Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk

Apakah Anda sekarang lagi mengalami pesan WhatsApp susah untuk masuk atau bahkan tidak masuk sama sekali, kalau Anda tidak membuka WhatsApp?

Jika memang iya, Anda memang butuh untuk membaca dan juga mengaplikasikan solusi guna mengatasi pesan yang terdapat pada WhatsApp.

Memang ketika pesan yang terdapat pada ponsel belum masuk apalagi dalam keadaan darurat. Baik itu adalah karena pekerjaan atau memang ada sesuatu yang mendesak. Tentu saja akan sangat mengkhawatirkan jelas itu akan sangat mengganggu segala hal yang ingin direncanakan.

Disebabkan, chat WA yang tidak masuk tentu saja mengganggu aktivitas, tidak tenang, dan yang lebih parah Anda nantinya jadi telat dalam memperoleh informasi penting yang mungkin saja dikirim oleh teman pada akun WhatsApp Anda.

RajaBackLink.com

Cara dalam mengatasi pesan WhatsApp yang tidak masuk ini dapat pula Anda terapkan yakni di semua ponsel Android seperti halnya Oppo, Samsung, begitu pula dengan Xiaomi.

Selain itu juga, Anda bisa untuk mencoba cara dalam mengatasi pesan WA yang telat masuk dan kali ini akan dibahas adalahi iOS atau iPhone.

Salah satunya yakni Anda yang memang sudah lupa mengaktifkan mode hemat daya. Maka dari itu, WhatsApp tidak akan lagi aktif pada background sistem. Tentunya dengan hal tersebut memang perlu untuk diperhatikan lagi agar Apa yang diharapkan memang benar-benar bisa untuk diperoleh dengan cepat.

Padahal, jika Anda tidak tahu, pada dasarnya secara default WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang masih berjalan walaupun Anda telah menutupnya.

Hal tersebut berlaku supaya WhatsApp dapat menerima pesan supaya masuk yaitu dengan cara realtime hingga memunculkan notifikasi.

Tips Mencegah Pesan WhatsApp yang Susah untuk Dibuka

Maka dari itu, untuk lebih detailnya, berikut silahkan diikuti beberapa langkah dalam mengatasi pesan WhatsApp yang tidak masuk ketika belum dibuka:

Aktifkan terlebih dahulu Koneksi Data di Latar Belakang WA

Ketika membiarkan WhatsApp supaya bisa berjalan pada latar belakang sistem, Anda tentunya perlu memastikan juga bahwa WhatsApp tetap juga perlu untuk dibiarkan menerima sinyal internet.

Sinyal internet memang diperlukan untuk pengguna ponsel Android maupun juga iOS. Dengan hal tersebut maka aplikasi-aplikasi akan dapat dibuka dengan lebih mudah. Maka dengan demikian aplikasi seperti WhatsApp tidak bisa dibuka secara offline.

Sinyal ataupun juga koneksi internet sangatlah penting untuk menjaga stabilitas seseorang dalam memperoleh pesan melalui WhatsApp. Sebab, WhatsApp ini juga harus ada koneksi yang stabil. Dengan demikian apapun pekerjaan yang dilakukan melalui WhatsApp akan lebih mudah.

Sehingga pada saat ponsel kurang bisa untuk memperoleh pesan dengan cepat. Tentu saja itu akan sangat menyebalkan dan aktivitas jadi terganggu. Dengan demikian Anda bisa melakukan beberapa hal yang memang bisa untuk jadi solusi seperti halnya mengecek sinyal atau mengecek melalui pengaturan ponsel.

Maka ternyata, pada pengaturan ponsel telah ada opsi dalam menghidupkan hingga mematikan sinyal internet pada aplikasi yang berjalan pada latar belakang yang ada di sistem.

Anda juga perlu untuk memperhatikan langkah-langkah dengan sangat cermat supaya nantinya tidak ada kesalahan atau gagal dalam mengaplikasikan apa yang seharusnya untuk mendapatkan pesan WhatsApp secara cepat. Dengan demikian perlu hal yang sangat cermat dan mendetail. Akan tetapi, langkah-langkah tersebut dipastikan juga akan lebih mudah.

