Cara Mengaktifkan Notifikasi WhatsApp

WhatsApp secara tiba-tiba tak memunculkan notifikasi pada saat chat masuk sehingga tidak terbaca? Tentu saja itu pasti ada alasannya dengan demikian anda harus mencari tahu. Biasanya memang tidak terjadi seperti itu dan lancar-lancar saja. Dengan demikian pastinya mengundang tanda tanya yang begitu besar.

Anda perlu terapkan langkah dalam mengaktifkan notifikasi WhatsApp ini. Hal itu supaya aplikasi tersebut akan berjalan dengan sebaik mungkin. Dengan demikian tidak akan ada lagi kendala tertentu sehingga Anda harus melihat notifikasi ataupun juga peringatan dari WhatsApp itu sendiri.

Tentu saja fitur notifikasi merupakan salah satu fitur penting yang terdapat pada setiap aplikasi perpesanan, tanpa terkecuali dengan whatsApp. Maka dengan itu anda perlu memperhatikan bahwa notifikasi tersebut memang harus benar-benar muncul dengan sebaik mungkin.

Pada fitur inilah, kita pastinya akan tahu kemudian dengan cepat dapat merespon setiap pesan maupun juga chat yang akan masuk pada WA. Tentu saja dengan notifikasi maupun juga fitur tersebut akan sangat menguntungkan bagi para penggunanya dalam menggunakan WhatsApp.

RajaBackLink.com

Akan tetapi, terkadang, sejumlah pengguna WA komplain mengenai notifikasi pesan yang terdapat pada aplikasi WhatsApp yang tak muncul maupun juga tak berbunyi. Sebab, mereka sangat membutuhkan hal tersebut karena akan sangat memudahkan mereka mengetahui apakah ada pesan masuk atau tidak.

Tentu saja WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat menunjang aktivitas apalagi untuk para pekerja atau orang-orang yang memang diharuskan berkomunikasi melalui pesan dua arah. Dengan demikian notifikasi WhatsApp tersebut akan lebih memudahkan mereka mengetahui akan ada pesan yang masuk ataupun tidak.

Bila sudah terjadi permasalahan tertentu maka seluruh pekerjaan ataupun aktivitas akan terkendala. Jika Anda tidak ingin hal itu terjadi maka dari itu Anda harus mengetahui apa saja penyebab yang terjadi. Kemudian dapat mencari solusi yang terbaik untuk permasalahan tersebut.

Jika Anda sedang berada dalam masalah serupa, tentunya simak hingga ikuti ulasan langkah dalam mengaktifkan notifikasi yang terdapat pada WhatsApp yang tak muncul berikut.

Alasan dari Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Peringatan WhatsApp yang belum muncul umumnya dikarenakan oleh kesalahan pada bagian pengaturan. Dengan demikian anda harus memeriksa sebaik mungkin pada bagian pengaturan tersebut agar nantinya mengetahui apa saja yang menjadi kendala WhatsApp tersebut tidak ada notifikasinya.

Maksudnya, Anda mungkin saja tak sengaja menonaktifkan peringatan tersebut. Karena memang biasanya menonaktifkan peringatan tersebut terjadi dengan tidak sengaja. Bila hal itu sudah terjadi maka dari itu anda perlu untuk menekan tombol supaya bisa mengaktifkan kembali.

Akan tetapi anda memang harus benar-benar memastikan Apakah memang notifikasi tersebut berasal dari pengaturan yang belum terkoneksi ataupun masih ada permasalahan yang lainnya. Sebab, permasalahan notifikasi ini juga merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diketahui penyebabnya.

Kemudian, penyebab peringatan WA belum bisa muncul dapat terjadi diakibatkan terdapat bug maupun juga error yang ada di aplikasi WhatsApp tersebut. Maka dari itu Anda memang harus mengecek secara benar-benar ponsel Anda tersebut. Agar nantinya tidak terjadi permasalahan yang terlalu buruk bahkan ponsel dapat rusak lebih parah lagi.

Permasalahan lainnya yang dapat saja ponsel Anda yang mengalami permasalahan contohnya saat ada kerusakan software yang terkoneksi dengan peringatan. Tentu hal itu akan sangat mengganggu aplikasi whatsapp juga. Maka WhatsApp akan jadi lambat dan juga tidak ada notifikasi yang masuk dan hal itu akan sangat merugikan Anda yang memang membutuhkan notifikasi tersebut.

