Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Video Call

Salah satu bagian dari fitur unggulan yang dimiliki WhatsApp yaitu fitur yang berupa panggilan video maupun juga video call. Jadi, hal itu akan memudahkan para penggunanya untuk berhubungan dengan teman-teman atau juga keluarga.

Dengan adanya fitur tersebut, kita juga bisa melakukan video call yang pastinya sangat memungkinkan kita dalam bertatap muka secara langsung yakni dengan para lawan bicara.

WhatsApp saat ini merupakan aplikasi yang banyak digandrungi oleh masyarakat dunia sehingga tidak jarang orang-orang menggunakan itu di ponsel. Baik itu yang sistem Android maupun juga yang iOS. Dengan demikian banyak juga orang yang mengalami berbagai macam permasalahan apalagi di bagian video call.

Akan tetapi, memang terkadang fitur ini sering secara tiba-tiba tidak dapat digunakan seperti yang disesalkan oleh beberapa pengguna. Tentunya itu akan sangat mengganggu aktivitas yang ingin dilakukan. Tidak jarang juga fitur tersebut bahkan tidak bisa digunakan sama sekali tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi.

RajaBackLink.com

Agar dapat dipakai kembali, kita pastinya perlu mencari tahu kemudian juga berusaha dalam cara guna mengatasi WhatsApp tidak bisa digunakan untuk video call.

Memang penyebab tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp apalagi di bagian fitur video call ini memiliki berbagai macam kendala tertentu. Sehingga setiap ponsel tidak akan sama permasalahannya. Jadi, Anda sebaiknya memang harus mencari terlebih dahulu permasalahan tersebut agar nantinya lebih mudah untuk mencari solusi yang terbaik.

Alasan Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Dimanfaatkan untuk Video Call

Pada beberapa kasus video call WhatsApp memang tidak berfungsi. Hal itu umumnya terdapat sejumlah hal yang merupakan penyebabnya. Maka hal itu juga perlu untuk diperhatikan.

Berikut merupakan penyebab video call dari WA gagal atau belum bisa dipakai yang dimaksud diantaranya:

  • izin dalam rangka untuk mengakses kamera tentunya belum juga diaktifkan. Hal tersebut biasanya memang ada pada ponsel yang menggunakan sistem operasi Android seperti halnya Lollipop. Maka dari itu perlu untuk mengeceknya.
  • Pada ponsel dengan versi Android yang sama juga dengan ada yang di atas, hal itu tentunya memiliki penyebab berikutnya karena WhatsApp belum diizinkan dalam mengakses mic yang ada pada perangkat smartphone. Maka dari itu perlu untuk mengeceknya terlebih dahulu. Sehingga jangan panik juga.
  • Akun WhatsApp bisa berpotensi diblokir oleh pengguna lain. Maka dari itu perlu untuk diperhatikan. Sehingga tidak akan mengalami masalah. Jika ingin menggunakan mic memang perlu dulu untuk mengecek dibagian pengaturan. Takutnya ada fitur yang tidak bisa aktif secara otomatis.
  • Koneksi internet kurang stabil atau juga terputus. Hal itu memang perlu juga dicek agar apa yang diinginkan dilakukan jadi batal. Maka pastikan koneksi internet aman.
  • Terjadi error atau ada juga bug yang terdapat pad aplikasi WA. Jika sudah terjadi seperti itu memang agak susah untuk menggunakan fitur yang ada. Sehingga perlu untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Kalian sudah tahu bukan beberapa penyebab yang seringkali terjadi. Pada dasarnya secara umum itu saja yang menjadi penyebab dari suatu fitur video call WhatsApp yang kurang berfungsi dengan baik.

Solusi Agar Bisa Menggunakan WhatsApp Video Call

Sekarang sudah saatnya masuk ke bagian solusi dalam mengatasi WhatsApp yang belum bisa untuk melakukan video call. Anda tentunya tidak ingin berlama-lama menunggu penggunaan video call tersebut bisa berfungsi dengan baik lagi. Tentunya bisa menggunakan cara-cara berikut agar segala aktivitas pun berjalan dengan lancar.