Kemudahan yang saat ini bisa dirasakan oleh orang-orang dengan menggunakan ponsel Android maupun juga iOS tentu saja harus bisa mengenali menu-menu maupun fitur-fitur yang ada di dalam HP tersebut. Dengan demikian, pada saat WhatsApp belum masuk maka anda dapat mengecek koneksi ataupun di bagian pengaturan. Siapa tahu memang ada yang terkendala di sana.

Berikut adalah langkah dalam mengaktifkan koneksi data yang ada pada latar di belakang di aplikasi WhatsApp:

  • Buka menu yang terdapat pada pengaturan yang terdapat pada ponsel Anda.
  • Masuk pada manajemen aplikasi, kemudian cari dan juga buka aplikasi WhatsApp.
  • Jangan lupa untuk ketuk opsi status pada penggunaan data yang terdapat di dalam jendela info aplikasi.
  • Terakhir, Anda pastikan pula untuk memilih memakai data yang terdapat di latar belakang yang telah aktif seperti. jika semua langkah dilakukan maka sudah selesai.

Maka dari itu, Anda dapat memeriksa apakah WhatsApp memang bisa menerima pesan walaupun memang sudah ditutup. Langkah-langkah yang digunakan pun tidak terlalu rumit. Jadi anda tidak akan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk mencari solusi supaya WhatsApp cepat masuk.

Jika pesan masih lambat untuk masuk atau memang belum masuk bila WhatsApp belum dibuka, jangan lupa coba cara di bawah ini

  • Padamkan Mode Hemat Daya. Mode hemat daya yang terdapat pada ponsel Android memang sebenarnya bekerja yaitu dengan cara menutup seluruh aplikasi yang sedang berjalan ada latar belakang, akan tetapi mungkin aplikasi yang diperlukan oleh sistem Android tersebut sendiri. Sehingga jika aplikasi WhatsApp tiba-tiba tidak bisa memperoleh pesan masuk meskipun belum dibuka, Anda memang perlu curiga pada pengaturan mode baterai yang Anda inginkan. Jika Anda sebelumnya telah mengaktifkan mode hemat daya, sebaiknya memang kembalikan pengaturannya ke mode default dengan langkah sebagai berikut:
  • Buka terlebih dahulu menu setelan atau pengaturan yang terdapat di ponsel Anda.
  • Pilih pula menu baterai.
  • Pada menu yang terdapat di baterai, jangan lupa untuk menonaktifkan mode penghemat yang ada daya cerdas kemudian mode hemat daya yang super.
  • Bila telah mengerjakan semua itu akan selesai.

cara di atas memang khususnya bagi pengguna ponsel dengan sistem operasi Android merek Oppo seri A5s. Tentunya akan sangat mudah bagi para pengguna Oppo dengan tipe yang lainnya juga. Jika menggunakan cara tersebut karena sangat sederhana dan tidak perlu repot-repot untuk ke tempat service jika mengalami suatu kendala di bagian WhatsApp.

Untuk para pengguna hp lain, silahkan pula untuk sesuaikan dengan antar menu yang terdapat pada pengaturan masing-masing. Sehingga langkah-langkah tersebut memang sangat bisa digunakan untuk ponsel yang lainnya. Jadi cara sederhana tersebut sudah bisa menjadi solusi jika memang permasalahan tersebut terletak pada hal yang telah dipaparkan itu.

  • Padamkan Mode Hemat Data. Selain dapat menonaktifkan mode untuk hemat daya, maka dari itu mode hemat data memang sebaiknya dipadamkan bila memang sebelumnya telah diaktifkan. Sebab, mode hemat data tersebut akan mengakibatkan aplikasi tertentu akan kehilangan koneksi utamanya ketika berjalan pada latar belakang. Dengan demikian harus diperhatikan bahwa mode hemat ini juga akan sangat mengganggu apabila ingin memiliki stabilitas di bagian koneksi untuk aplikasi WhatsApp.

Tentunya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk mengaktifkan data di bagian mode hemat ini untuk ponsel Android. Sebab, memang permasalahan pesan pada WhatsApp yang lelet masuk tentu tidak dialami orang secara terus-menerus. Jadi, ada kalanya hal itu terjadi.

