Cara Mengatasi Laptop Blue Screen

Blue screen merupakan satu di antara masalah laptop yang selalu saja terjadi dengan tiba-tiba. Baik itu ketika bermain game, atau juga sedang mengerjakan tugas, hingga sekadar browsing, kemudian laptop Anda dapat saja terjadi blue screen.

Problem blue screen ini dapat terjadi di semua sistem operasi, apalagi khususnya Windows 8, maupun Windows 7, hingga Windows 10. Kemudian juga, blue screen ini juga dapat terjadi di seluruh merk laptop, sehingga memang jangan sampai pandang bulu.

Sehingga, blue screen merupakan keadaan dimana layar laptop cuma menampilkan background yang berwarna biru hingga memiliki tulisan tertentu. Apalagi tulisan itu pada dasarnya terkoneksi dengan akibat dari blue screen, sehingga Anda dapat memakainya untuk bahan analisa.

Untuk Anda yang sedang mengalami blue screen yang terjadi pada laptop, tentunya di kesempatan kali ini akan dipaparkan dalam memberikan Sejumlah cara yang dapat Anda pakai dalam mengatasinya. Langkah yang akan disuguhkan nantinya akan diurutkan yang paling mudah sampai dari yang lumayan cukup sulit.

RajaBackLink.com

Secara umumnya problem ini memang ada karena sistem dari Windows yang sedang mengalami error. Baik itu dari corrupt maupun juga crash. Oleh sebab itu, tentu Windows belum dapat melanjutkan tindakannya maupun juga akhirnya terjadilah blue screen.

cara yang dapat dipakai dalam mengatasi laptop seperti blue screen

Restart untuk Laptop

Restart merupakan langkah paling dasar yang bisa dikerjakan apabila laptop sedang dalam kondisi blue screen. Cara ini memang belum bisa menjamin problem dari blue screen dapat untuk teratasi, akan tetapi pada sejumlah kasus, langkah ini berhasil dalam menjadi solusi blue screen.

Sebab, ketika blue screen kita belum dapat untuk restart dengan arahan dari Windows, oleh sebab itu kita perlu melakukan restart dengan cara paksa. Guna melakukannya, silahkan pula untuk tekan tombol power dengan sejumlah itu ketika menghadapi laptop yang akan mati.

Sesudah laptop mati, maka jangan lupa untuk nyalakan kembali laptop seperti keadaan biasanya. Sesudah itu, Anda tentu akan dibawa booting yakni pada sistem operasi. Bila nantinya akan berhasil, tentu Anda dapat masuk pada Windows, Namun, bila gagal tentu Anda akan menjumpai blue screen itu lagi.

Scan untuk Virus

Seringkali, laptop blue screen diakibatkan karena terdapat virus yang ada pada sistem Windows. Virus itu tentunya. masuk hingga menyerang sejumlah sistem yang paling penting seperti halnya driver maupun juga software yang mempunyai peran yang paling penting di sejumlah sistem operasi.

Maka dari itu, cara yang dapat diambil dalam mengatasinya yakni dengan menjadikan scan dengan menggunakan antivirus. Mengenai antivirus yang dipakaikan, Anda dapat memakai antivirus gratis hingga berbayar. Untuk pengguna Windows, Anda dapat memakai Windows Defender dalam melakukan scan.

Restore pada System Windows

System Restore merupakan suatu fitur bawaan yang terdapat pada Windows yang dapat Anda pakai dalam mengembalikan system yang memang sebelumnya telah mengalami suatu permasalahan, pada hal tersebut yakni problem blue screen yang ada pada laptop.

Guna mengerjakan system restore langkahnya memang cukup mudah, Anda tak perlu lagi software tambahan. Sebab, seluruhnya telah disiapkan daripada Windows.

Guna restore system yang ada pada Windows, silahkan pula untuk ikuti langkah yang ada di bawah ini:

