Cara Menggunakan Joystick PS 3 di Windows 10

Hayo, siapa nih yang tidak kenal dengan game Playstation. Tentu saja  hampir setiap penikmat game senang dan hobi bermain game konsol yang dibuat oleh perusahaan Sony ini. Memiliki lebih dari satu juta penguna, Sony pun terus memperbarui serinya dan hingga kini telah resmi dirilis seri terbaru versi kelima.

Meskipun telah mencapai versi kelima, kali ini penulis akan membahas versi PS3 yang sampai saat ini masih banyak dimainkan. Berikut beberapa fakta mengenai PS3 yang wajib untuk diketahui :

  1. Penelitian Black Hole dilakukan dengan mengunakan PS3.
  2. PS3 dilengkapi dengan pemutar Blue-ray berstandar tinggi.
  3. Tak hanya untuk bermain game, PS3 bisa digunakan untuk browsing Internet.
  4. Memiliki suara yang halus
  5. PS3 stylish dan berbentuk ramping
  6. Library game lengkap dan banyak pilihan.
  7. Sony selalu update versi PS3.
  8. Menghadirkan Efek blur yang bagus.

Keunggulan dari PS3 ini adalah dilengkapi dengan joystick atau kerap disebut dengan 'gamepad'. Gamepad ini dapat digunakan pada PC maupun laptop pada umumnya. Nah, agar tidak kesulitan berikut beberapa tips dalam mengunakannya!

Berikut  cara mengunakan joystick atau gamepad pada windows 10 yang benar :

Cara Menggunakan Joystick PS3 Windows 10

  1. Langkah Pertama, sambungkan joystick PS3 pada PC/Laptop dengan mengunakan kabel USB.
  2. Langkah kedua,  terlebih dahulu kroscek daftar perangkat di PC/Laptop kemudian pastikan terdapat PS3 Gamepad. Tutorial cara cek daftar perangkat adalah dengan masuk ke “Control PanelHardware and Sounds” Devices and Printers“. kemudian cek kembali daftar perangkat di pc dan laptop
  3. Langkah ketiga adalah jika PS3 Gamepad sudah terlihat, selanjutnya install aplikasi yang berjudul SCPToolkit .
  4. Setelah terpasang dengan baik maka dapat dijalankan.
  5. Berikutnya,lakukan setting pengaturan di aplikasi tersebut. Pada bagian Bluetooth, pastikan nama dengan perangkat bluetooth sudah sesuai.
  6. Pastika juga jika anda sudah mengunakan bluetooth dongle atau perangkat bluetooth lainnya yang sudah terpasang di laptop/pc.
  7. Masuk ke “DeviceManager” untuk memastikan nama bluetooth dan pastikan yang tertera tulisan “Bluetooth“. Lebih rincinya seperti ini: Pertama klik Start ketik “Device Managerlalu buka dan cari “Bluetooth→ klik kanan dan pilih Advanced“, maka akan tertera nama bluetooth. tersebut adalah cara mencari nama bluetooth pada pc dan laptop
  8. Pastikan pengaturan aplikasi SCPToolkit sudah benar seperti dibawah ini: pengaturan scptoolkit
  9. Jika sudah sesuai , tekan tombol “Install” dan lanjutkan sampai proses installasi berakhir dan ditandai dengan munculnya notifikasi. Jika sudah dapat diabaikan saja.
  10. Ketika proses pemasangan berhasil, maka anda dapat kembali ke daftar perangkat seperti tutorial no 2 dan pastikan di dalam daftar tertera tulisan  “Xbox 360 Controller for Windows“. Dan joystick telah terhubung dengan pc-laptop
  11. Jika sudah ada maka dapat dipastikan  installasi  sudah benar dan berhasil.

Cara mengkoneksikan bluetooth dengan joystick ps3

Dapat dilihat dari gambar diatas,  untuk pengaturan bluetooth akan hilang dari menu. Namun, jika kalian ingin fitur ini aktif kembali, maka cukup mengulangi step ke 8 kemudian pilih “Uninstall” dan lanjutkan dengan merestart PC/Laptop.

Note : Perlu diingat, jika ternyata perangkat bluetooth sudah terhubung dengan Joystick PS3 maka bluetooth dipastikan tidak akan bisa terhubung dengan perangkat lain kecuali Joystick PS3. Karena itu bluetooth bertujuan supaya joystick PS3 dapat dihubungkan tanpa harus mengunakan kabel atau disebut dengan wireless bluetooth.

Nah, diatas meruapakan tips dan tutorial cara mengunakan joystick ps3 windows 10. Semoga penjelasan singkat diatas dapat mebuka wawasan baru serta membawa manfaat bagi pembaca.