Fitur Google Translate yang Patut Kamu Tahu

Aplikasi Google Translate Wajib ada di hp kamu, terutama yang suka jalan-jalan ke luar negeri. Google Translate dapat digunakan untuk menerjemahkan berbagai teks hingga suara. Kamu pun tidak perlu kebingungan meski berada di tempat yang asing meskipun tak mengerti bahasa yang digunakan oleh orang setempat.

Dengan menggunakan Google Translate kamu bisa dengan mudah memahami tulisan berbahasa asing. Istilah asing dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone dengan operation sistem (OS) Android maupun IOS tersebut. Tak hanya bisa digunakan secara online, namun ternyata Google Translate juga dapat digunakan secara offline alias tanpa jaringan internet sekalipun.

Seiring dengan perkembangannya tak hanya mampu menerjemahkan teks, namun Google Translate dapat menerjemahkan gambar sehingga percakapan langsung. Dengan demikian maka ada banyak cara simpel yang bisa dicoba diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Berikut beberapa jenis fitur yang ada di Google Translate untuk menerjemahkan berbagai teks.

1. Google Translate Offline

Aplikasi Google Translate Offline cocok digunakan saat bepergian ke sebuah tempat asing negara asing yang yang tidak mendukung jaringan internet seperti lokasi yang yang sulit di jangkau. Sebelum menggunakan aplikasi Google Translate Offline, pengguna harus mengunduh bahasa negara tujuan. Pasalnya aplikasi offline ini hanya mampu menerjemahkan bahasa yang telah diunduh sebelumnya.

RajaBackLink.com

Berbeda dengan Google Translate online yang dapat mengunduh semua jenis bahasa, Google Translate Offline hanya mampu mengartikan bahasa yang sudah diunduh saja. Oleh karena itu pastikan mempersiapkan bahasa negara yang akan dituju sebelum pergi ke negara tersebut.

Penggunaan Google Translate Offline juga lebih hemat data internet dibandingkan dengan Google Translate Online karena tidak perlu lagi jaringan internet untuk menerjemahkan sebuah teks. Cara unduh bahasa tujuan pun dapat dapat dengan mudah. Penggunaannya cukup klik icon menu lalu pilih Offline translation. Selanjutnya silakan pilih bahasa yang akan digunakan.

2. Type to Translate

Google Translate yang satu ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa tulis. Aplikasi ini dapat bekerja ketika teks asal dituliskan terlebih dahulu. Selanjutnya teks tersebut akan diterjemahkan dengan bahasa lain yang digunakan pengguna.

Penggunaan aplikasi ini sangatlah mudah, yaitu hanya dengan mengetik Bahasa di kolom sebelah kiri. Hasil terjemahan teks nantinya akan muncul di sebelah kanan. Tak hanya mampu menerjemahkan kata namun kalimat panjang juga dapat diterjemahkan dengan fitur ini.

3. Write to Translate

Fitur unik Google Translate ini punya kemampuan untuk mendeteksi tulisan. Google Translate mampu memahami tulisan dan menerjemahkan sesuai dengan bahasa yang diinginkan, sekalipun tulisan tersebut adalah tulisan tangan.

Cara penggunaan fitur penerjemahan tulisan tersebut adalah dengan klik menu Handwriting. Selanjutnya tulisan tangan akan diterjemahkan ke dalam target bahasa tertentu misalkan ke bahasa Indonesia.

4. Instant Camera Translation

Fitur Instant Camera Translation dapat menerjemahkan gambar. Pengguna cukup mengarahkan kamera pada sebuah tulisan yang akan diterjemahkan. Selanjutnya, silahkan instruksi yang ada di aplikasi tersebut. Akhirnya pengguna hasil tangkapan kamera tersebut bisa dimengerti maksudnya, karena telah di terjemahkan ke bahasa Indonesia.

5. Speak to translate.

Google Translate juga mampu menerjemahkan suara. Ucapan yang disampaikan seseorang dalam bahasa asing bisa diartikan lewat fitur ini. Suara yang yang masuk dalam aplikasi si Google Translate dapat diterjemahkan ke sasaran.

Dengan adanya fitur yang satu ini maka pengguna bisa langsung memahami sesuatu percakapan. Caranya adalah dengan mengetik ikon Conversation yang ada di bagian bawah aplikasi Google Translate. Setelah suara terekam, maka akan diterjemahkan oleh Google Translate.