Urutan 12 Film X-Men dari Awal Hingga Terbaru

Saat dirilis dari pertama kali sekitar 20 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2000, X-Men sudah menjadi bagian dari seri super hero yang sangat digemari pecinta story foto profil, storym, file foto profil, khususnya juga marvel. Bagi para penonton baru yang mau untuk menonton X-Men, bisa jadi akan lumayan kebingungan dengan adanya timeline-nya.

Apabila dilihat berdasarkan waktu dari perilisannya, film dari serial super hero tersebut dimulai pada X-Men yang diluncurkan tahun 2000 lalu ada X2 (2003), The Wolverine (2013), X-Men: Days of Future Past (2014), Deadpool (2016), Deadpool 2 (2018), X-Men: The Last Stand (2006), X-Men Origins: Wolverine (2009), X-Men: First Class (2011), maupun juga Dark Phoenix (2019). 

Apabila berdasarkan timeline kamu bisa memulai menonton X-Men: First Class lebih dulu yang memiliki setting waktu di tahun 1962. Kemudian karena adanya kejadian pada X-Men: Days of Future Past, waktu pada film X-Men menjadi beberapa pilihan timeline yang mengakibatkan beberapa kejadian pada timeline agak lama untuk berubah. 

Rekomendasi Film X-Men Berdasarkan Timeline

Berikut adalah urutan film X-Men yaitu berdasarkan timeline maupun sneak peek setiap serinya:

RajaBackLink.com

1. X-Men: First Class (2011)

Muncul pertama kali dengan dengan X-Men: First Class, di tahun 1962 yaitu dengan setting Profesor X serta Magneto yang masih muda. Dikisahkan awal pertemuan dari Charles Xavier dengan Erik Lensherr, sesaat sesudah Erik kehilangan sosok ibu yang telah dilenyapkan oleh ilmuan yang kejam yaitu dikenal dengan Sebastian Shaw. 

Mulai saat itu mereka berdua bersama seperti halnya kakak dan adik. Sampai mereka keduanya menginjak usia dewasa, ketika itu Charles sudah berhasil merampungkan kuliahnya yang ada di Oxford melalui penelitiannya mengenai mutan.

Pada sisi yang lain Sebastian Shaw juga mulai untuk menjalankan rencana yang jahat dalam memicu untuk peperangan nuklir di antara Uni Soviet dengan Amerika dengan memberi keyakinan ke beberapa orang supaya mendukung rencananya itu.)

Apabila rencana Sebastian Shaw sukses, maka bisa dipastikan seluruh manusia normal bisa menghilang lalu tergantikan dengan makhluk mutan. Erik serta Charles kembali untuk bertemu pada misi dalam menghentikan Shaw beserta rencana jahatnya setelah mereka sempat untuk terpisah. 

2. X-Men: Days of Future Past (2014)

Pada tahun 2023, para mutan yang telah dicari untuk dilenyapkan oleh robot jenis pembunuh yang dikenal dengan Sentinel. Sentinel yang mempunyai kemampuan yang tak cuma mampu mendeteksi gen seperti mutan, tetapi juga bisa meniru serta menyerap kekuatan dari mutan. Hal tersebut mengakibatkan jumlah dari para mutan hampir punah.

Para mutan yang masih ada, termasuk juga Wolverine, Kitty Pryde, Professor X, dan lainnya sepakat dalam mengirim orang untuk ke masa lalu, yaitu tepatnya di tahun 1973 sebelum para Sentinel diciptakan. Pada mulanya Kitty ragu dalam mengirim seseorang untuk ke puluhan tahun lalu, sebab nanti bisa merusak otak orang tersebut.

Wolverine akhirnya yang mengajukan diri. Kekuatannya yang bisa menyehatkan diri sendiri dengan sangat cepat. Maka dengan itu, pasti mungkin otaknya baik – baik saja. Misinya ialah menjadikan Professor X beserta Magneto yang lagi bersitegang untuk kembali rukun. Apabila Wolverine sukses bisa jadi masa depan dapat berubah, termasuk tak akan ada penciptaan untuk Sentinel yang dapat membunuh mutan. 

3. X-Men Origins: Wolverine (2009)

X-Men Origins: Wolverine yang bersetting di tahun 198, menceritakan tentang perjalanan hidup dari Logan sebelumnya bergabung dengan para X-Men. Logan yang masih kecil besar dengan saudara laki-lakinya bernama Victor Creed dalam masa pelarian. Mereka kemudian direkrut yaitu dari William Stryker ke Team X. 

Akibat hal tersebut, keduanya justru bersitegang serta bermusuhan. Keduanya bahkan sempat untuk bertarung hingga Victor berhasil menang dari pertandingan itu yaitu dengan mematahkan cakar dari tulang punya Logan. Sesudah kejadian tersebut, Stryker menjadikan Logan supaya menjadi bahan percobaan yaitu dengan memasukkan bahan yang bersifat keras pada tubuh Logan.