Langkah dalam menonaktifkan mode seperti hemat data yang terdapat pada ponsel Android, langkahnya juga sangatlah mudah seperti berikut ini:

  • Buka terlebih dahulu menu pengaturan yang terdapat pada ponsel Anda.
  • masuk pada menu seperti kartu dual sim.
  • Geser pada bagian bawah, kemudian jangan lupa masuk pada bagian menu hemat data.
  • Pada jendela menu, jangan lupa Anda untuk menonaktifkan mode hemat data. 
  • Setelah semua itu diikuti dengan benar maka sudah selesai.

Sekali lagi langkah di atas juga dipaparkan berdasarkan antar muka yang terdapat pada menu pengaturan pada ponsel Oppo.

Hanya perlu untuk menyesuaikan saja jika Anda memakai hp merek lain.

Tunggu pula peringatan WA telah hidupp. Kita memang biasanya mengetahui terdapat pesan masuk yakni melalui akun WhatsApp dengan memperhatikan notifikasinya. Sehingga pastikan notifikasi WhatsApp ini juga telah Anda aktifkan supaya tidak telat mengetahui terdapat pesan masuk pada WhatsApp.

Memang pada saat notifikasi WhatsApp itu datangnya terlambat pasti ada beberapa pekerjaan yang memang membutuhkan ketepatan waktu akan sangat terganggu dan terkendala. Jadi supaya notifikasi WhatsApp masuk dengan cepat dan pesan whatsapp dapat diterima dengan waktu yang tepat. Maka dari itu, jangan lupa untuk menggunakan langkah-langkah tersebut.

Berikut merupakan langkah mengatur notifikasi WhatsApp:

  • Jalankan terlebih dahulu menu pengaturan.
  • Jangan lupa untuk buka menu notifikasi dan juga bilah status.
  • Buka terlebih dahulu menu notifikasi.
  • Cari kemudian pilih aplikasi seperti WhatsApp.
  • Terakhir, jangan lupa untuk atur opsi notifikasi yang terdapat pada aplikasi WhatsApp.
  • Maka saat setiap langkah diikuti asrinya akan mudah selesai.
  • Sampai di sini memang seharusnya WhatsApp juga dapat menampilkan notifikasi ketika ada pesan yang masuk.

Hapus Data Cache yang terdapat pada aplikasi WhatsApp

Selain guna mengatasi pesan seperti halnya WhatsApp yang belum masuk, guna menghapus data chace WA juga dapat dijadikan solusi guna mengatasi WhatsApp belum bisa untuk panggilan.

Adapun terdapat masalah pesan seperti halnya WhatsApp yang belum masuk, kemudian menghapus data cache tersebut Berguna dalam membersihkan WhatsApp yakni dari file–file sampah yang dapat saja mengakibatkan bug.

Chace yang terdapat pada WhatsApp memang perlu untuk dihapus di bagian pengaturan. Supaya tidak terlalu berat biasanya memang WhatsApp lemot dikarenakan chace yang sangat banyak. Akan tetapi, juga cek periksa bagian cache di aplikasi lainnya siapa tahu ponsel lemot karena keberatan dari aplikasi yang lainnya.

Guna menghapus data untuk cache WA, Anda juga dapat ikuti cara-cara di bawah ini:

  • Buka terlebih dahulu menu pada pengaturan.
  • Masuk pada bagian manajemen aplikasi.
  • Jangan lupa untuk pilih dan buka aplikasi yang ingin dituju yaitu WhatsApp.
  • Dalam jendela info yang terdapat pada aplikasi WhatsApp, silahkan pula untuk ketuk opsi pada penggunaan memori.
  • Kemudian yang terakhir Anda juga jangan lupa hapus data chace WA yakni dengan mengetuk pada bagian label hapus chace. 
  • Setelah semua diikuti maka akan selesai.
  • Lalu jangan lupa pula untuk menghapus chace yang terdapat pada aplikasi WhatsApp. Hal itu juga dapat dijadikan solusi dalam mengatasi WhatsApp yang belum bisa video call.

Maka, sesekali Anda yang memang butuh melakukan penghapusan seperti data chace.

Pembaruan WhatsApp

Berikutnya guna mengatasi kenapa pesan yang terdapat pada WhatsApp, tentu tidak masuk ketika hp mati, Anda dapat coba untuk memperbarui aplikasi yang terdapat pada WhatsApp.

