Urutan Film Fast and Furious dari Awal Hingga Terbaru

Fast and Furious merupakan film action buatan tahun 2001 yang masuk kedalam kategori film action terbaik dan terpifavorit untuk ditonton.

Tak hanya bercerita seputar dunia balap mobil, film Fast and Furious juga menyajikan aksi perkelahian yang menegangkan.

Bagi anda yang baru menyaksikan film Fast and Furious jalan ceritannya akan terkesan membingungkan. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan film ini mengunakan alur yang maju mundur. Karena itu, sebelum menyaksikan ada baiknya mengetahui kronologi cerita film ini terlebih dahulu.

Agar gak bingung, yuk sedikit menyimak mengenai alur cerita Fast and Furious berdasarkan urutannya seperti berikut ini :

1. The Fast and The Furious (2001)

Diceritakan seorang agen rahasia bernama Brian O’Conner  bertugas untuk melakukan penyelidikan terhadap sekelompok pembalap liar yang diduga merupakan pelaku pembajakan truk.

Untuk menyukseskan tugasnya iapun penyamar untuk menjadi anggota dari kelompok pembalap liar tersebut.Ia harus mengikuti balapan demi balapan di jalanan dan terpaksa mempertaruhkan mobil kesayangannya.

The Fast and The Furious (2001)

Singkat cerita, Dominic  yang berhasil memenangkan balapan tersebut tetapi menjelang detik terakhir LAPD muncul di lintasan dan berusahan menangkap mereka. Namun, Dominic serta Brian O’Conner berhasil melarikan diri namun sayangnya justru masuk kedaerah lawan.

Akhirnya kebenaran pun terungkap, ternyata Johnny Tran dan Lance Nguyen merupakan pimpinan dari Dominic yang tak lain adalah dalang dibalik hancurnya mobil Brian O’Conner. Ditambah setelah mengenal Dominic hidup dari Brian berangsur – angsur berubah.

Brian O’Conner mulai menomor duakan posisinya sebagai seorang polisi, justru ia semakin dekat dengan kelompoknya saat ini serta ikut serta menyelamatkan teman – temannya.

2. Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

Di tahun 2003 resmi dirilis film Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious, berdurasi 6 menit film ini masuk kedalam special edition DVD set pada film kedua 2 Fast 2 Furious (2003)

Turbo Charged Prelude to 2 Fast 2 Furious (2003)

Meskipun hanya berdurasi pendek, film ini layak untuk diikuti karena masih memiliki keterkaitan antara film pertama dan film kedua dari . 2 Fast 2 Furious.

Film pendek ini menceritakan awal mulannya Brian O’Conner  bersiap meninggakan LA tepat sebelum ditangkap FBI. Secara resmi FBI menyatakan Brian sebagai buronan nasional meskipun saat itu ia tengah berkeliling Amerika untuk melakukan balapan liar. Dan film ini ditutup dengan perjalanan Brian O’Conner menuju Miami.

3. 2 Fast 2 Furious (2003)

Usai meloloskan Dominic ,  Brian O’Conner resmi ditetapkan sebagai buronan FBI. Namun ternyata pelariannya tidak berhasil, ia paum akhirnya ditangkap oleh mantan bosnya ketika menjadi polisi.

Alih – alih  dijebloskan ke penjara Brian O’Conner justru ditawari untuk bersekutu dengan polisi di dalam sebuah penyelidikan. Bukan secara gratis, ia akan bebas dar segala tuduhan serta hukuman atas kejahatan yang sebelumnya jika sepakat mengenai hal tersebut. Dengan berbagai pertimbangan, Brian O’Conner pun menyetujui hal tersebut.

2 Fast 2 Furious (2003)

Bersama dengan rekannya Roman Pearce, Brian O’Conner berada di rumah Verone dan bersiap untuk menjalankan misi yaitu untuk mengambil  paket yang diletakan di dalam mobil Verone kemudian menjatuhkannya.

Akan tetapi , Verone cukup tangguh untuk dijatuhkan apalagi dibunuh. Pada akhirnya Brian dan Roman mau tak mau harus menghadapi berbagai rintangan dan tantangan dalam menyelesaikan misi mereka.

4. Los Bandoleros (2009)

Sedangkan Los Bandoleros merupakan film berdurasi pendek kedua dari film Fast and Furious dengan durasi sedikit lebih panjang yaitu 20 menit. Film ini menceritak mengenai Dominic yang menjadi buronan dan bersembunyi di Republik Dominica.