Pada percobaan itu cakar tulang dari Logan jadi lebih keras serta tajam. Akan tetapi, belakangan ia baru sadar bahwa percobaan yang dikerjakan padanya adalah dalam rangka menciptakan Weapon X yang merupakan mutan terkuat. Logan juga mencoba dalam melawan Weapon X, bersama saudaranya yaitu Victor. Namun, sayang Logan tertembak peluru bahan adamantium pada kepalanya yang mengakibatkan dirinya bisa kehilangan ingatan di akhir film.

4. X-Men: Apocalypse (2016) ~ Alternate Timeline

Pada pembahasan yang sebelumnya akibat dari adanya kejadian X-Men: Days of Future Past, timeline pilihan muncul agar timeline lama berganti. Sebab, kejadian X-Men Apocalypse bisa menjadi alternate timeline yang siap merubah timeline X-Men Origins: Wolverine.

Pada saat Logan sukses kembali di masa lalu, ada suatu kejadian dimana ia dilemparkan ke suatu danau yaitu oleh Magneto serta berhasil diselamatkan William Stryker yang kemudian akan melahirkan Weapon X. Ketika dibawa serta dipenjara oleh Stryker, Logan pun terkena amnesia. 

Untung ia diselamatkan Jean, Scott, beserta Kurt. Sehingga ketiganya berhasil untuk melarikan diri pada markas Stryker. Kemudian Apocalypse ialah mutan tertua yang berada di dunia dan berasal dari Mesir. Ia kembali hidup bersama para mutan pengikutnya, yaitu Four Horsemen yang terdiri dari dan Magneto, Angel, Psylocke, dah Storm. Apocalypse serta Four Hosemen tersebut berencana membentuk sebuah dunia baru. 

Pertarungan yang rumit antara Apocalypse maupun X-Men terjadi sehingga adanya korban jiwa, agar menghentikan rencana yang jahat Apocalypse dalam memusnahkan umat manusia.

5. X-Men: Dark Phoenix (2019)

Pada X-Men: Dark Phoenix, para anggota X-Men yakni, Jean Grey, Raven, Beast, Storm, Quick Silver, Cyclops, dan Nightcrawler menperoleh misi dalam menyelamatkan sekumpulan astronot yang ada di luar angkasa yang dikarenakan suatu fenomena alam dikenal dengan solar flare. 

Misi dari penyelamatan tersebut tidak berjalan mulus dikarenakan solar flare tersebut perlahan mendekat di tempat beradanya para astronot, sampai mengancam jiwa serta keselamatan mereka. Kabar baiknya dengan adanya kekuatan yang dipunyai oleh Jean Grey, sekelompok astronot itu bisa diselamatkan.

Akan tetapi sayang, Jean Grey diterpa paparan dari solar flare tersebut yang merupakan suatu kekuatan kosmik dikenal dengan Phoenix. Hebatnya nyawa dari Jean Grey bisa bisa selamat tak ada luka sedikitpun walaupun awalnya ia hampir disangka sudah tewas.

Tentu saja memiliki dampak yang akibat kejadian tersebut. Kekuatan dari Phoenix tak cuma menambah kekuatan dari Jean Grey, tetapi pada saat yang sama fisikisnya terguncang. Emosi dari Jean Grey perlahan tak stabil semenjak pulang dari luar angkasa bahkan jadi membahayakan orang – orang seperti mutan dan manusia yang ada di Bumi. Ia juga perlahan kehilangan keyakinan pada para member X-Men. 

6. X-Men (2000)

Dari masa ke masa manusia yang telah berevolusi jadi mutan banyak bertambah. Para mutan ini bisa melakukan tindakan yang susah untuk dipahami oleh logika. Akibat ada perbedaan yang sangat tajam di antara mutan dengan manusia normal, para mutan biasanya memperoleh diskriminasi.

Mereka diancam dan dijauhi sampai pada tahap dikucilkan para manusia. Hal tersebut menyebabkan banyak di antara mutan yang menilai bahwa manusia ialah suatu ancaman dan ada keinginan menumpas habis kaum manusia. Padahal tak semua manusia seperti yang telah mereka sangka. Mereka cuma belum bisa mengerti satu sama lain.

Sehingga Magneto maupun para pengikutnya bersiap-siap merencanakan suatu hal yang bisa mengancam populasi para manusia. Magneto berniat dalam mengubah seluruh manusia yang masih tersisa jadi mutan, dengan cara memakai pencaran radiasi besar-besaran yang ada di New York.

Beruntung rencana jahat tersebut tak bisa terlaksana tanpa adanya Rogue. Rogue tersebut sedang ada di maskar X-Men dengan Logan, sesudah keduanya diamankan oleh anggota X-Men pada suatu.kecelakaan mobil. Professor X lalu memperkenalkan keduanya yaitu dengan para member X-Men lainnya.

