5 Cara Mengatur Kecerahan Laptop untuk Windows 10, 8, dan 7

Yuk simak, 5 cara mengatur kecerahan layar laptop untuk Windows 10, 8, dan 7! Sudahkah Anda tahu hal ini?

Kecerahan layar laptop Anda mesti mulai diperhatikan sekarang. Mengapa? Tidak lain dan tidak bukan, itu demi kesehatan mata Anda.

Anda dapat mengatur kecerahan layar laptop dengan mengikuti beberapa metode sederhana yang akan diulas di bawah ini.

Kecerahan monitor laptop ataupun secara umum komputer, memang saat ini masih kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang. Padahal, efek jangka pendek ataupun menengah kondisi tersebut apabila dibiarkan terus-menerus akan bisa merusak kesehatan mata para penggunanya. 

RajaBackLink.com

Menyesuaikan kecerahan layar pada laptop adalah tugas yang mendasar dan tidak sulit dilakukan. Oleh karena itu, silakan Anda ikuti penjabaran selanjutnya mengenai cara mengatur kecerahan layar pada laptop.

Apabila Anda sudah mulai merasakan sensasi ketegangan pada mata ataupun merasakan sakit kepala setelah memakai laptop, hal itu bisa jadi disebabkan karena pengaturan cahaya di layar laptop yang belum sesuai.

Jangan menunggu dampak buruk lainnya menghampiri Anda karena tidak segera mengambil tindakan untuk menyetel kecerahan layar laptop dengan tepat!

Apabila laptop Anda ingin disetel secara otomatis pencahayaannya sesuai dengan rencana daya, situasi, ataupun yang lainnya, Anda hanya tinggal perlu mengatur kecerahan layar laptop ke mode otomatis. Sekali Anda mengaturnya, selanjutnya tidak perlu dihiraukan lagi. Kecerahan layar laptop Anda akan menyesuaikan dengan kondisi atau jadwal yang telah Anda tetapkan.

Namun, apabila Anda adalah tipe yang senang menyesuaikan kecerahan layar secara manual, hal itu pun tidak masalah. Ketahuilah berapa batas maksimum yang bisa ditoleransi oleh mata Anda. Sehingga, kesehatan mata Anda akan terjaga.

Berikut adalah 5 cara untuk mengatur kecerahan layar laptop pada Windows 10, 8, dan 7 yang bisa Anda coba!

1. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop secara Manual

Untuk bisa mengatur kecerahan layar laptop secara manual, silakan Anda tekan tombol Windows dan i secara bersamaan untuk membuka Pengaturan.

Selanjutnya, silakan pergi ke Sistem > Tampilan. Pada kecerahan dan warna, silakan Anda gunakan penggeser ubah kecerahan di sana. Semakin digeser ke arah kiri tampilan cahaya layar akan lebih redup dan apabila digeser semakin ke kanan akan lebih terang.

Jika ternyata penggeser cahaya layar tidak tersedia di sana, maka itu bisa disebabkan oleh salah satu dari dua hal.

Pertama, Anda mungkin menggunakan monitor eksternal sehingga Anda perlu menggunakan tombol di atasnya dalam mengatur kecerahan layar. Kedua, jika kondisi yang pertama tidak terjadi, maka kemungkinan besar Anda perlu memperbarui driver tampilan pada laptop Anda.

Untuk bisa melakukan hal itu, silakan Anda tekan tombol Windows dan x secara bersamaan. Klik Device Manager. Perluaslah display adapters di sana lalu klik kanan kartu grafis Anda dan Klik perbarui driver dan ikuti wizard.

2. Cara Mengatur Kecerahan Laptop secara Otomatis untuk Masa Pakai Baterai

Satu fakta dari menurunkan kecerahan layar laptop adalah dapat membantu Anda untuk menghemat lebih banyak daya dan masa pakai dari baterai laptop Anda.

Pada laptop yang dipasangi Windows 10, di sana terdapat fitur penghemat baterai secara otomatis ketika kapasitas daya baterainya telah menunjukkan persentase tertentu. Tentunya, masa pakai baterai laptop Anda pun akan bisa dioptimalkan secara efektif dan efisien.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, silakan Anda tekan tombol Windows dan i secara bersamaan untuk membuka Pengaturan dan masuk ke Sistem. Setelahnya, silakan pilih Baterai dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan pengaturan 'Penghemat Baterai'.

Centanglah 'hidupkan penghemat baterai secara otomatis jika baterai saya jatuh di bawah'. Kemudian, gunakanlah penggeser kecerahan layar yang ada di sana untuk menyesuaikan tingkat persentase baterai untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Langkah terakhir, centanglah lower screen brightness saat berada dalam penghemat baterai.

3. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop secara Otomatis untuk Power Plan

Anda dapat menjalankan fitur kecerahan layar laptop secara otomatis yang berbeda-beda, tergantung kepada kondisi laptop itu apakah sedang mengisi daya, tidak mengisi daya, ataupun sudah hampir kehabisan daya baterainya.

Untuk bisa menghemat daya baterai laptop Anda, silakan setel mode kecerahan peredup saat laptop Anda tidak dicolokkan ke pengisi daya.

Untuk bisa melakukan hal ini, silakan Anda tekan tombol Windows dan r secara bersamaan. Kemudian, klik OK.

Klik di sana tulisan 'Perangkat Keras dan Suara', lalu pilih 'Opsi Daya'. Selanjutnya, silakan klik Ubah pengaturan paket di sebelah paket yang Anda pilih.

Lihatlah di sana ada slider Adjust plan brightness untuk mengatur level Baterai Aktif dan Terpasang. Silakan di sana disetel sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, klik Simpan perubahan.

4. Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Menggunakan Adaptive Brightness di Windows 10

Kecerahan ideal layar laptop Anda adalah harus disesuaikan dengan kondisi cahaya yang sedang ada di sekitar Anda. Tidak boleh disetel terlalu terang layar laptop apabila kondisi lingkungan Anda sedang gelap. Dan, tidak boleh disetel terlalu redup layar laptop Anda apabila cahaya di lingkungan Anda sedang terang.

Salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan mengatur kecerahan layar laptop secara otomatis yang akan disesuaikan berdasarkan kondisi cahaya di lingkungan Anda.

Fitur di atas hanya bisa diaktifkan jika laptop Anda memiliki sensor kecerahan. Untuk mengaktifkannya, silakan Anda tekan tombol Windows dan i secara bersamaan untuk membuka Pengaturan.

Kemudian, silakan pergi ke Sistem > Tampilan. Apabila Anda di sana menemukan tulisan 'Ubah kecerahan secara otomatis saat pencahayaan berubah', silakan alihkan ke mode 'Aktif'.

Apabila tulisan 'Ubah kecerahan secara otomatis saat pencahayaan berubah' tidak Anda temukan, maka laptop Anda tidak memiliki sensor pencahayaan.

Cara yang lebih baik dalam menyetel fitur sensor cahaya adalah melalui Control Panel. Alasannya, Anda dapat mengatur secara rinci fitur ini disesuaikan dengan power plan yang telah Anda setel sebelumnya.

Untuk bisa mengatur secara rinci fitur kecerahan layar laptop yang disesuaikan dengan kondisi cahaya sekitar Anda adalah menekan tombol Windows dan r secara bersamaan. Kemudian, pilih 'panel kontrol masukan' dan klik OK.

Setelah Anda berada di Panel Kontrol, silakan buka 'Perangkat Keras dan Suara'. Kemudian, pilih 'Opsi Daya' dan 'Ubah pengaturan rencana'.

Selanjutnya, silakan pilih 'Ubah pengaturan daya lanjutan' dan kemudian klik 'Perluas Tampilan'. Silakan Anda di sana Aktifkan kecerahan adaptif dan gunakan tarik-turun untuk mengaturnya ke Baterai Aktif dan Dicolokkan.

5. Menyesuaikan Kecerahan Layar Laptop Anda dengan Menggunakan Keyboard

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatur kecerahan layar laptop Anda adalah dengan menggunakan keyboard.

Pada laptop terdapat fitur untuk menaikkan dan menurunkan kecerahan layar laptop Anda secara langsung dengan menggunakan keyboard. Untuk mengecek fitur ini, silakan lihat tombol keyboard Anda. Simpelnya, ada tidakkah di sana dua tombol yang bergambar lampu dengan panah naik dan yang satunya bergambar lampu dengan panah turun?

Kalau gambar lampu tidak ada pada keyboard Anda, maka coba cek di sana adakah gambar matahari yang besar dan matahari yang kecil? Jika Anda temukan, itulah fungsi tombol pintasan untuk menyetel kecerahan layar laptop Anda.

Kombinasi tombol diperlukan dan akan bergantung pada tipe keyboard laptop Anda. Secara umum untuk menggunakan fitur pintasan ini adalah Anda perlu menahan atau mengaktifkan tombol “Fn”, kemudian menekan tombol yang bergambar matahari atau lampu sesuai dengan kebutuhan Anda (menaikkan atau menurunkan kecerahan layar).

Sekian, pembahasan mengenai 5 cara mengatur kecerahan layar laptop untuk Windows 10, 8, dan 7. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @lukasbieri