Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

BPJS Kesehatan menjadi salah satu faktor utama dimana masyarakat bisa mendapatkan akses perawatan kesehatan dengan mudah dan gratis. Sejak pertama kali diluncurkan ternyata akses dari BPJS Kesehatan ini banyak diminati. Sehingga Pemerintah selalu memberi perubahan dari inovasi dan juga peningkatan layanan kesehatan.

Dalam hal ini BPJS Kesehatan selalu membantu untuk meringankan beban biaya rumah sakit sewaktu-waktu Anda sakit. Sehingga untuk mendapatkan layanan BPJS ini setiap warga negara harus mendaftar di dalamnya. Sehingga saat Anda sudah terdaftar bagi peserta mandiri harus membayar setiap bulannya sesuai dengan ketentuan iuran yang sudah tertera di setiap kelas.

Penggunaan BPJS Kesehatan ini terbilang mudah, namun ada proses dimana Anda bisa melakukan BPJS Checking yang mana dapat diperhitungkan dengan mudah hingga aksesnya juga tidak terlalu sulit dengan beberapa langkah.

Mengecek BPJS Kesehatan aktif ataupun tidak juga perlu dimengerti agar langkahnya dapat diakses setiap waktu dengan beberapa metode. Hal inilah membuat data iuran kemudian tanggal pembayaran iuran, sampai beberapa aspek agar bisa diakses secara aktif bisa dengna metode cepat untuk cek BPJS Kesehatan aktif ataupun tidak.

RajaBackLink.com

Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif Ataupun Tidak

Secara tidak langsung ada ketentuan dimana Anda bisa mengakses informasi dari data-data baru mengenai aktif tidaknya BPJS Kesehatan Anda sendiri. Maka dari itu Anda perlu menggunakan langkah cepat dan mudah berikut ini untuk mengetahui apakah status dari BPJS Anda sendiri masih aktif ataupun sebaliknya.

  1. Mengakses Website Resminya

Salah satu cara tepat untuk dapat mengecek apakah status BPJS Kesehatan Anda masih aktif ataupun tidak bisa dengan mengakses website resminya. Dari langkah ini Anda bisa melihat status aktifnya BPJS Kesehatan yang mana dapat diperhitungkan dengan langkah berikut ini:

  • Pada langkah pertama cobalah akses halaman website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Kemudian pada proses berikutnya isilah kolom nomor kartu BPJS Anda
  • Langkah berikutnya isilah kolom tanggal lahir dan dari situ akan ada proses checking tunggulah sampai semua data dari BPJS Kesehatan terlihat dan Anda bisa langsung mengakses datanya.
  1. Menggunakan Aplikasi JKN

Semakin banyak opsi bisa dipakai saat Anda ingin mengetahui status aktif tidaknya kartu BPJS Kesehatan. Karena itu penggunaan aplikasi untuk BPJS Checking ini perlu diperhatikan kembali karena butuh langkah tepat seperti berikut ini.

  • Pada langkah pertama Anda bisa install aplikasi JKN Mobile di smartphone Anda mengakses dari Play Store.
  • Kemudian langkah berikutnya Anda bisa membuka kemudian login memanfaatkan nomor kartu BPJS hingga email yang masih aktif ataupun yang sudah terdaftar. Lalu masukkan password yang sebelumnya Anda sudah persiapkan.
  • Saat Anda belum memiliki akun resmi, proses daftar harus dilakukan dahulu dengan klik register.
  • Kemudian pada proses berikutnya Anda bisa masuk ke dalam menu peserta.
  • Setelah masuk ke menu peserta ada informasi tagihan iuran kemudian status BPJS apakah masih aktif ataupun tidak.
  1. Memanfaatkan Call Center

Pada langkah berikutnya ini terbilang mudah dan juga memberi perhitungan lebih cepat yang mana Anda bisa cek BPJS Kesehatan menggunakan call center di nomor 1500 400.

Dari nomor tersebut nantinya Anda bisa bertanya mengenai status BPJS Kesehatan Anda sendiri apakah masih aktif ataupun tidak. Kemudian sebelumnya Anda akan diminta untuk menyebutkan nomor kartu BPJS ataupun bisa menggunakan NIK saja.

Sehingga dari proses cek kartu BPJS apakah aktif ataupun tidak bisa langsung diperhitungkan dengan mencermati apa saja langkah utama yang bisa dipakai agar lebih cepat tahu status BPJS Kesehatan.