Cara Mudah Cek BPJS Kesehatan, Mulai dari Cek Nomor hingga Tagihan

Pandemi Covid-19 membuat segala sistem pelayanan dibuat secara online. Peserta BPJS Kesehatan bisa cek seluruh layanan yang disediakan tanpa perlu datang ke kantor cabang. Mulai dari cek nomor kartu, keaktifan status kepesertaan hingga jumlah tagihan yang harus dibayar. Pelayanan semakin mudah dan tidak ribet.

BPJS Kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. Jenis pelayanannya bisa dipilih sendiri sesuai kemampuan dan keinginan masyarakat. BPJS Kesehatan bertanggung jawab untuk memberikan segala informasi yang dibutuhkan jika masyarakat sudah menjadi peserta. Karena itulah masyarakat terus didorong untuk mendaftar sebagai peserta. 

Berikut daftar layanan yang disediakan untuk cek BPJS Kesehatan:

1. Cek Nomor BPJS Kesehatan

Hanya bebekal Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP, Anda bisa cek nomor BPJS Kesehatan dengan mudah.

RajaBackLink.com

Pengecekan data pribadi seperti nomor kartu BPJS Kesehatan, bisa dicek melalui beberapa layanan sebagai berikut:

  • SMS Gateway

Caranya, kirim pesan ke nomor seluler 087775500400 dengan format NIK (spasi) Nomor Induk Kependudukan.

  • BPJS Kesehatan Call Center

Layanan ini juga bisa digunakan untuk cek nomor kartu BPJS Kesehatan dan aktif selama 24 jam. BPJS Kesehatan Call Center memindahkan nomor telepon 1500 400 ke nomor 165.

  • Chat Assistant JKN (Chika) melalui WhatsApp

Peserta bisa menanyakan cek nomor BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi WhatsApp pada nomor 08118750400.

  • Pandawa

Sama seperti layanan Chika, BPJS Kesehatan juga meluncurkan Pandawa yaitu Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp. Pandawa terdiri dari beberapa nomor telepon, sesuai kantor cabang atau wilayah masing-masing peserta.

Anda bisa cek di instagram “bpjskesehatan_ri” untuk mengetahui nomor Pandawa setiap daerah. Nomor tertera dari kantor Aceh hingga Papua. Layanan ini aktif mulai jam 08.00 sampai 14.00, setiap hari Senin hingga Jumat.

2. Status Keaktifan Peserta

Terdapat beberapa kasus peserta mengalami masalah tentang status kepesertaan BPJS Kesehatan seperti keluar dari tempat kerja yang disebabkan karena PHK atau mundur. Ketika sudah tidak lagi menjadi karyawan, status BPJS Kesehatan bukan lagi penerima upah, namun menjadi non penerima upah.

Kemudian kebanyakan dari mereka jadi “melupakan” iuran dalam jangka waktu yang lama. Akhirnya saat membutuhkan layanan kesehatan, ternyata status sebagai peserta BPJS Kesehatan sedang tidak aktif.

Pengecekan status keaktifan peserta bisa diakses dengan mudah melalui beberapa layanan sebagai berikut:

  • Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi Mobile JKN bisa didownload secara online di Playstore atau Appstore. Mobile JKN menyediakan berbagai informasi terkait BPJS Kesehatan salah satunya yaitu cek status aktif atau nonaktif para peserta BPJS Kesehatan.

  • Chat Assistant JKN (Chika) melalui WhatsApp

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan Chat Assistant JKN (Chika) untuk mengecek status peserta. Hanya dengan mengirimkan data diri melalui nomor WhatsApp 08118750400, Anda bisa mendapat bantuan langsung dari admin Chika.

  • BPJS Kesehatan Call Center

Hal serupa juga bisa dilakukan melalui BPJS Kesehatan Call Center pada nomor 165 yang aktif selama 24 jam.

3. Tagihan BPJS Kesehatan

Peserta bisa mendapatkan informasi tagihan secara online melalui beberapa layanan sebagai berikut:

  • SMS Gateway

Melalui layanan SMS Gateway, peserta bisa mengetahui total tagihan yang harus dibayarkan. Caranya, kirim pesan ke nomor seluler 087775500400 dengan format TAGIHAN (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan.

  • Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi ini penting untuk dimiliki peserta BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi ini, peserta bisa mengetahui total tagihan yang harus dibayarkan ketika terjadi tunggakan iuran berbulan-bulan.

  • BPJS Kesehatan Call Center

Sistem pelayanan Call Center BPJS Kesehatan pada nomor 165 bisa membantu Anda untuk mengetahui tagihan BPJS Kesehatan.

  • Chat Assistant JKN (Chika) melalui WhatsApp

Chat Assistant JKN (Chika) layanan WhatsApp pada nomor 08118750400, bisa turut membantu pengecekan tagihan peserta BPJS Kesehatan. Mengingat seluruh layanan dikendalikan langsung oleh admin, lebih baik jika layanan digunakan ketika jam kerja mulai 08.00-16.00 WIB. Namun, BPJS Kesehatan menegaskan bahwa seluruh layanan online ini aktif 24 jam.

Demikian cara cek BPJS Kesehatan dengan muda dan tak ribet. Mulai dari cek nomor BPJS Kesehatan, cek status kepesertaan dan cek tagihan. Seluruh cara bisa dilakukan secara online.