Terdapat sedikit ulasan mengenai penyebab peringatan WhatsApp yang belum bisa muncul di atas, langkah dalam mengatasinya pun tak jauh-jauh daripada pemeriksaan ulang setelan notifikasi yang terdapat pada ponsel Anda.

Tentu saja pemeriksaan ulang harus dilakukan agar nantinya pengecekan tersebut akan membuahkan hasil menemukan mana saja permasalahan yang menyebabkan notifikasi tidak muncul. Sehingga nantinya solusi terbaik akan ditemukan jika memang penyebabnya sudah terlihat jelas.

Supaya lebih jelas, berikut sejumlah cara dalam mengaktifkan peringatan WhatsApp supaya setiap pesan yang akan masuk dapat diketahui daripada notifikasi yang tampil pada layar utama maupun juga layar kunci.

Aktifkan peringatan yang terdapat di Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama guna mengaktifkan peringatan WA yakni memastikan bahwasannya fitur peringatan telah diaktifkan. Dengan demikian anda akan mengetahui memang ada permasalahan atau tidak pada bagian tersebut.

Untuk Anda yang baru memakai WhatsApp, bisa saja fitur ini tidak Anda aktifkan, maka notifikasi belum bisa juga untuk muncul. Tentunya Anda harus kembali lagi ke bagian pengaturan agar nantinya notifikasi tersebut harus bisa diaktifkan supaya akan memberikan kenyamanan kepada para penggunanya.

Langkah untuk mengaktifkan peringatan pada WA termasuk sangat mudah. Anda cuma butuh mengakses menu pengaturan dengan langkah ketuk tanda titik tiga yang berada pada kanan di bagian atas layar di aplikasi.

Setelan masuk yang ada di menu pengaturan, jangan lupa juga pilih opsi menu seperti halnya notifikasi. Langkah tersebut tentunya tidaklah terlalu sulit. Sehingga Anda dapat mengerjakan dengan sangat mudah tanpa perlu melakukan perhatian yang sangat ekstra atau bahkan membawa ponsel ke counter.

Kemudian di dalam menu peringatan, silahkan juga untuk aktifkan nada bagian percakapan, kemudian nada notifikasi, lalu dilanjutkan pula notifikasi pop up, selain itu juga jika perlu jangan lupa untuk aktifkan notifikasi yang ada prioritas tinggi.

Langkah-langkah tersebut dilakukan supaya bisa mengembalikan notifikasi WhatsApp agar bisa kembali normal. Sehingga Anda bisa menjalankan aktivitas dengan sebaik mungkin dengan adanya peringatan pesan tersebut yang tersampaikan dengan sangat baik.

Notifikasi WhatsApp memang pada setiap orang sangatlah penting. Dengan demikian anda memang harus bisa mengecek sendiri ponsel. Apakah itu memang dari menu pengaturan atau ada permasalahan lainnya yang sedang mengganggu ponsel tersebut. Sehingga tidak bisa bekerja dengan normal apalagi untuk aplikasi WhatsApp memang harus dicek secara berkala untuk update-nya.

Izinkan Peringatan WhatsApp yang Ada di Setelan Ponsel

Berikutnya sesudah mengaktifkan seluruh setelan notifikasi pada aplikasi WhatsApp, Anda juga butuh untuk memastikan bahwasannya notifikasi WA memang diizinkan guna tampil pada ponsel Anda.

Langkahnya yakni dengan silahkan untuk buka menu setelan ponsel Anda, kemudian jangan lupa untuk ketuk menu notifikasi/peringatan dan bilah status. Demikian tidak akan ada lagi yang bisa mengalami suatu kendala tertentu sehingga Anda juga dapat menggunakan notifikasi dengan sebaik mungkin.

Tentu pada menu tersebut jangan lupa untuk pilih menu seperti notifikasi, maka nantinya akan terbuka jendela untuk bagian manajemen notifikasi supaya seluruh aplikasi yang terunduh pada ponsel Anda optimal.

Maka tugas Anda, silahkan pilih dan buka setelan notifikasi yang aplikasi WhatsApp. Tentu saja tugas tersebut termasuk mudah Jadi anda tidak perlu panik ataupun khawatir jika notifikasi tidak muncul padahal pesan sudah masuk pada WhatsApp.

