6 Cara Test Keyboard di PC dan Laptop

Keyboard adalah perangkat keras atau hardware dalam komputer yang memiliki peran sebagai alat input data berupa huruf, angka, maupun simbol. Merupakan bagian krusial dalam perangkat komputer, keyboard dapat disebut sebagai alat perintah kepada PC maupun laptop dalam sebuah program seperti word, excel dsb.

Ada beberapa jenis keyboard yang tidak banyak diketahui khalayak umum. Beberapa diantarannya adalah Keyboard QWERTY, Keyboard Dvorak,Keyboard Alphabetic, Keyboard Klockenberg dan Keyboard Numeric.

Tahukah anda apakah tombol keyboard komputer atau laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak ? Seperti yang kita ketahui keyboard adalah salah satu bagian dari perangkat keras yang memerlukan penanganan ekstra dibanding lainnya.

Bukan tanpa alasan, penyebabnya adalah spare part dari papan ketik (keyboard) terbilang cukup mahal. Lain lagi dengan keyboard untuk komputer PC yang harganya jauh lebih murah. Bahkan dengan harga 50 ribu sangat mudah ditemukan di berbagai marketplace di tanah air.

Alasan inilah yang membuat keyboard tersebut mendapat perawatan serta pemeriksaan khusus agar setiap tombolnya dapat berfungsi dengan baik. Agar kondisi keyoard tetap terawat, ada beberapa cara yang wajib dilakukan dalam melakukan pemeiksaan serta perawatannya. Pemanfaatan software merupakan salah satu diantannya.

Ada beberapa jenis software yang dapat dimanfaatkan sebagai upaya mengecek fungsi dari keyboard dalam PC maupun Laptop. Tak hanya digunakan pada keyboard baru, software ini juga dapat digunakan pada keyboard secondary. Para pengunan dapat menandai normal tidaknya sebuah keyboard dari indikator yang terdapat pada software tersebut. 

Daftar Aplikasi Tes Keyboard PC / Laptop

Berikut ini beberapa software yang dapat digunakan untuk melakukan tes terhadap fungsi keyboard dari Laptop maupun Pc anda. Hal ini akan mempermudah para penguna untu mengetahui apakah keyboard yang digunakan pada PC dan laptop akan berfungsi dengan baik atau tidak.

1. Passmark KeyboardTest

Passmark KeyboardTest merupakan salah satu aplikasi tes keyboard yang dapat digunakan. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan tes apakah keyboard berjalan sesuai dengan fungsinnya. Karena terkadang keyboard error atau tidak mencetak perintah yang sesuai ketika tombol ditekan.

Untuk para reviewer, aplikasi Passmark KeyboardTest cukup banyak direview dan direkomendasikan untuk digunakan pada komputer maupun Laptop.

Passmark KeyboardTest

Aplikasi Passmark KeyboardTest ternyata diproduksi dan dikembangkan oleh perusahaan yang juga terkenal dalam pembuatan berbagai macam software Utility System berkualitas. Untuk aplikasi resminnya, para penguna dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui situs resminya di https://www.passmark.com/products/keytest/.

Aplikasi ini terbilang tidak memakan banyak space karena hanya sebesar 2 MB. Sehingga proses download dapat berlangsung dengan cepat dan segera dapat digunakan untuk mengecek semua fungsi tombol keyboard apakah berjalan dengan nrmal ataukah tidak.

Cara pengunaan Passmark Keyboardtes juga terbilang mudah yaitu setelah mendonwload kemudian dapat langsung diinstal di komputer. Proses installnya pun tidak memakan waktu yang lama, cukup dengan membuka Passmark Keyboardtes pada tampilan keyboard kemudian tekan semua tombol yang ditampilkan dalam aplikasi tersebut.

Ketika semua tombol keyboard dalam kondisi normal, akan terlihat tombol keyboard pada Passmark Keyboardtes yang berwarna hijau. Namun, aplikasi tidak akan menunjukan respon apapun jika beberapa tombol keybard tidak berungsi dengan baik. Maka, dapat diartikan warna hijau tidak akan muncul pada indikator.

2. Keyboard Test Utility

Aplikasi yang kedua adalah Keyboard Test Utility yang dikembangkan oleh Java Taheri. Sama dengan Passmark Keyboardtes aplikasi Keyboard Test Utility memiliki fungsi untuk melihat apakah tombol-tombol keyboard pada PC dan laptop dapat berfungsi dengan baik.

