Pentingnya SSH untuk Mengamankan Pertukaran Data

Pada zaman serba canggih seperti sekarang ini, pengguna bisa melakukan kontrol perangkat dengan jarak yang jauh. Walaupun terpisah benua sekalipun. Salah satunya dengan menggunakan SSH atau secure shell connection.

SSH atau Secure Shell merupakan protokol transfer yang membuat penggunanya bisa melakukan kontrol terhadap sebuah perangkat secara jarak jauh atau remote lewat koneksi internet.

Lalu apa pentingnya SSH? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian SSH

SSH atau Secure Shell Connection merupakan protokol administrasi yang membuat pengguna bisa dengan mudah melakukan akses dan modifikasi pada pengaturan atau file yang ada pada server Indonesia maupun luar negeri.

RajaBackLink.com

SSH sendiri adalah pengembangan dari Telnet yang dulunya dianggap tidak aman karena tidak memiliki proses enkripsi.

Koneksi yang ada pada SSH dienkripsi dengan menggunakan teknologi seperti enkripsi asimetrik, enkripsi simetris, dan hashing. Ketiga teknologi tersebut adalah teknik kriptografi yang dapat menjamin koneksi bisa terenkripsi.

Nah, jika kamu menggunakan SSH, maka kamu memiliki opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum terkoneksi. Selain itu, SSH juga bisa melakukan pengiriman input dari SSH client ke server lalu mengirimkan kembali hasilnya ke client.

Jadi ketika melakukan koneksi SSH ke salah satu alamat IP Server, kamu bisa melakukan perubahan konfigurasi yang ada di server dengan menyesuaikan user yang dipakai. Tidak hanya itu, kamu bisa menggunakan SSH untuk berbagai macam sistem operasi seperti Windows dan Linux.

Intinya SSH dapat memudahkan kamu ketika akan mengelola server tanpa harus mendatangi lokasi server secara fisik. Bahkan tidak hanya server saja, kamu juga bisa menggunakan SSH untuk mengatur beragam perangkat desktop yang ada dalam satu jaringan.

Setelah kamu mengetahui apa itu SSH, yuk kita beralih ke pembahasan tentang manfaat lainnya yang bisa diberikan SSH.

Manfaat SSH

Ada banyak manfaat SSH, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bisa Membantu Mengontrol Hosting Server

Kamu bisa menggunakan SSH untuk mengontrol hosting dari kejauhan. Ibaratnya, kamu memiliki remote untuk mengendalikan pesawat agar beroperasi sesuai yang kamu inginkan. Sehingga, kamu bisa memiliki hak penuh atas konfigurasi dan pengelolaan web hosting.

Dengan SSH kamu tidak perlu mendatangi server fisiknya, kamu bisa memantau log server, menghapus dan menginstal beragam aplikasi dengan mudah dari jarak yang jauh sekalipun.

2. Terhindar dari Cyber Crime

Selain digunakan untuk mengontrol server hosting, SSH juga bisa kamu gunakan untuk menghindari cyber crime. Salah satunya adalah dengan menyediakan teknik kriptografi kunci tertentu, sehingga secara otomatis akan memutuskan koneksi ketika mengacaukaner membajak sistem.

Dengan begitu, kamu akan selamat dari beragam serangan cyber crime dan terhindar dari pelacakan ilegal, manipulasi data dan lain sebagainya.

3. Keamanan yang Ketat Menggunakan Sistem Autentikasi

Jika kamu menggunakan SSH, pencurian data oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan sulit untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan, SSH bisa memungkinkan enkripsi data sehingga mengacaukaner tidak akan bisa meretas password dan juga informasi pengguna secara sembarangan.

Jenis-Jenis Enkripsi SSH

Setelah mengetahui apa manfaat dari SSH, kita akan membahas tentang jenis-jenis enkripsi yang ada di SSH. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang jenis enkripsi data di SSH:

1. SSH Enkripsi Simetris

Ini adalah jenis SSH yang menggunakan satu secret key untuk mengenkripsi dan juga mendeskripsikan data dari klien. Secret key ini biasanya akan tersimpan di server dan juga klien. Ketika proses transfernya, kunci tersebut tidak akan ikut berpindah.

2. Simetris Enkripsi

Jenis SSH yang satu ini menggunakan dua key secara terpisah dan dilakukan dengan cara membentuk pasangan kunci public private key pair. Sehingga datanya akan di enkripsi oleh public key dan hanya dideskripsikan oleh private key.

3. SSH Jenis Hashing

Jenis SSH yang satu ini menggunakan teknik transfer satu arah yang tidak bisa dideskripsikan, fungsinya adalah untuk memastikan bahwa data yang dikirim dengan menggunakan SSH ini tidak dimodifikasi oleh mengacaukaner dan juga pihak lainnya.

Ketika menggunakan SSH, kamu disarankan untuk melakukan beragam autentifikasi penggunaan remote sebelum terjadinya koneksi pada server.

Tak hanya itu saja, SSH juga bisa kamu gunakan untuk mengirimkan input dari SSH ke klien maupun ke host server dan hasil akhirnya akan dikirim ke user client. 

Siap Menggunakan SSH? Terapkan Sekarang!

SSH adalah salah satu yang perlu kamu pelajari secara menyeluruh, karena memang ada hubunganya dengan koneksi antara klien dan server. Meskipun, sebelumnya ada telnet. Akan tetapi dalam menjalin koneksi yang aman SSH bisa melakukannya.

SSH bisa mengamankan segala pertukaran data dengan menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang didapatkannya.

Yuk segera gunakan SSH dan semoga melalui penjelasan ini, kamu lebih mengetahui dari segi manfaat dan kegunaannya. Amankan segala bentuk pertukaran data dengan menggunakan SSH di setiap website yang kamu kelola.

Selamat mencoba!