Apalagi pada saat penggunaan video call kemudian tiba-tiba fitur tersebut tidak bisa digunakan sehingga. Anda pun akan tidak bisa berkomunikasi lagi dengan demikian anda bisa menggunakan cara-cara sederhana akan tetapi biasanya ampuh.

Perbarui maupun juga bisa Install Ulang Aplikasi seperti WhatsApp ini. Memang dari serangkaian penyebab yang ada di atas, tentunya untuk menjadikan fitur video call WA akan berpotensi untuk normal kembali. Maka para pengguna juga bisa mengatasi penyebab tersebut dengan satu persatu.

Agar mudah untuk dipahami maupun juga diikuti, berikut ini akan diurutkan cara dalam mengatasi WhatsApp yang belum bisa video call yakni berdasarkan sebab-sebab yang ada di atas:

  • Aktifkan Izin Akses ke Kamera

Sebagaimana telah diketahui bahwasannya WhatsApp memerlukan dukungan kamera depan ketika kita sedang mengaktifkan fitur seperti video call.

Oleh sebab itu, WhatsApp perlu juga diizinkan dalam mengakses kamera yang terdapat di ponsel Anda supaya video call dapat berjalan lancar. Dengan demikian segalanya akan bisa dipermudah.

Berikut ini adalah cara dalam memberi izin WhatsApp dalam mengakses kamera:

  • Buka terlebih dahulu menu yang terdapat di dalam pengaturan ponsel Anda.
  • Geser terlebih dahulu ke bawah kemudian buka pula menu yang terdapat di manajemen aplikasi. Supaya mempermudah proses selanjutnya.
  • Ketuk pula aplikasi WhatsApp. Hal itu dilakukan guna membuka menu info yang terdapat pada aplikasi.
  • Sesudah itu ketuk pula opsi izin yang terdapat di bagian pada aplikasi.
  • Untuk yang terakhir, maka pastikan izin yang terdapat pada kamera dalam aplikasi WhatsApp telah diizinkan seperti halnya gambar yang terdapat di atas. Maka seluruh cara tersebut sudah selesai dan WhatsApp video call bisa digunakan.

Selain pada pengaturan izin aplikasi WA dalam mengakses kamera di atas, hal itu berdasarkan percobaan yang dilakukan pada ponsel android. Sehingga bagi Anda yang menggunakan ponsel Android untuk dapat mencobanya secara langsung. Memang hal tersebut juga disesuaikan dengan permasalahan yang mendasari itu bisa terjadi.

Bisa juga di ponsel dengan tampilan aplikasi setting kemudian pada urutan pada menu-menunya yang juga berbeda. Sehingga kalian bisa mencobanya ke ponsel memang dirasa sangat lelet dalam melakukan video call.

Oleh Sebab itu, silahkan pula sesuaikan terlebih dahulu dengan menu yang terdapat pada pengaturan yang terdapat di ponsel Anda. Sehingga fitur video call ini akan mudah untuk dioperasikan.

  • Aktifkan bagian Izin Akses yang terdapat pada Mic. Selain itu juga, dalam memberi izin pada aplikasi WhatsApp ini dalam mengakses kamera, supaya fitur video call dapat berjalan yakni sesuai pula dengan fungsinya. Anda memang perlu juga dalam mengaktifkan izin yakni guna mengakses mic.
  • Cara dalam mengaktifkan izin pada mikrofon ini memang tidak jauh berbeda yakni dengan cara dalam mengaktifkan izin pada akses yang terdapat pada kamera di atas.

Berikut merupakan langkah-langkahnya yang dapat dilakukan:

  • Ulangi terlebih dahulu langkah pertama itu sampai langkah yang keempat yang sudah disebutkan diatas.
  • Lalu sesudah masuk yang terdapat pada menu izin aplikasi, tentunya juga pastikan izin pada akses mikrofon telah diaktifkan. Maka hal itu tentunya akan mempermudah kalian dalam menghidupkan fitur mic yang terdapat pada aplikasi tersebut.
  • Bila bagian yang bertuliskan izin akses ke mic ini sudah aktif, tentunya ketika melakukan panggilan pada saat memakai aplikasi WA, suara kalian tidak dapat didengar oleh PD penerima panggilan. Pastinya hal itu yang diinginkan oleh semua orang. Aktivitas juga sudah bisa dilanjutkan.