  • Pertama, jangan lupa untuk mematikan laptop Anda lebih dulu 
  • Sesudah itu, jangan lupa untuk menyalakan laptop kemudian tekan tombol seperti F8 ketika proses booting. Berikutnya Anda akan memantau sejumlah opsi Safe Mode, silahkan juga untuk pilih opsi Safe Mode.
  • Sesudah berhasil untuk masuk pada Safe Mode, jangan lupa untuk buka menu yang ada pada System Restore. Langkahnya adalah dengan klik Windows jangan lupa untuk klik pada kolom pencarian. Setelah itu Anda ketikkan pula Control Panel. Maka dari itu, setelah Control Panel yang akan jangan lupa untuk pilih pula untuk opsi System & Security.
  • Berikutnya, sesudah System hingga Security yang memang sudah terbuka, maka dari itu pilih Action Center lalu jangan lupa untuk pilih Recover jangan lupa juga untuk pilih Open System Restore.
  • Sesudah untuk masuk pada System Restore, jangan lupa juga untuk Anda pilih tanggal yang memang dimau (tanggal ketika tidak terjadi masalah seperti blue screen). Akan tetapi, Anda dapat juga untuk mengikuti list dari Windows yakni dengan pilih menu default itu.
  • Sesudah Anda pilih kemudian juga silahkan untuk pilih klik Next setelah itu sampai Finish, berikutnya jangan lupa untuk klik Yes.
  • Tunggu terlebih dahulu proses restore hingga selesai.
  • Proses pada restore ini memang perlu diketahui bahwa akan diawali dengan laptop yang akan restart. Kemudian secara otomatis, sesudah itu proses di bagian restore maka akan berjalan. Jangan lupa tunggu hingga proses akan selesai, sesudah selesai, jangan lupa Anda pakai laptop untuk beberapa saat guna mengecek apakah memang masih adanya blue screen maupun juga tidak.

Repair untuk Sistem Operasi

Supaya untuk repair Windows dengan mempunyai tujuan dalam memperbaiki error yang akan terjadi di Windows, maka akan ad masalah untuk blue screen ini.

Guna melakukan untuk repair Windows, Anda hanya perlu media berupa file yang ada pada sistem operasi, kemudian boleh juga berupa DVD hingga bootable flashdisk. Buka belum memiliki Anda dapat membuatnya lebih dulu.

Bila media telah siap, maka silahkan pula untuk ikuti caranya berikut ini:

  • Pertama, jangan lupa untuk masuk pada BIOS lebih dahulu. Langkahnya adalah dengan nyalakan laptop Anda tersebut kemudian jangan lupa untuk tekan tombol pada F2, Del, dan juga Esc, maupun pada tombol lain (tombol yang ada pada setiap laptop pada dasarnya berbeda).
  • Sesudah itu, ubah juga boot hingga menjadi DVD maupun juga flashdisk, hal itu tergantung media yang memang Anda gunakan. Sesudah diatur, jangan lupa untuk simpan perubahan yakni dengan klik untuk bagian Save Changes dan juga Reset.
  • Berikutnya laptop juga akan restart dengan cara otomatis. Saat muncul tulisan pada bagian Press any and key to… maka jangan lupa untuk tekan tombol yang mana saja.
  • Kemudian pada halaman selanjutnya, jangan lupa atur bahasa hingga menjadi bahasa Indonesia kemudian klik bagian Next.
  • Sesudah itu, jangan lupa untuk klik Repair your and computer hingga tunggu untuk beberapa saat kemudian.
  • Di System recovery tool, jangan lupa juga untuk pilih Use recovery tools kemudian klik bagian Next.
  • Berikutnya Anda tentu akan diharapkan dengan sejumlah pilihan, jangan lupa pilih untuk bagian Startup Repair dan jangan lupa untuk tunggu proses tersebut hingga selesai.
  • Apabila sudah selesai, maka silahkan pula klik Finish.

Periksa Hardware

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, alasan laptop blue screen tersebut ada disebabkan hardware hingga bagian software. Maka dari itu untuk itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan hingga hardware saat mengalami blue screen.

Satu di antara hardware yang memang berhubungan erat dengan problem ini yakni RAM. Saat RAM telah rusak, tentu salah satu problem yang memang terjadi yakni di laptop blue screen.

Guna pemeriksaan, Anda dapat memakai BIOS. Jangan lupa pula lihat apakah memang RAM laptop Anda akan terbaca seluruh atau bisa jadi tidak. Apabila terdapat RAM yang belum terbaca, tentu cara awal yang dapat dilakukan yakni dengan membersihkan hal tersebut.

Guna membersihkan RAM, Anda juga dapat memakai penghapus karet. Jangan lupa untuk bersihkan pula pada bagian yang ada kuningan RAM itu. Apabila sudah, selesai, jangan lupa pasang kembali yang ada di tempatnya.

Selain ada RAM, Anda memang sepatutnya juga untuk mengecek keadaan hardisk tersebut. Pastikan juga bahwa hardisk yang Anda pakai masih dalam 100% untuk kesehatannya. Guna mengecek untuk keadaan kesehatan pada hardisk, jangan lupa untuk pakai aplikasi seperti Hardisk Sentinel.

Install Ulang aplikasi 

Bila langkah-langkah di atas belum ada yang berhasil, tentu cara pamungkas yang dapat Anda pakai yakni install ulang pada sistem operasi yang ada di laptop.

Itulah sejumlah langkah dalam mengatasi laptop blue screen yang dapat Anda pakai.. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sumber gambar: pexels free images