Update aplikasi yang ada di ponsel memang harus dilakukan secara berkala karena memang biasanya aplikasi-aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur tambahan atau juga ada hal yang baru jadi apabila masih menggunakan aplikasi WhatsApp. Dengan tampilan yang lama tentunya akan sangat lelet. Sehingga Anda harus mengecek Apakah WhatsApp harus diperbarui atau tidak melalui play store ataupun juga notifikasi yang biasanya muncul.

Untuk yang belum tahu cara dalam update WhatsApp, langkahnya sangat mudah simak pemaparannya:

  • Buka terlebih dahulu aplikasi seperti Google Playstore.
  • Pada kolom pencarian untuk bagian Playstore, jangan lupa untuk cari aplikasi WhatsApp.
  • Pilih juga aplikasi WhatsApp yang asli.
  • Pada jendela detail di bagian aplikasi, maka silahkan ketuk untuk bagian tombol update. 
  • Setelah semua itu dilakukan maka akan selesai.

Memperbarui WhatsApp juga memang perlu dilakukan guna menghilangkan error maupun juga bug yang terdapat pada sistem WhatsApp.

Barangkali, bug maupun juga error itulah yang menjadikan WhatsApp akan memeriksa pesan baru secara terus menerus hingga pesan akan telat masuk.

Maka dari itu, memperbarui aplikasi WhatsApp juga bisa berpotensi Anda guna memperoleh tambahan fitur-fitur yang baru.

Install Lagi Aplikasi WhatsApp

Yang terakhir bila memang masalah terdapat pada pesan WA yang belum masuk dan kurang bisa juga teratasi dengan langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat hapus aplikasi WhatsApp lalu install ulang.

Langkah ini dapat menjadi solusi yang paling utama dalam mengatasi seluruh masalah yang terdapat pada aplikasi WhatsApp. Begitu pula dengan pesan yang belum atau lama masuk.

Menginstal ulang aplikasi WhatsApp memang caranya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu untuk menghapus kemudian kembali lagi untuk menginstal aplikasi tersebut. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa ada beberapa data yang bisa saja terhapus dengan demikian anda harus memperhatikan hal itu.

Akan tetapi, sebelum menginstall ulang aplikasi WhatsApp, memang sebaiknya untuk cadangkan terlebih dulu seluruh data yang terdapat pada aplikasi WhatsApp.

Lalu, jangan lupa untuk hapus kemudian pasang lagi aplikasi WhatsApp yakni dengan cara sebagai berikut:

  • Hapus terlebih dahulu aplikasi WhatsApp. Langkah tersebut bisa lewat menu yang terdapat pada menu pengaturan atau juga lewat Playstore.
  • Sesudah itu jangan lupa untuk install lagi aplikasi seperti halnya WhatsApp yang memang baru.
  • Login yaitu dengan menggunakan nomor WhatsApp yang sebelumnya.
  • Restore yang terdapat pada data WhatsApp yang telah Anda backup tadi.
  • Maka jika semuanya sudah dilakukan pastinya akan selesai.
  • Sampai sini, jangan lupa pula untuk coba minta teman guna mengirim pesan teks maupun juga file media pada akun WhatsApp Anda.

Dan, memang pada dasarnya sekarang seluruh pesan telah mampu untuk masuk pada akun WA Anda tidak perlu pula untuk dibuka terlebih dahulu.

Penutup

Itulah sejumlah cara dalam mengatasi pesan yang terdapat pada WhatsApp yang belum masuk bila tidak dibuka. Tentunya dengan cara-cara sederhana tersebut akan membuat Anda tidak perlu lagi untuk pergi ke tukang service. Dengan memperbaikinya sendiri juga hal itu dapat merusak ponsel lebih parah lagi.

Sekali lagi, langkah di atas dapat dipakai pada seluruh hp Android baik itu Xiaomi, Vivo, Realme, Oppo, Samsung, bahkan di iPhone. Tentunya Anda yang memiliki ponsel tersebut dan mengalami kerendahan-kendala yang ada akan lebih mudah. Sebab, cara-caranya akan lebih bisa diterapkan untuk pengguna ponsel dengan sistem iOS maupun juga Android.

Sumber gambar: pexels free images