Apakah Akun pada WhatsApp Memang Diblokir?

WhatsApp tidak dapat melakukan video call juga bisa dikarenakan akun WhatsApp tersebut sudah diblokir dari orang lain. Maka dari itu, perlu juga untuk memperhatikannya. Agar semua usaha yang telah dilakukan di atas jadi tidak sia-sia. Sebab, percuma saja jika hal itu terus dilakukan bila akun memang diblokir.

Supaya bisa mengetahui apakah nomor WA Anda memang diblokir oleh seseorang, langkahnya sangat mudah hal itu bisa dilihat berikut ini:

  • Anda belum bisa melihat status online pada akun WA yang sudah memblokir Anda. 
  • Foto pengguna dari WA pada mereka yang memblokir Anda tentunya tidak terlihat
  • Ketika mengirim chat seperti tanda centang selalu saja hasilnya centang 1.
  • Anda juga tidak bisa melakukan panggilan. Hal itu seperti panggilan suara maupun juga video.

Bila Anda menemukan ciri-ciri seperti yang sudah dipaparkan, itu tandanya kontak maupun juga akun WA itu memang telah memblokir akun yang terdapat pada WhatsApp Anda.

Jangan lupa pula memeriksa Jaringan Internet yang terdapat di Ponsel Anda. Koneksi internet memang juga menjadi salah satu dari komponen penting ketika Anda memakai WhatsApp, apalagi ketika memakai fitur video call nya.

Oleh sebab itu, bila WhatsApp belum bisa dipakai video call, tentu bisa jadi penyebabnya seperti jaringan internet Anda yang memang sedang mengalami gangguan. Jadi, perlu kesabaran yang ekstra sehingga jangan terlalu panik. Nanti setelah jaringan kembali normal Anda baru cek kembali di bagian pengaturan.

Oleh sebab itu guna mengatasi masalah tersebut, silahkan pula memakai simcard yang memiliki jaringannya stabil yang ada di daerah Anda. Agar video call dengan orang yang ingin dituju akan bisa lancar.

Anda juga bisa melakukan dengan mencoba menghubungkan ponsel Anda yaitu pada jaringan wifi yang juga lumayan stabil. Kemudian cek apakah fitur seperti halnya video call sudah dapat dipakai atau tidak. Tentu itu akan bisa menunjukkan apakah memang fitur tersebut bisa aktif atau tidak.

Bila memang ternyata fitur video call tersebut berjalan normal sesudah terhubung melalui jaringan wifi, tentunya dapat disimpulkan bahwa kartu maupun juga simcard Anda lah yang perlu untuk diganti.

Dengan demikian Anda harus perlu memperhatikan sim card agar nantinya tidak bermasalah dengan aplikasi WhatsApp. Sehingga fitur seperti video call ini akan berfungsi dengan baik. Maka tidak akan mengganggu aktivitas anda Baik itu untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun juga teman-teman.

Hapus Force dan Chace Close yang ada di Aplikasi WhatsApp

Langkah sederhana ini memang juga bisa dibilang terkadang berhasil dalam mengatasi WhatsApp yang belum bisa untuk melakukan video call.

Menurut sumber yang memang terpercaya, langkah ini juga perlu dilakukan supaya menghilangkan error. Hal itu diakibatkan menumpuknya file yang terdapat di dalam media penyimpanan secara sementara yang terdapat pada aplikasi WhatsApp.

Langkah dalam menghapus data chace maupun juga force close yang terdapat pada aplikasi WhatsApp berikut ini:

  • Masuk terlebih dahulu pada menu pengaturan ponsel. Supaya mengetahui tempat untuk penghapusan chase.
  • Kemudian buka pula menu manajemen yang terdapat di aplikasi. Setelah itu, Anda jangan lupa ketuk aplikasi WhatsApp tersebut.
  • Jangan lupa pada jendela info aplikasi langsung saja ketuk menu di pemakaian memori.
  • Sesudah itu, silakan pula untuk ketuk opsi yang terdapat pada hapus chace.
  • Selain untuk force close yang terdapat pada jendela info di aplikasi jangan lupa ketuk pilihan di paksa berhenti. Setelah itu selesai.

