Cara Edit PDF di Laptop dan HP

PDF atau Portable Document Format saat ini semakin familiar digunakan. Kelebihan format dokumen digital ini lebih banyak dipilih karena tidak akan berubah ketika dibuka menggunakan berbagai perangkat dan lebih rapi. Selain itu, format ini juga memiliki kekurangan, yaitu sulit diedit jika sudah selesai dibuat. Namun, ternyata ada banyak cara edit PDF dengan cepat dan mudah. Penjelasannya sebagai berikut.

Cara Edit File PDF Menggunakan Microsoft Word

Pertama, yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Word. Aplikasi ini selain bisa kita gunakan untuk mengetik dan membuat dokumen, ternyata bisa juga digunakan untuk edit file PDF. Berikut cara edit file PDF menggunakan MS. Word:

  1. Pertama Anda buka aplikasi MS. Word pada komputer atau laptop.
  2. Buka menu File dan pilih “Open” atau juga bisa tekan tombol CTRL dan O secara bersamaan pada keyboard.
  3. Kemudian Anda cari file PDF yang akan di edit. Jika file sulit dicari, Anda bisa mengubah format pencarian file dari “Word Documents” ke “All Files”.
  4. Setelah file ditemukan, Anda bisa langsung membuka file tersebut.
  5. Melalui Microsoft Word Anda dapat mengedit file tersebut, tetapi masih memiliki keterbatasan.
  6. Setelah proses editing selesai, klik “Save” atau “Save As” atau Anda juga bisa tekan tombol CTRL dan S secara bersamaan pada keyboard untuk menyimpan dengan cara yang lebih cepat.

Cara Edit Tulisan di PDF Menggunakan Aplikasi Adobe Reader

Aplikasi Adobe Reader sudah tidak asing bagi kita semua, biasa kita gunakan untuk membuka file PDF. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga membuat para pengguna lebih nyaman untuk meninjau atau membaca dokumen dengan format PDF. Selain untuk membaca file PDF, Adobe Reader juga bisa digunakan untuk edit file pdf dengan mudah dan cepat. Berikut penjelasannya:

  1. Perlu diperhatikan bahwa Anda sudah memiliki aplikasi ini di komputer atau laptop yang Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi Adobe Reader yang sudah terpasang.
  3. Buka file PDF yang akan diedit dengan cara klik menu “My Computer” lalu cari file PDF yang akan diedit.
  4. Setelah itu, klik “Edit PDF” yang terletak di kanan atas.
  5. Selanjutnya edit bagian file yang ingin diubah. Contohnya Anda akan menghapus tulisan yang ada di PDF tersebut atau menambahkan tulisan, itu bisa dilakukan disini.
  6. Setelah proses editing selesai, Anda dapat langsung menyimpannya dengan klik “Save As”, lalu beri nama file kemudian simpan di folder yang anda inginkan. Atau untuk lebih cepat menyimpan file dengan nama dan di tempat yang sama, Anda juga bisa klik CTRL dan S secara bersamaan pada keyboard.

Cara Edit PDF Menggunakan Google Drive

Cara selanjutnya yaitu Anda bisa menggunakan Google Drive. Pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah terhubung dengan internet karena cara ini membutuhkan koneksi internet yang stabil.

RajaBackLink.com

Cara edit file PDF menggunakan Google Drive sebagai berikut:

  1. Buka laman Google Drive atau jika melalui HP, Anda bisa gunakan aplikasi Google Drive.
  2. Login dengan menggunakan akun Gmail Anda.
  3. Pilih tombol “New” yang terdapat di sebelah kiri atas.
  4. Klik “File Upload”, untuk mengunggah/upload file PDF yang akan Anda edit.
  5. Cari file kemudian upload dan tunggu hingga proses pengunggahan atau uploading selesai.
  6. Setelah file PDF terunggah, Anda bisa buka file lalu klik “Open with Google Docs” yang ada di bagian atas file PDF yang sedang dibuka.
  7. Di sini Anda bisa langsung melakukan editing seperti menambahkan atau menghapus tulisan, mengatur batas margin, atau editing lainnya sama seperti menggunakan Microsoft Word.
  8. Klik “Save” jika sudah selesai mengedit dan download file dengan cara buka menu File lalu pilih “Download”.

Cara Edit PDF di Handphone Menggunakan WPS

Selain menggunakan PC atau laptop, Anda juga bisa menggunakan Handphone. Banyak aplikasi yang tersedia untuk mengedit file di ponsel pintar (HP), salah satunya yaitu WPS Office. Berikut langkah-langkah edit file PDF di HP menggunakan WPS:

  1. Pastikan terlebih dahulu di ponsel Anda telah memiliki aplikasi WPS Office. Apabila belum ada, silakan install terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi WPS lalu buka file PDF yang akan Anda edit. Jika Anda ingin membuat file PDF baru, langsung saja klik ikon “+” yang terdapat di kanan bawah.
  3. Setelah file PDF terbuka, anda bisa melakukan editing dengan cara klik “Alat”.
  4. Jika proses editing sudah selesai, Anda bisa menyimpan file tersebut di penyimpanan HP Anda.