Cara Translate Aksara Jawa Tanpa Aplikasi

Ingin belajar aksara Jawa? Kalian butuh mengenali gimana metode translate aksara Jawa semacam yang hendak dicontohkan dalam postingan ini. Indonesia diketahui selaku negeri yang memiliki 1000 bahasa. Hampir seluruh suku di Indonesia, memiliki bahasanya tiap-tiap, tercantum suku Jawa. Suku Jawa yang tinggal di Jawa Tengah, Jawa Timur serta Jogjakarta memakai bahasa Jawa selaku perlengkapan komunikasi tiap hari. Buat memperkenalkan bahasa Jawa kepada generasi penerus. Di Indonesia terdapat mata pelajaran bahasa wilayah, bahasa wilayah yang dipelajari disesuaikan dengan dimana sekolah tersebut terletak. Menekuni bahasa Jawa tidak tidak cuma dapat dicoba di sekolah saja. Kamu yang mau belajar bahasa Jawa dapat menggunakan web translate Aksara Jawa. Aksara Jawa pula diketahui dengan istilah hanacaraka serta carakan. Aksara Jawa ini terbuat buat menulis tulisan dalam bahasa Jawa. Berhubung dikala ini mayoritas orang yang menulis bahasa Jawa dalam tulisan latin. Saat ini tidak sering sekali orang yang tau gimana cara menulis Aksara Jawa, bila kamu mau menekuni nya kamu tengah terletak di postingan yang pas.

Cara Translate Aksara Jawa

Dalam artikel ini, saya akan membahas cara menerjemahkan Aksara Jawa. Jika kalian yang ingin belajar Aksara Jawa, bisa mengikuti tutorial yang akan dijelaskan dengan lengkap dibawah ini. 

  1. Akses halaman Aksara Jawa translator by Kompiwin lewat browser yang umumnya kalian pakai buat browsing dengan smartphone ataupun laptop.
  2. Setelah halamannya terbuka, atur dulu modenya cocok dengan kebutuhan, ataupun bila kalian tidak tau gimana triknya, lewatkan saja langkah ini.
  3. Pilih “Bahasa Input“, setelah itu lanjutkan dengan mengetikkan kata yang mau kalian terjemahkan, kemudian klik “Translate Saat ini”.
  4. Hasil Terjemahannya muncul. Kalian dapat menyalin serta membagikannya secara langsung tanpa ribet.
  5. Selesai.

Selain yang disebutkan diatas ada juga beberapa web yang dapat Kalian gunakan untuk translate Aksara Jawa ke latin. Semuanya bisa Kalian gunakan secara free. Namun disini saya hanya merekomendasikan web mas Benny Lin. Karena memang asal muasal pengembangan tool transliterasi aksara jawa ini dari Mas Benny. Untuk tutorial cara translatenya, silahkan Kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama, kalian kunjungi halaman Bennylin.
    Akan ada 2 form yang dapat Kalian gunakan. Form pertama berada pada bagian atas untuk translate latin ke aksara jawa. Kemudian form yang kedua berada pada bagian bawah untuk translate sebaliknya yaitu dari Aksara jawa ke latin.
  2. Sebagai contoh saya akan translate kata “rumah sakit” ke Aksara Jawa. Maka saya akan mengetikkan kata itu pada form pertama. Hasilnya akan tampil pada bagian pratayang.
  3. Sedangkan untuk translate dari aksara jawa ke latin silakan gunakan form yang kedua. Caranya sama yaitu dengan menuliskan manual ataupun dengan cara copy aksaranya kemudian paste ke form yang disediakan. Terakhir klik Transliterasi jawa > latin untuk melihat hasilnya.

Pada situs web ini Kalian juga dapat mengatur parameter transliterasinya, apakah menggunakan murda, diftong, spasi dan lainnya. Semuanya sudah ada penjelasannya di sana.

RajaBackLink.com

Menerjemahkan Aksara Jawa mudah sekali. Hanya dengan HP ataupun laptop dengan jaringan internet, Kamu pasti bisa melakukannya. Demikian pembahasan artikel mengenai Cara Translate Aksara Jawa Tanpa Aplikasi, jika ada yang kurang jelas ataupun belum paham untuk pemakaiannya kalian dapat tinggalkan jejak di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang Aksara Jawa.