Maka sampai di sini seluruh data cache yang terdapat pada WA tentu saja sudah dibersihkan. Silahkan pul lihat hasilnya dengan mencoba kembali fitur panggilan suara yang terdapat pada WhatsApp.

Perbarui maupun juga Install Ulang Aplikasi WhatsApp 

Langkah yang terakhir dalam mengatasi WhatsApp yang belum bisa video call yakni meng-update aplikasi WhatsApp dengan versi yang terbaru. Hal itu tentunya dalam upaya supaya bisa menggunakan fitur yang terdapat di dalam WhatsApp. Terutama video call sangat tidak mengenakkan apabila video call tersebut tidak bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Memang biasanya WhatsApp akan lelet jika aplikasi tersebut belum diperbarui. Tentunya akan mempengaruhi fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi juga. Maka dari itu, Anda harus memperbarui secara rutin. Agar bisa menggunakan fitur video call sehingga bisa melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat.

Atau kalau memang Anda ingin cara yang termasuk ekstrim, Anda juga dapat langsung ganti saja aplikasi yang terdapat pada aplikasi WhatsApp yang sudah terinstall saat ini dengan menggunkan aplikasi WA yang baru.

Akan tetapi, sebelum menghapus aplikasi seperti WhatsApp ini, sebaiknya memang lakukan dulu suatu pencadangan maupun backup data WA. Hal itu dilakukan dalam rangka untuk menyelamatkan data-data yang ada.

Siapa tahu anda menyimpan data-data penting di dalam WhatsApp. Sehingga hal itu perlu diamankan agar nantinya tidak menyesal setelah menginstal dengan yang baru. Jadi, semuanya akan hilang. Dengan demikian aktifkan juga dekat file guna menyelamatkan data.

Setelah itu juga, jangan lupa untuk uninstall aplikasi WA maupun juga install ulang melalui Google Playstore. Biasanya memang aplikasi WhatsApp ini harus dilakukan pembaruan secara berkala. Maka dari itu, Anda harus melihat juga pemberitahuannya agar nanti lebih mudah dalam menggunakan aplikasi tersebut. Jadi, fitur video call juga akan lancar.

Pada dasarnya sesudah melakukan langkah di atas, fitur pada video call WhatsApp tentunya akan normal dan dapat digunakan kembali.

Penutup

Nah, itulah cara dalam mengatasi WhatsApp tidak dapat melakukan video call pada Android ini. Hal tersebut lebih dari cukup dalam membuat fitur video call yang terdapat pada WA normal kembali.

Memang pada saat aplikasi lelet ataupun video call tidak bisa berfungsi dengan baik. Hal itu tentu saja sangat menyebalkan apalagi dalam keadaan darurat. Sehingga perlu untuk dilakukan suatu pengecekan tertentu. Apalagi hal itu baru dialami Anda tentunya akan sangat merasa ketakutan dan khawatir.

Silahkan diikuti satu per satu hingga masalah tersebut teratasi. Memang untuk mengembalikan aplikasi tersebut supaya tidak lelet hanya memerlukan kesabaran tertentu. Sesuai dengan tingkat keparahan dari permasalahan tersebut dialami. Jadi juga Anda perlu untuk menemukan permasalahan tersebut sehingga dapat teratasi dengan sebaik mungkin.

Akan tetapi, jangan lupa pula cara di atas dapat Anda terapkan dengan baik guna mengatasi fitur video call WhatsApp yang tidak bisa dipakai. Baik di Android dengan merek Xiaomi, Oppo, Samsung, bahkan hp iPhone.

Meskipun ternyata WhatsApp Anda tetap juga tidak dapat melakukan video call, kemungkinan terdapat masalah lain yang jalan keluarnya mungkin bisa dilakukan dengan beberapa cara tersebut.

Sumber gambar: pexels free images