Sesudah itu, aktifkan pula izin notifikasi kemudian jangan lupa untuk sesuaikan setelan lainnya seperti halnya tampilkan yang ada pada layar kunci, munculkan pada bagian atas yang ada pada layar, lalu memunculkan lencana.

Jangan lupa pula, pengaturan di atas dituliskan merujuk pada antar muka di menu pengaturan pada ponsel Oppo A5s. Untuk itu hal tersebut akan sangat memudahkan bagi para pengguna Android tersebut akan tetapi juga para pengguna Android yang serupa akan memperoleh hal yang sama.

Untuk Anda yang memakai smartphone merek lain seperti Xiaomi, Infinix, Vivo, Realme atau Samsung, jangan lupa sesuaikan saja dengan layar menu pengaturan di ponsel Anda. Sebab anda hanya masuk ke menu pengaturan dan ubah notifikasi tersebut menjadi diaktifkan.

Bila sudah diaktifkan maka semuanya akan berjalan dengan normal sehingga notifikasi tersebut pun akan muncul dengan mudah. Lalu Anda juga akan mendapatkan pesan seketika setelah notifikasi itu muncul dan aktivitas pun akan berjalan dengan mudah.

Maka dari itu Anda harus memastikan telah mengaktifkan notifikasi itu pada menu pengaturan jika memang hal itu terjadi lagi. Maka Anda bisa masuk ke menu setelan tersebut agar bisa mengaktifkan peringatan dari pesan whatsapp, karena pada saat notifikasi tidak muncul tentu saja hal itu pasti akan terkoneksi dengan pengaturan.

Izinkan pula menu WhatsApp untuk berjalan sesuai dengan Latar Belakang

Maksudnya meskipun Anda belum bisa membuka aplikasi seperti WhatsApp, WhatsApp akan bisa berjalan pada latar belakang yang ada di ponsel.

Tentu saja itu harus anda perhatikan dengan sebaik mungkin maka dari itu Anda dapat menggunakan langkah tersebut. Agar nantinya bisa menggunakan notifikasi WhatsApp tersebut dengan sebaik mungkin untuk itu anda bisa melakukan pesan whatsapp dengan normal kembali.

Pada aplikasi sejenis, tentu saja mengizinkannya agar tetap untuk berjalan pada background ponsel tentu saja memang perlu dilakukan supaya aplikasi dapat bekerja berdasarkan fungsinya.

Sebab kalau tidak diizinkan maupun juga dibatasi dari izinnya, tentu dapat saja pesan maupun juga chat yang dapat dikirim pada akun WhatsApp Anda tentu tidak sampai.

Guna memastikan apakah memang aplikasi WhatsApp pada ponsel telah berjalan pada latar belakang, jangan lupa untuk buka menu setelan lalu masuk pada bagian menu manajemen di aplikasi.

Langkah-langkah tersebut juga tidak terlalu sulit Jadi anda bisa mempraktekkannya dengan mudah. Sehingga ponsel tersebut akan bisa terselamatkan dan juga aplikasi WhatsApp tersebut akan bisa berjalan dengan normal. Apalagi untuk fitur notifikasinya akan mudah berdering apabila pesan masuk.

Bukan hanya itu saja Pada saat Anda ingin menggunakan WhatsApp semuanya akan berjalan dengan normal tanpa adanya kendala tertentu lalu notifikasi tersebut akan aktif secara terus-menerus. Jadi, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing bila notifikasi tidak akan muncul.

Unduh Ulang Aplikasi WhatsApp

Langkah yang terakhir bila semua cara di atas belum juga menjadikan notifikasi pada aplikasi WA Anda ditampilkan, maka lakukan install ulang aplikasi. Jika memang Anda masih ingin notifikasi WhatsApp tersebut muncul dan tidak akan mengalami kendala tertentu.

Namun sebelum menghapus aplikasi seperti halnya WA yang memang terpasang sekarang ini, jangan lupa pula untuk lakukan backup data lebih dulu. Jika anda tidak ingin data-data tertentu hilang bisa saja data akan hilang apabila anda tidak hati-hati dalam menghapus WhatsApp. Sehingga Anda harus benar-benar memerlukan ruang penyimpanan untuk menaruh data-data tersebut di ponsel.

