Cara Cek Status Aktif BPJS Kesehatan dengan Mudah

BPJS Kesehatan menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dalam menikmati pelayanan kesehatan secara gratis berbasis data kartu.

Sejak beberapa tahun belakangan ada perubahan dari aturan pembiayaan peserta mandiri dan penerima subsidi iuran dari pemerintah. Bahkan ada proses dimana pengguna BPJS mandiri turun kelas menjadi peserta subsidi iuran oleh pemerintah.

Disamping itu memiliki akses BPJS Kesehatan ini menjadi satu langkah antisipasi ketika Anda sedang sakit di suatu saat nanti. Sehingga ketika tidak sakit pastinya kartu BPJS ini tidak digunakan dalam jangka tertentu.

Proses pengecekan apakah kartu BPJS masih aktif ataupun tidak harus dilakukan secara berkala. Sehingga dari fungsinya harus dapat dimanfaatkan sesuai dengan tujuan awal yakni menjadi akses pengecekan dan pengobatan gratis ke semua kalangan masyarakat.

RajaBackLink.com

Cara Cek BPJS Kesehatan Dengan Akses Mobile JKN

Mengecek status aktif ataupun tidaknya kartu akses kesehatan gratis ini bisa mengandalkan aplikasi Mobile JKN. Akan tetapi ada beberapa persyaratan seperti Nomor Induk Kependudukan, dan beberapa langkah tepat seperti berikut ini.

  1. Langkah awal download aplikasi Mobile JKN kemudian tunggu sampai selesai baru buka aplikasinya.
  2. Pada tahapan berikutnya login menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan Anda ataupun bisa juga memanfaatkan email yang sebelumnya sudah didaftarkan kemudian masukkan password.
  3. Tahapan selanjutnya buat akun mendaftar jika Anda belum masuk ke dalam akun register Mobile JKN tersebut.
  4. Klik register untuk mendaftar sebagai pengguna baru dan isi semua kolomnya sampai selesai verifikasi.
  5. Jika sudah selesai login, masuklah ke menu utama aplikasi yakni tekan menu peserta.
  6. Dari sistem akan otomatis memberi tampilan seperti apa besara nilai tagihan iuran sekaligus seperti apa status dari kartu BPJS yang Anda pegang masih aktif ataupun sebaliknya.

Cara Cek BPJS Kesehatan di Website

Tidak hanya mengakses dari aplikasi Mobile JKN saja, tetapi langkah BPJS Checking ini bisa dengan mengecek dengan fitur website. Dari sinilah Anda bisa mengakses website resmi dari BPJS kemudian setiap peserta akan bisa membuka halaman resminya https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Jika dari akses website sudah bisa diakses secara cepat, akan ada kolom yang tersedia untuk tempat mengisi nomor kartu BPJS Anda.

Dari sistem website akan menampilkan informasi lengkap mengenai kepesertaan, kemudian seperti apa status iuran, akan tetapi pengecekan dari akses website ini kerap terkendala oleh kondisi jaringan internet ataupun dari akses situsnya yang kerap mengalami kendala.

Mengecek Status Kartu BPJS Kesehatan via Call Center

Selain dari dua opsi cara cepat untuk mengecek kartu BPJS, ada langkah lain yakni menggunakan layanan via call center. Dari sinilah Anda bisa menghubungi 1500 400. Kemudian dari setiap peserta dapat mengakses informasi semua hal termasuk status kartu BPJS dari petugas.

Untuk bisa mendapatkan informasi mengenai status kartu BPJS Anda sebutkan dari NIK ataupun nomor kartu.

Cara cek BPJS via Call Center ini kerap dilakukan meskipun butuh waktu untuk bisa mendapat informasi lengkap mengenai status kartu BPJS yang Anda miliki saat ini.

Tidak perlu mengunjungi kantor cabang BPJS untuk mengecek status aktif tidaknya kartu. Kemudian ada aturan dari jangka waktu pengecekan harus Anda buat sebagai langkah antisipasi ketika ada momen dimana Anda tidak memiliki waktu melakukan pembayaran.

Dari sistem BPJS sendiri sudah memberi notifikasi berupa SMS ataupun notifikasi melalui email untuk pengingat. Agar lebih praktis, cobalah fitur debit ATM untuk mempermudah iuran bulanan hingga bisa cek kartu BPJS masih aktif ataupun tidak.