Keyboard Test Utility memiliki kelebihan yaitu memiliki tampilan yang lebih bagus dari aplikais yang lainnya. Bahkan , untuk menu yang ditampilkan terbilang lebih mudah dipahami bahkan bagi seorang amatiran sekalipun. Untuk pertama kali pengunaan anda tidak perlu bantuan tutorial karena pengunaannya yang begitu mudah. Dan yang menarik, Keyboard Test Utility dapat digunakan dankompatible dengan sistem operasi windows terbaru.

Keyboard Test Utility

Nah, jika anda penguna Windows 10 dan ingin menjajal fungsi dari keyboard anda mengunakan Keyboard Test Utility maka anda dapat mengkaksesnya pada situs https://softfamous.com/keyboard-test-utility/.

Selain cara install yang cukup mudah, aplikasi ini pun dapat didownload tanpa mengeluarkan dana sekalipun. Cukup mengunduh melalui situs diatas dan nikmati fasilitas untuk mengecek fungsi keyboard anda.

Setelah membuka aplikasi Keyboard Test Utility, maka anda cukup mengetes dengan menekan tombol-tombol keyboarddan lihat bagaimana tampilan indikatornya. Saat indikator berwarna kuning maka itu berarti tombol keyboard dalam kondisi normal.

Akan tetapi saat indikator warna kuning atau tidak ada respon hal ni dapat berarti bahwa tombol keyboard sedang bermasalah atau bahkan rusak.

3. Aqua’s KeyTest Software

Satu lagi adalah Aqua’s KeyTest Software yang merupakan aplikasi tes keyboard laptop yang cukup direkomendasikan. Selain dikarenakan pengunaan yang mudah Aqua’s KeyTest Software bersifat portable sehingga para penguna tidak perlu melakukan proses install keyboard ini terlebih dahulu hanya untuk  menggunakannya.

Maksudnya, setelah proses download  aplikasi ini selesai, kemudian para penguna dapat  langsung membukanya dan  menggunakannya untuk melakukan tes fungsi pada keyboard laptop maupun PC.

Aqua’s KeyTest Software

Berikut salah satu situs yang menyediakan link untuk mendownload Aqua’s KeyTest Software yaitu https://www.softpedia.com/get/System/System-Info/Aqua-s-KeyTest.shtml

Pada situs ini, para penguna bisa langsung mendownload aplikasi tersebut secara gratis. Ukuran filenya pun terbilang kecil yaitu hanya sebesar 445 KB saja. Karena aplikasinya sangat ringan maka tidak memerlukan waktu puluhan jam untuk mendownloadnya. Cukup pilih aplikasi tersebut kemudian sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan pada komputer atau laptop anda.

Tapi harus diingat, saat Anda menggunakan komputer dan laptop cek kembali sistem yang digunakan. Jika sistem operasi Windows 10 64 bit, tentu harus memilih aplikasi yang juga sesuai. Uniknya, saat proses unduhan selesai, seanjutnya Anda tidak perlu lagi menginstallnya dikarenakan sifat software yang portable.

Setelah aplikasi terbuka, maka akan terlihat banyak tombol di menu Aqua’s KeyTest Software.

Cukup menekan tombol-tombol yang ada didalamnya kemudian lihat seperti apa indikator yang muncul.  Indikator akan menunjukan warna kuning,yang berarti bahwa tombol keyboard dalam kondisi normal. Akan tetapi jika tidak muncul apapun pada indikator, dapat dipastikan  tombol pada keyboard tersebut sudah tidak berfungsi.

Cara Mengetes Keyboard PC / Laptop Secara Online

 Dari ketiga cara di atas terdapat cara lain yang dapat anda gunakan untuk melakukan tes apakah keyboard pada PC dan Laptop dapat berfungsi dengan baik. Proses ini dapat dilakuakan secara online tang dibantu oleh sebuah website. Karena itu pastikanlah  komputer anda dilengkapi oleh fasilitas internet.

Cara ini memiliki kelebihan yaitu praktis dan tidak perlu menginstall sebuah aplikasi untuk dapat mengetes keyboard di PC dan laptop. Cukup dengan mengakses situs tersebut.

