Cara Update Play Store di Android

Pengguna ponsel pintar dengan operation system (OS) Android mungkin ingin mengetahui cara update Google Play Store, aplikasi ini tidak hanya berguna untuk mengunduh dan update aplikasi, namun Play Store sebagai salah satu aplikasi di hp Android juga perlu diupdate.

Seperti kita ketahui ponsel dengan OS Android banyak diminati di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ponsel dengan OS Android dijual dengan harga lebih terjangkau, sehingga ponsel ini laris di pasaran. Ponsel Android juga lebih mudah digunakan ketimbang ponsel dengan OS lain.

Penggunaan ponsel Android syarat akan aplikasi. Aplikasi yang telah diunduh tak hanya sekedar digunakan, namun ada kalanya aplikasi tersebut harus diupdate ke versi terbaru, termasuk mengupdate Play Store. Aplikasi yang telah diupdate akan lebih lancar digunakan, karena sudah mengalami pembaruan-pembaruan.

Google Play Store adalah salah satu aplikasi bawaan yang ada di ponsel Android. Aplikasi wajib ini juga perlu mengalami pembaruan. Pengguna akan mendapatkan notifikasi agar Play Store segera diupdate ke versi terbaru.

RajaBackLink.com

Meski demikian, ada kalanya Play Store mengalami kendala. Aplikasi ini error tak bisa digunakan. Kondisi demikian mengakibatkan pengguna tak bisa mengunduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan.

Agar Google Play Store dapat kembali digunakan seperti sediakala, pengguna harus melakukan udpate terlebih dahulu. Berikut cara update Google Play Store yang dapat dicoba oleh pengguna ponsel pintar dengan OS Android.

Cara update Google Play Store dari Play Store

Google Play Store dapat dengan mudah di update dari Play Store itu sendiri. Cara update Google Play ini juga disebut lebih aman ketimbang cara lain, sekaligus tanpa ribet. Sebelum melakukan update, pengguna dapat memeriksa jaringan internet terlebih dahulu. Lalu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Google Play Store di ponsel terlebih dahulu.
  2. Klik ikon pada bagian kiri atas.
  3. Klik menu Setting (Setelan).
  4. Geser ke bawah, klik Play Store Version (Versi Bentukan).
  5. Selanjutnya, pengguna akan melihat adanya dialog yang memperlihatkan apakah telah menggunakan versi terbaru ataukah versi lama. Jika Play Store yang digunakan adalah versi lama, maka akan muncul opsi untuk ijin download dan instal versi terbaru.

Cara update Play Store menggunakan file Apk

Apk merupakan format berkas file Android. Pengguna yang akan melakukan update Play Store dengan menggunakan file Apk, maka dapat mengunduh file Apk terbaru yang bisa diunduh di situs-situs tertentu. Tutorial cara unduh Play Store menggunakan file Apk lengkap sebagai berikut.

  1. Cari dan unduh file Apk Google Play Store versi terbaru di internet.
  2. Instal file Apk yang telah diunduh tersebut.
  3. Setelah file Apk Play Store telah terinstal, maka aplikasi tersebut bisa langsung digunakan tanpa melakukan udpate kembali.

Demikian penjelasan mengenai dua cara udpate Google Play Store yang dapat dicoba agar dapat menggunakan Play Store versi terbaru. Bagi pemula sangat disarankan untuk menggunakan cara pertama, karena selain mudah, juga lebih aman. Pengguna pun tak perlu ribet tanpa harus mencari file apapun, namun langsung bisa dipraktikan melalui aplikasi Google Play Store.

Pengguna harus lebih berhati-hati apabila menggunakan cara update Google Play Store, karena file Apk yang ada di internet belum tentu aman. Bisa saja file Apk tersebut mengandung virus dan malware yang berbahaya bagi ponsel. Oleh karena itu, pengguna harus jeli sebelum memilih file Apk.

Mau gak mau pengguna harus melakukan update Google Play Store. Jika tidak diperbarui dalam waktu relatif lama, bisa saja Play Store tak dapat digunakan. Jalan terakhir yang dapat ditempuh adalah dengan mengunduh file Apk di Internet.