Cara Manggunakan Whatsapp web di HP Android

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web di hp Android.

Perlu Anda ketahui bahwa WhatsApp telah tersedia dalam versi Web. Untuk menamakannya secara singkat, mari kita sebut dalam penjelasan ini sebagai WhatsApp Web.

WhatsApp Web termasuk aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia setiap hari. Meskipun dalam bentuk Web, fitur yang hadir di dalamnya tak bisa dipandang sepele.

Fitur yang hadir pada WhatsApp Web tergolong sangat lengkap, mulai dari tersedianya fitur daftar kontak, fitur memblokir kontak, fitur untuk saling chat, fitur voice note, fitur stiker, fitur status, fitur untuk memotret, fitur untuk video call, fitur untuk menandai chat prioritas, hingga fitur untuk bisa saling berkirim foto, video, dan dokumen. Fitur yang tersedia pada WhatsApp Web tak kalah bersaing dari versi aplikasinya.

RajaBackLink.com

WhatsApp Web bisa digunakan melalui hp Android, iPhone, laptop, komputer, maupun perangkat elektronik apa pun yang bisa dipasangi aplikasi browser.

Cara menggunakan WhatsApp Web di hp Android maupun PC adalah beragam. Satu hal yang mesti Anda ingat saat akan menggunakan WhatsApp versi Web. Anda harus tetap mempunyai aplikasi WhatsApp pada hp Android dan ia terhubung dengan internet.

Jika hal itu tidak terjadi, maka Anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp versi Web. Versi Web hanya hadir untuk memudahkan Anda yang selalu bekerja di depan layar monitor untuk bisa mengecek ataupun membalas pesan. Anda yang ada di WhatsApp.

Apabila Anda penasaran bagaimana cara menggunakan WhatsApp versi Web di laptop Anda, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Silakan masuk ke halaman browser yang terpasang di laptop Anda
  2. Bukalah situs web.whatsapp.com
  3. Pastikan Hp Android dan laptop Anda saat ini sedang terhubung dengan koneksi internet yang bagus dan stabil
  4. Pada layar laptop akan segera muncul gambar QR Code, silakan Anda buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di hp Android Anda
  5. Scan melalui hp Android Anda gambar QR Code yang sudah muncul pada layar laptop. Caranya, klik “tiga titik” yang posisinya ada di sudut kanan atas dalam aplikasi WhatsApp dan pilihlah “WhatsApp Web”.
  6. Anda akan otomatis dihubungkan dengan WhatsApp versi Web. Silakan Anda lihat layar laptop Anda.
  7. Tampilan WhatsApp Web kini muncul pada layar laptop Anda di browser yang sedang digunakan.

Selain Anda bisa menggunakan WhatsApp Web pada laptop ataupun perangkat PC lainnya, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp versi Web pada hp Android Anda.

Hingga saat ini masih banyak orang yang tidak tahu bahwa WhatsApp Web bisa digunakan juga di hp Android. Masih banyak yang menganggap WhatsApp versi Web hanya bisa digunakan pada perangkat komputer saja.

Tak usah bingung, coba saja langsung dipraktikkan pada hp Android Anda. Ini dia, cara menggunakan WhatsApp versi Web di ponsel:

  1. Bukalah Google Chrome di hp Android yang lain.
  2. Klik tanda “titik tiga” yang berada di sudut kanan atas.
  3. Scroll-lah ke bawah hingga Anda menemukan tulisan “Dekstop Site” atau “Situs Dekstop”, kemudian centang kotak kecil di samping tulisan itu.
  4. Tampilan Google Chrome pada Hp tersebut kini akan berubah menjadi versi desktop. Setelahnya, Anda bisa masuk ke WhatsApp Web seperti melalui laptop.
  5. Silakan masuk ke situs web.whatsapp.com di hp Android tersebut.
  6. Ambil ponsel Anda dan bukalah aplikasi WhatsApp.
  7. Scan QR Code yang muncul pada hp Android pertama di aplikasi WhatsApp ponsel Anda.
  8. Tunggulah selama beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Meskipun kehadiran WhatsApp Web akan memudahkan Anda dalam membalas atau mengirim chat melalui laptop maupun ponsel, namun hal ini juga bisa menjadi bahaya bagi Anda.

Terlebih, apabila Anda sedang menggunakan WhatsApp Web pada komputer umum. Aksi pembajakkan pada akun WhatsApp Anda akan lebih mudah untuk dilakukan.

Untuk bisa mengantisipasi masalah di atas, ini adalah trik yang sangat jitu bagi Anda untuk keluar dari WhatsApp Web pada semua perangkat yang terhubung:

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Klik tanda “tiga titik” yang berada di sudut kanan atas.
  3. Pilih “Log Out from all Device”.
  4. Setelahnya, Anda akan keluar secara otomatis dari Whatsapp Web yang pernah Anda lakukan pada perangkat mana pun.
  5. Apabila Anda ingin menggunakan kembali WhatsApp versi Web, maka hal itu bisa dilakukan kembali kapan pun.

Berikut adalah sederet kelemahan dari Whatsapp Web:

  1. WhatsApp Web hanya bisa digunakan pada jaringan internet yang stabil dan lancar. Apabila ternyata jaringan internet Anda itu lemah ataupun buruk, maka proses menerima dan mengirim pesan akan berjalan lambat atau gagal.
  2. Anda tidak bisa melakukan panggilan online menggunakan WhatsApp versi Web. Hal ini merupakan salah satu bentuk perlindungan kepada para pengguna untuk mengamankan akun WhatsApp-nya.
  3. Apabila Anda selalu menghubungkan WhatsApp di ponsel dengan WhatsApp Web, maka hal itu akan membuat baterai ponsel Anda akan cepat habis dan menjadi sangat panas.
  4. WhatsApp Web tidak bisa digunakan apabila ponsel yang terpasangi akun WhatsApp Anda mati. WhatsApp versi Web akan selalu melakukan verifikasi pada ponsel Anda dengan QR Code, sehingga Hp Android Anda harus selalu dalam keadaan online.

Demikian, pembahasan kali ini mengenai cara menggunakan WhatsApp Web di hp Android, laptop, maupun perangkat PC lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt