Cara Cek NIK KTP secara Online

KTP Elektronik saat ini sudah menjadi satu kebutuhan wajib bagi setiap warga negara. Cukup banyak fungsi KTP yang mana di dalamnya berisi NIK dan juga informasi alamat dan sebagainya. Bisa dikatakan KTP ini menjadi salah satu instrumen identitas diri seseorang, sehingga dimana saja selalu membawa KTP.

Beberapa perubahan data kemudian pengecekan Nomor Induk Kependudukan bisa dilakukan dengan mendatangi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Karena itu saat ini ada informasi penting dimana Anda tidak perlu datang lagi ke Dinas Dukcapil karena sanggup mengakses semua data dari rumah saja.

Menggunakan perangkat PC komputer, laptop, dan smartphone dengan koneksi internet cepat pastinya akses ke dalam website resmi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih bisa diakses dengan mudah.

Cara Mengecek KTP Secara Online

Secara tidak langsung ada beberapa tahapan yang dikatakan lebih mudah dan pastinya memberi manfaat penting untuk bisa mengecek KTP secara online. Langsung saja kita cek seperti apa proses dari mengecek KTP via online dari rumah saja.

RajaBackLink.com
  1. Menggunakan Email

Pada cara pertama ini Anda bisa mengakses informasi nomor KTP via email yang mana caranya terbilang mudah. Anda bisa mengirimkan email ke [email protected] kemudian Anda bisa menggunakan format pengiriman seperti berikut ini #NIK@Nama_Lengkap@Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Dari cara ini Anda butuh waktu kurang lebih selama 1 x24 jam saja untuk bisa mengetahui nomor NIK Anda via online ini.

  1. Mengakses Media Sosial Untuk Cek NIK KTP

Cara berikutnya bisa dengan mengakses media sosial sebagai langkah mengecek NIK KTP Anda. Bahkan dari pihak DIrektorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mampu memberi layanan cek NIK Mandiri dari media sosial Twitter ataupun bisa kunjungi akun Instagram resminya di @dukcapilkemendagri.

Anda bisa mengirim pesan dan bertanya mengenai informasi nomor NIK yang saat ini Anda miliki. Tidak hanya di Twitter saja, Dukcapil juga memiliki layanan media sosial lain seperti Facebook. Sehingga dari akses untuk bertanya seperti apa tahapan mengecek nomor NIK bisa langsung diperhitungkan dengan membuat perhitungan tepat dalam menjangkau semua informasi data terbaru.

  1. Menggunakan Pesan Singkat

Untuk bisa mengecek NIK dari rumah juga dapat mengakses pesan singkat ataupun SMS dengan format Cek#KTP#NIK kemudian Anda bisa kirim format SMS tersebut ke nomor 0815-3636-9999 yang mana sudah menjadi nomor resi dari Disdukcapil Kementerian Dalam Negeri.

Tunggu dalam waktu beberapa saat hingga SMS Anda terbalas untuk mengetahui hasil cobalah cek NIK tersebut apakah sudah sesuai.

  1. Memakai Akses Aplikasi WhatsApp

Saat ini pihak Dukcapil juga memberi layanan nomor WhatsApp untuk mengecek NIK KTP Anda. Dalam hal ini Anda dapat menyimpan nomor 0813-2691-2479. dari layanan yang diberikan ini akan memberi manfaat cukup penting. Kemudian ada bentuk data mulai dari nama lengkap sesuai KTP, NIK, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, dan Kota.

  1. Mengakses Situs Kemendagri

Ada cara lain dimana Anda bisa mengecek semua informasi termasuk Nomor Induk Kependudukan via situs resmi Kemendagri. Anda bisa mengakses halaman website dukcapil.kemendagri.go.id kemudian pilih menu e-KTP hingga isi semua nomor NIK yang Anda miliki. Jika informasi nomor KTP sudah valid akan diarahkan pada halaman berisi data lengkap sesuai dengan KTP Anda.

  1. Menggunakan Call Center Dukcapil

Untuk bisa mendapat cara cepat mengecek nomor NIK KTP Anda bisa langsung menghubungi call center Halo Dukcapil yang ada di nomor 1500-537.

Tentu dari cara-cara tepat dalam mengakses informasi NIK inilah membuat Anda bisa lebih mudah untuk dapat semua informasi secara detail dan akhirnya Anda mengerti seperti apa informasi terbaik yang selama ini Anda butuhkan.