Los Bandoleros (2009)

Di negara ini Dominic bertemu dengan mantan pacarnya yang bernama Letty serta teman lamannya Han Lue. Tak hanya itu, Dominic pun memiliki teman baru yang mendukungnya saat di pelarian.

Kali ini, Dominic  dan teman barunnya memiliki rencana untuk membajak tangki minyak dan dijual ke Black Market. Meskipun bukan perbuatan yang terpuji, namun  Dominic  memiliki misi mulia untuk membantu para penduduk Dominica yang berada dibawah garis kemiskinan. Tak hanya itu, Dominic juga memiliki misi rahasia lainnya yaitu membebaskan sahabatnya yang bernama Lego Tego dari penjara.

5. Fast and Furious 4 (2009)

Film lanjutannya, memiliki cerita yang jauh lebih kompleks dimana saat Dominic menjadi seorang buronan dan melakukan aksi pembajakan tangki minyak bersama kelompoknya, disaat itulah sang mantan pacar Letty terbunuh.

Mia yang merupakan adik dari Dominic mengetahui secara pasti bahwa Letty dibunuh oleh mafia besar bernama Arturo Braga.

Fast and Furious 4 (2009)

Cerita lain, Brian O’Conner kembali ke profesi lama yaitu sebagai agen FBI. Ia pun mendapat misi untuk melakukan penyelidikan terhadap sindikat narkoba  yang tak lain dipimpin oleh Arturo Braga.

Situasi inilah yang ternyata mempertemukan kembali Dominic dan Brian O’Conner. Dan pertemuan ini diawali dengan adegan sengit yang memperebutkan posisi sebagai supir Arturo Braga. Meskipun pada akhirnya mereka pun bekerja sama untuk menangkap Arturo Brian beserta anggota kelompoknya.

Namun, malangnya  Dominic justru malah tertangkap oleh FBI dan dan harus menjalani hukuman penjara selama 25 tahun.

6. Fast Five (2011)

Usai berhasil kabur saat perjalanan menuju penjara, Dominic, Brian O’Conner, dan Mia berencana bersembunyi ke Rio de Janerio, Brazil. Kemudian, agen FBI bernama Hobbs diberi mandat untuk menangkap Dominic dan Brian O’Conner.

Fast Five (2011)

Hobbs yang menyadari bahwa Dominic bukanlah orang yang jahat justru berbalik memihak dan melindunginya. Ia pun ikut serta berkontribusi dalam perampokan uang yang dilakukan kepada sindikat narkoba besar yang dikepalai oleh Hernan Reyes. Namun apa mau dikata, ternyata Hernan Reyes tak mudah untuk ditakhlukan.

Dengan wewenangnya, ia dapat mengendalikan kepolisian di Brazil. Meskipun begitu, Dominic cs berhasil dalam misi perampokan tersebut dan harus berhadapan dengan Hernan Reyes.

7. Fast Furious 6 (2013)

Memutuskan untuk hidup santai bersama kelompoknya, Dominic justru dihadapkan kembali pada misi yang ditawarkan Hobbs. Misi kali ini adalah memburu Owen Shaw dan komplotannya.

Fast Furious 6 (2013)

Bukan secara cuma – cuma, Dominic akan dibebaskan dari segala hukuman jika ia mau membantu Hobbs dalam misi ini. Namun, Dominic ternyata bersedia membantu karena mendengar kabar bahwa Letty tidak mati namun justru menjadi anak buah dari Owen Shaw.

Dominic pun membatalkan niatnya untuk pensiun dan setuju untuk membantu Owen dalam misi ini.

Ia berniat untuk menyelamatkan mantan pacarnya dari jeratant bernama Owen Shaw dan komplotannya. Lebih serunya lagi ternyata Owen Shaw  diberikan oleh aktor asal Indonesia Joe Taslim.

8. The Fast and The Furious: Tokyo Drift (2006)

Film ini diawali dengan Sean Boswell yang merupakan siswa SMA dan berpindah sekolah ke Tokyo, Jepang. Ia memur=tuskan pindah sekolah karena terlibat masalah hukum akibat mengikuti pertandingan balap liar.

Namun, sesampainnya di Tokyo ia justru berkenalan dengan Han yang mengajarkanya nge-drift. Han ternyata adalah rekan Dominic yang pindah ke Jepang akibat trauma setelah kehilangan kekasihnya Gisel.

