sudah menjadi ketentuan wajib bagi pengguna kartu seluler di tanah air. Jika pengguna tidak melakukan aktivasi aktivasi kartu Axis yang telah dibeli sebelumnya, maka kartu tidak dapat digunakan.

Axis saat ini diketahui menjadi bagian dari perusahaan Group XL Axiata sejak 26 September 2013. Operator seluler ini pun punya reputasi yang tak bisa dianggap remeh. Pasalnya tercatat Axiata secara nasional dan internasional, mencakup 382 mitra roaming internasional di 159 negara.

Jaringan Axis diklaim sudah mencapai 80 persen wilayah Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi. Tercatat sudah cakupan jaringannya sudah tersedia di lebih dari 400 kota di seluruh Indonesia.

Cara registrasi kartu Axis

Cara mendaftarkan kartu Axis ternyata bukan perkara sulit. Ada beberapa cara yang dapat dipilih oleh pengguna. Kewajiban registrasi Axis sebenarnya untuk kepentingan pengguna sendiri. Pasalnya nomor Axis yang sudah terdaftar akan memperoleh perlindungan dari penipuan dan meminimalisir penyalahgunaan nomor. Registrasi kartu Axis juga berfungsi sebuah identitas unik yang dimiliki setiap individu.

RajaBackLink.com

Cara registrasi Axis lewat SMS

Kartu Axis dapat dilakukan melalui pengiriman pesan singkat ke nomor 4444. Sebelum melakukan pendaftaran pengguna harus mempersiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu keluarga (KK). Selanjutnya ikuti tutorial cara daftar kartu Axis.

  1. Buka aplikasi pesan di handphone masing-masing.
  2. Ketik pesan dengan format REG(spasi)NIK#No.KK.
  3. Kirim pesan tersebut ke 4444.

Jika registrasi berhasil, maka akan ada konfirmasi. Sebaliknya, jika gagal, maka akan balasan berupa “Maaf saat ini permintaan Anda tidak dapat diproses” maka ulangi dari awal”.

Registrasi ulang kartu Axis

Pelanggan lama juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan registrasi ulang nomor Axis. Dengan registrasi ulang ini, pengguna akan mendapatkan perlindungan dan keamanan sebagaimana ditawarkan oleh pengguna baru. Cara daftar ulang kartu SIM Axis dapat ditempuh via SMS dengan tutorial sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi perpesanan di ponsel.
  2. Ketik pesan dengan format ULANG#NIK#No.KK.
  3. Kirim pesan tersebut ke nomor 4444.

Jika daftar ulang berhasil maka pengguna akan mendapatkan notifikasi dari pihak Axis. Apabila muncul pesan “Maaf saat ini permintaan Anda tidak dapat diproses” maka ulangi dari awal.

Bisakah Registrasi kartu Axis tanpa KK

Ternyata registrasi kartu Axis tanpa KK tidak bisa dilakukan. Axis hanya akan menerima pendaftaran dengan NIK dan KK. Apabila pengguna hanya memiliki KK dan tidak memiliki KTP, pendaftaran tetap bisa dilakukan. Caranya adalah dengan melihat NIK yang tertera pada KK. Meski demikian, cara termudah untuk melihat NIK adalah dengan cek di E-KTP masing-masing.

Cara cek registrasi kartu Axis

Pelanggan Axis dapat mengetahui apakah NIK yang dimiliki sudah digunakan untuk registrasi atau belum sebelumnya. Cara mengetahui NIK yang sudah diregistrasi cukup mudah dengan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Buka halaman axis.co.id/cek-nik
  2. Masukkan NIK yang digunakan untuk registrasi.
  3. Centang kolom “Syarat dan Ketentuan”
  4. Masukkan captcha.
  5. Selanjutnya klik “Cek NIK”
  6. Halaman tersebut akan menampilkan informasi terkait NIK dan nomor kartu.

Cara unreg nomor Axis

Pengguna kartu Axis juga dapat melakukan unreg nomor Axis yang sudah didaftarkan sebelumnya. Unreg ini penting, mengingat maksimal NIK dan KK hanya dapat digunakan maksimal 3 kartu SIM. Tutorial cara unreg Axis antara lain sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi pesan di ponsel.
  2. Ketik pesan dengan format UNREG#Nomor telepon.
  3. Kirim ke 4444

Apabila pengguna ingin melakukan registrasi kartu Axis yang telah hangus ternyata juga bisa. Silahkan kunjungi xl.co.id/id/bantuan/xlcenter. Isi formulir dengan lengkap yang mencakup NIK dan KK. Setelah selesai, pelanggan akan mendapatkan kartu baru yang diambil di XL Center terdekat.

Demikian cara registrasi kartu Axis yang dapat dicoba oleh pelanggan baru maupun pelanggan lama. Bagi pengguna yang mau melakukan unreg pun juga bisa, yaitu caranya mudah cukup mengirimkan pesan ke nomor 4444 dengan format tertentu.