Kemudian sesudah seluruh data akan diamankan, jangan lupa untuk uninstall aplikasi WhatsApp lalu jangan lupa ganti dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang memang sudah baru. Jika sudah mendownload aplikasi WhatsApp dengan versi terbaru dan dengan versi aslinya Tentu saja Anda akan bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan sebaik mungkin tanpa adanya kendala lagi.

Ingat, jangan lupa pakai aplikasi WhatsApp versi asli yang cuma ada di Playstore. Jangan menggunakan WhatsApp dengan versi lite ataupun yang lainnya hanya karena ingin menghemat RAM tentunya hal itu bahkan akan lebih memperlambat kinerja dari WhatsApp itu sendiri nantinya. Anda akan lama dalam menerima pesan maupun juga notifikasi tidak akan muncul.

Anda tentunya tidak ingin hal itu terjadi bukan karena memang WhatsApp sendiri Memang harus digunakan versi aslinya. Sebab, pada waktu-waktu tertentu akan ada pembaruan yang memang harus dilakukan oleh para pengguna di ponsel yang telah terinstal aplikasi tersebut. 

Memang menginstal ulang aplikasi WhatsApp tersebut pada ponsel tidaklah terlalu sulit jadi anda bisa menghapus lalu menginstal ulang aplikasinya sehingga tidak akan lagi terjadi lelet Akan tetapi anda juga perlu memeriksa di bagian pengaturan jika memang hal itu telah dilakukan akan tetapi masih belum bisa maka bisa menggunakan langkah yang satu ini.

Langkah yang satu ini juga sangatlah mudah diikuti karena tidak perlu memerlukan langkah-langkah yang terlalu panjang karena hanya seputar ponsel saja dan tidak ada harus membuka menu-menu yang lainnya. Anda hanya perlu membuka menu pengaturan untuk mencopot pemasangan. Lalu setelah itu ke bagian play store dan install ulang.

Penutup

Nah itulah langkah dalam mengaktifkan notifikasi aplikasi WhatsApp yang terdapat pada layar utama kemudian juga di layar kunci.

Jangan lupa pula untuk coba satu persatu langkah di atas, guna mengatasi peringatan WhatsApp yang belum bisa muncul. Sebab setiap para pengguna ponsel dengan notifikasi WhatsApp itu tentunya mengalami kendala dikarenakan beberapa alasan tertentu. Sehingga tidak dapat dipastikan mana yang memang sesuai

Meskipun pengaturan memakai langkah di atas notifikasi pesan Yahya ada di aplikasi WA belum juga dapat untuk muncul, mungkin saja penyebabnya memang berasal dari kerusakan yang terdapat pada software yang terdapat di ponsel Anda.

Bila memang demikian yang telah terjadi, Anda juga mungkin juga bisa melakukan update OS yang terdapat ke versi Android hingga patch terbaru. Sehingga Anda tidak perlu lagi terburu-buru untuk datang ke konter karena permasalahan notifikasi WhatsApp tersebut tidak muncul.

Memang ada baiknya anda mengecek sendiri terlebih dahulu mana saja penyebab yang menjadi alasan notifikasi WhatsApp tersebut tidak muncul. Setelah itu baru Anda pastikan juga mana saja langkah-langkah yang mudah. Dengan demikian, hal tersebut bisa menyelamatkan WhatsApp dan notifikasi akan muncul secara terus-menerus.

Pengecekan ponsel memang harus dilakukan secara terus-menerus agar kita mengetahui mana saja yang akan berpotensi bermasalah Anda harus rajin-rajin untuk menghapus cache yang ada di ponsel. Supaya nantinya tidak ada kendala dari aplikasi tertentu apalagi untuk WhatsApp hal itu sering kali terjadi karena banyaknya sampah ataupun juga cache pada aplikasi tertentu.

Aplikasi whatsapp juga akan lebih optimal bila menggunakan dengan versi originalnya karena hal itu biasanya akan diperbarui secara terus-menerus. Jadi, Anda harus mengingat dan mengetahui waktu-waktu aplikasi tersebut harus diperbarui lewat notifikasi bahkan mengeceknya secara langsung di play store.

 

Sumber Gambar: pexels free images