Nah,apakah anda sudah yakin bahwa keyboard anda telah bekerja secara baik dan sempurna? Masih ragu – ragu ? Agar langsung dapat dipraktekan berikut ini beberapa situs yang dapat dikunjungi :

1.  Keyboardtester.com

Situs www.keyboardtester.com merupakan website yang dapat membantu untuk mengetes keyboard laptop. Untuk mengetahui fungsi dari keyboard situs ini banyak direkomnedasikan oleh pengunannya.

Dengan memiliki koneksi internet maka anda dengan mudah masuk ke website tanpa perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi. Keyboardtester.com terbilang memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Inilah yang membuat Keyboardtester.com dapat mudah digunakan  untuk mengetes keyboard komputer dan laptop.

Kungulan dari Keyboardtester.com tampilannya sederhana,mudah digunakan dan terpercaya akan kemampuannya dalam mengetes fungsi keyboard. Pada tampilannya hanya berupa gambar keyboard dengan beberapa ikon yang tertera diatasnya. penulisannya pun jelas sehingga mudah terbaca.

Cara pengunaanya sangat mudah, pertama, masuk ke website dengan mengetik www.keyboardtester.com/tester pada halaman pencarian. Kemudian, lakukan kroscek dengan mengecek dan menekan semua tombol yang terdapat pada keyboard. Seperti tombol huruf, tombol angka, capslock, Ctrl dan yang lain untuk memastikan secara pasti.

Indikator warna hijau akan menunjukan bahwa keyboard PC dan laptop Anda masih normal. Namun, jika terdapat kerusakan pada tombol keyboard maka tidak akan ada respon. Hal ini berarti keyboard membutuhkan perbaikan agar bisa bekerja secara benar.

2. keyboardchecker.com

Keyboardchecker.com merupakan situs kedua yang menyediakan cara untuk mengetes fungsi keyboard PC dan laptop. Situs ini juga banyak dikunjungi dan digunakan baik pemula maupun para profesional.

Sangat mudah digunakan, Software Keyboardchecker.com didesain khusus untuk untuk melakukan pengecekan terhadap tombol-tombol keyboard. Tak hanya model keyboard lama, situs ini juga dapat mengecek versi terbaru dari sebuah keyboard. Bahkan tanpa perlu memperhatikan merk semua jenis keyboard, situs ini kompatible dan dapat diandalkan.

Berbeda dengan situs lainnya, Software Keyboardchecker.com dilengkapi dengan fitur bernama hidden yang ada pada bagian numblock. Fitur ini sangat jarang jika ditemukan pada situs tes keyboard lainnya. Cara pengunaannya pun sangat mudah yaitu dimulai dengan masuk ke situsnya, tunggu beberapa menit kemudian menuju ke halaman utama.

Selanjutnya, tekan setiap tombol keyboardnya jik atombol keyboard normal sudah pasti indikator akan berwarna hijau.Tak hanya keyboard biasa, situs ini juga dapat digunakan untuk mengetes keyboard gaming untuk yang berupakan bagian dari laptop seperti ASUS ROG, Acer Nitro, Dell Alienware dsb. Hmm…pasti para gamers sudah tidak sabar untuk mencobanya!

3. onlinemictest.com

Terakhir adalah situs onlinemictest.com yang tidak kalah dengan kedua situs lainnya. Mungkin jika dilihat dari judulnya banyak yang mengira bahwa situs ini digunakan untuk mengetes fungsi dari audio seperti speaker, microphone, dan webcam.

Akan tetapi ternyata situs ini juga memiliki fitur yang bisa Anda gunakan untuk mengetes fungsi tombol keyboard. Menarik sekali ya !

Onlinemictest.com

Tak berbeda jauh dari situs lainnya, Langkah apertama yang dilakukan adalah  dengan mengunjungi https://www.onlinemictest.com/keyboard-test/.Kemudian setela itu, tungulah sampai proses loading selesai kemudian lanjutkan dengan  masuk ke halaman utama.

Ketika sudah berhasil, saat ini waktunya untuk mengetes tombol pada keyboard dengan cara menekan satu per satu. Pastikan tes dilakukan secara tepat dan perlahan – lahan. Dan apabila tombol masih berfungsi dengan baik, akan terlihat indikator berwarna biru.

Menarik sekali bukan, pembahasan mengenai berbagai macam software tes keyboard seperti diatas. Jadi jika anda merasa ada yang tidak beres dengan keyboard anda, silahkan kunjungi salah satu dari situs diatas. Semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat. Selamat membaca.