Cara Menghapus Akun Facebook Permanen

Sejak Facebook hadir pertama kali pada 4 Februari 2004, media sosial ini telah berkembang pesat terutama di Indonesia. Kehadiran Facebook di Indonesia sangatlah populer, penggunanya mencapai 173,3 juta pada Maret 2021 menempati posisi kedua terbesar di Asia.

Walaupun Facebook sangat populer, namun ada beberapa pengguna yang ingin menghapus akun miliknya dengan alasan yang sangat beragam. Tidaklah sulit untuk menghilangkan akun tersebut, cukup menggunakan perangkat apapun Anda bisa menghapus akun dengan mudah. Berikut ini penjelasan secara lengkapnya.

Cara Menghapus Akun Facebook Secara Permanen Di Handphone

Cukup menggunakan telepon selular atau ponsel saja sudah bisa untuk menghapus akun Facebook atau menghilangkannya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

RajaBackLink.com
  1. Buka situs Facebook di ponsel Anda.
  2. Login menggunakan akun yang ingin Anda hapus. 
  3. Klik tanda panah yang terdapat di sebelah kanan atas.
  4. kemudian pilih “Pengaturan & Privasi”.
  5. Klik pengaturan dan konfirmasi informasi dari Facebook yang letaknya ada di kolom sebelah kiri.
  6. Pilih opsi “Penonaktifan dan Penghapusan”.
  7. Pilih “Hapus Akun Secara Permanen” > klik “Penghapusan Akun”.
  8. Selanjutnya, klik opsi “Hapus Akun”, kemudian masukkan dan ketik password atau kata sandi dari akun tersebut.
  9. Akhirnya akun Facebook akan terhapus secara permanen dan tidak bisa diaktifkan kembali.

Cara Menghapus Akun Versi Facebook Lite

Pengguna media sosial juga banyak loh menggunakan Facebook Lite. Banyak yang memilih aplikasi ini karena ukuran memorinya lebih kecil dan ringan saat menggunakannya.

Meskipun ukurannya lebih kecil, tetapi beberapa fitur yang ada di Facebook Lite tidak berbeda jauh dengan aplikasi Facebook yang asli. Menghapus akun juga bisa menggunakan Facebook versi Lite ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Facebook Lite yang sudah ada di ponsel Anda.
  2. Selanjutnya, klik garis tiga yang ada di sebelah kanan atas.
  3. Scroll ke bawah kemudian klik “Pengaturan & Privasi”.
  4. Lalu pilih “Pengaturan”.
  5. Lanjut scroll ke bawah lagi kemudian pilih opsi “Kepemilikan dan Kontrol Akun”.
  6. Lanjutkan dengan klik “Deactivation and Deletion”.
  7. Setelah itu, klik “Hapus Akun” dan pilih “Lanjutkan ke Penghapusan Akun”.
  8. Terakhir Anda bisa langsung klik “Hapus Akun”.

Begini yang Akan Terjadi jika Akun Facebook Dihapus Secara Permanen

Banyak sekali pengguna FB yang ingin menghilangkan atau menghapus akun miliknya tetapi masih belum mengetahui apa yang akan terjadi jika akun itu hilang permanen. Hal-hal di bawah ini memberitahu Anda ketika Anda memilih untuk hapus akun fb secara permanen:

  1. Akun yang telah Anda hapus tidak bisa diakses kembali.
  2. Ada batas waktu dari Facebook setelah Anda memutuskan untuk menghapus akun facebook. Dalam arti, Facebook akan menundanya terlebih dahulu setelah beberapa hari dari permintaan Anda. Jika Anda login kembali ke akun tersebut, permintaan Anda sebelumnya akan dibatalkan.
  3. Membutuhkan waktu yang tidak singkat yaitu sekitar 90 hari bagi Facebook untuk menghapus data yang ada di dalam akun tersebut. Selama jangka waktu tersebut, informasi akun Anda tidak bisa diakses.
  4. History pesan singkat dan informasi-informasi yang tersimpan akan hilang, tetapi lain hal dengan teman Anda. Mereka masih bisa akses pesan tersebut.
  5. Selain itu, identitas pribadi Anda juga akan hilang namun salinan beberapa material di akun tersebut akan tetap tesimpan dengan aman di database.

Itulah beberapa cara menghapus akun fb dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi setelah akun tersebut hilang. Pastikan kembali Anda telah menyimpan berbagai informasi penting, seperti video dan foto yang pernah diupload pada akun tersebut sebelum memutuskan untuk menghapus akun tersebut.

Pastikan juga Anda sendiri yang menghapus akun tersebut. Karena banyak informasi pribadi Anda sehingga akan berisiko jika orang lain yang melakukannya salah satunya penyalahgunaan informasi.