The Fast and The Furious Tokyo Drift (2006)

Dalam pelatihan, Sean Boswell justru jatuh hati kepada sang Drift King pacara Takeshi. Tak butuh banyak waktu ia pun mengajak gadis cantik itu untuk berkencan.

Singkat cerita, Han, Sean Boswell, dan Neela merencanakan pencurian terhadap Takeshi namun ia mereka justru terlibat kejar – kejaran dengan pacara Takeshi. Karena sitiasi yang terjepit, Han  meninggalkan Sean Boswell dan Neela namun naas mobilnya terguling sehingga meledak dan ia tewas seketika.

Akhirnya, Sean Boswell  berhasil mengalahkan Takeshi dan dinobatkan sebagai Drift King yang baru. Dan pun Dominic muncul untuk bertanding melawan Sean Boswell.

9. Furious 7 (2015)

Dominic yang berhasil menjalankan misi bersama Hobbs kini dapat hidup dengan tenang. Ia pun terbebas dari segala tuntutan dan berhasil membawa Letty bersamannya. Akan tetapi lagi – lagi muncul masalah yang disebabkan oleh Deckard Shaw.

Deckard Shaw adalah saudara Owen Shaw yang memiliki tujuan membalas dendam terhadap Dominic dan keluarganya. Ia pun ternyata dalang dari terbunuhnya Han di Tokyo.

Furious 7 (2015)

Ditambah, Dominic dan komplotannya memiliki misi lain untul menyelamatkan progam komputer bernama God’s Eye dan Foundernya bernama Ramsay agar tidak jatuh pada Ian Shaw. Mau tak mau memaksa Dominic harus kembali berhadapan dengan maut.

Program God’s Eye program rahasia milik  pemerintah yang akan sangat fatal berbahaya jika dimiliki oleh Ian Shaw.

Film Furious 7 adalah Film terakhir dari film serial Fast and Furious yang dibintangi Paul Walker. Sebagai Brian O’Conner ia pun terengut nyawannya karena  kecelakaan yang yang terjadi di tengah pembuatan film ini.

10. The Fate of The Furious (2017)

Dalam film The Fate of The Furious (2017) Dominic terpaksa bekerja sama dengan Chipher yang merupakan seorang cyber terrorist. Ia pun akhirnya mengkhianati timnya, dan juga Letty, Roman, Tej, dan Ramsay.

Malangnya Hobbs yang berakhir dipenjara kemudian ditempatkan satu sel bersama Deckard Shaw. Mr. Nobody pun muncul utnuk merekrut mereka dengan misi menemukan Dominic dan menangkap Chipher.

The Fate of The Furious (2017)

Usut punya usut Chipher  ternyata dalang dibalik penculikan Elena dan putra Dominic. Meski Elena terbunuh, Deckard dan Owen Shaw justru berhasil menyelamatkan putra Dominic.

Meskipun Deckard gagal untuk membunuh Chipher,  Deckard dan Owen Shaw mati-matian melindungi Dominic dari Chipher.  Akan tetapi, mereka berhasil mengembalikan putranya kepada Dominic yang sempat diculik.

11. Fast and Furious Presents: Hobbs and Shaw (2019)

Agen Hobbs yang dua tahun lalu berhasil mengalahkan Chipher kini kembali sebagai  agen FBI dan berusaha memperbaiki hubungannya dengan sang putri. Sedangkan Deckard Shaw terbang ke London untuk bertemu dengan sang ibu Magdalene dan adiknya Hattie.

Namum ternyata sang adik adalah seorang agen rahasia Inggris atau MI6 dan tengah terlibat konflik dengan sebuah pasukan tentara bersenjata. Deckard dan Hobbs  pun kembali beraksi untuk menyelamatkannya.

Fast and Furious Presents Hobbs and Shaw (2019)

Hattie pun menjelaskan saat ini dia berada dalam misi rahasia untuk meyelidiki jejak Brixton Lore yang tak lain adalah seorang pemimpin  komplotan teroris yang bersenjata canggih dan berbahaya.

Tak main – main, Brixton Lore dan komplotannya adalah penjahat yang berbahaya bagi manusia. Deckard dan Hobbs pun akhirnya bergabung untuk ikut serta mengagalkan rencana jahat sang Brixron Lore.

Artikel diatas merupakan urutan film serial Fast and Furious yang benar. Semoga dapat menjadi pencerahan ketika hendak menonton film laga fenomenal sepanjang masa ini. Selamat menyaksikan!