Sayangnya, Rogue bisa diculik oleh ditangan Magneto. Para member X-Men pun sudah mempersiapkan diri untuk bertarung melawan Magneto beserta kawanannya. 

7. X2: X-Men United (2003)

Setelah selesai menghentikan Magneto maupun rencana jahatnya, akhir dari kehidupan manusia kembali normal. Akan tetapi, beberapa manusia ada yang belum bisa yakin dengan mutan sepenuhnya. Pada sisi yang lain Magneto juga telah dipenjara dalam suatu kurungan yang didesain supaya dia tak bisa memakai kekuatannya untuk melarikan diri. 

Meskipun demikian tak bermakna keadaan jadi aman terkendali sesudah Magneto dipenjara, justru ada permasalahan yang baru muncul. Di saat seorang mutan yaitu Nightwalker hadir dan mulai mencemaskan masyarakat dengan berbagai aksinya yang ingin melenyapkan presiden.

Hal tersebut menjadikan masyarakat gelisah, dan hadir pula suatu usulan seperti rancangan registrasi dari mutan. Banyak yang tak setuju dengan adanya hal itu. Baik dari para mutan hingga manusia. Mereka berargumen bahwa, adanya gagasan tersebut kebebasan maupun hak mutan bisa terbatasi. 

Pada kondisi seperti ini, Stryker yang sangat membenci mutan hadir dan mengompori orang – orang supaya rancangan tersebut bisa disetujui. Ia mulai memburu para mutan, meskipun beberapa berhasil lepas dari penangkapan tersebut.

Professor X kemudian memilih bekerja sama yaitu dengan Magneto yang akhirnya berhasil kabur dari penjara karena pertolongan dari anak buahnya, dalam mengalahkan Stryker serta menahan kepunahan mutan di muka Bumi.

8. X-Men: The Last Stand (2006)

X-Men: The Last Stand berfokus di suatu penemuan yang memiliki penawar bagi para mutan yang bisa melenyapkan gen para mutannya. Penawar tersebut diperoleh dari seorang anak laki-laki bernama Leech yang mempunyai kemampuan maupun DNA yang bisa menghilangkan gen mutan yang ada pada seorang mutan lalu membuatnya menjadi manusia normal. Informasi tentang penawar tersebut langsung tersebar sangat cepat lewat media massa, disertai pernyataan konfirmasi yang berasal dari suatu perusahaan farmasi yang menciptakan penawar tersebut. 

Hal tersebut menjadikan beberapa mutan merasa agak marah dan hal ini jadi kesempatan Magneto dalam membentuk kembali Brotherhood of Mutant. Pada sisi yang lain, Jean Grey yang terdapat pada film sebelumnya sudah tewas di danau Alkali lalu kembali hidup. Namun akibat dirinya sudah sepenuhnya dikuasai oleh Phoenix, ia lalu beralih ke sisi Brotherhood of Mutants.

Brotherhood berniat dan menculik dan melenyapkan Leech yang menurutnya menjadi sumber ancaman terbesar kaum mutan. Para member X-Men mau tak mau perlu bertarung menumpas kaum mereka sendiri yaitu Brotherhood of Mutants, serta menyelamatkan Leech yang tak bersalah.

Pertarungan sengit dari mereka pun berakhir sesudah Magneto lenyap kemampuannya sebab telah tertembak dari penawar berdosis tinggi, serta Jean Grey yang mati dibunuh oleh Logan.

9. The Wolverine (2013)

Beberapa saat setelah pertempuran dari mutan-mutan, Logan memilih untuk jadi pertapa di Yukon. Ia masih diselimuti oleh bayangan Jean Grey yang mati saat dibunuhnya pada pertempuran di beberapa waktu yang lalu. Saat di sana ia bertemu Yukio yang merupakan seorang mutan dan bisa meramalkan suatu kematian seseorang. 

Yukio merangkul Logan supaya menemui Ichiro Yashida, yaitu owner dari Yashida Industries, sekaligus pulanirang yang pernah diamankan oleh Logan pada ledakan ketika kejadian penyerangan bom atom yang ada di Nagasaki. Yashida memohon Logan supaya memindahkan kemampuan agar menyebuhkannya di dalam tubuh Yoshida yang memang sedang menyandang sakit Kanker. Akan tetapi, Logan menolak hal tersebut. 

Di keesokan harinya, Yoshida diberitakan sudah meninggal. Akan tetapi, segalanya ternyata merupakan awal dari jebakan Yoshida. Ia memalsukan kematiannya sehingga berusaha mengambil alih kemampuan Logan. Beruntung Mariko yaitu cucu Yoshida, ikut menolong Logan melawan Yoshida.

Berkat adanya hal itu, Logan mampu membunuh Yoshida. Sesudah kejadian itu, Logan terbang kembali ke Amerika dan membahas tentang perkembangan Sentinel yaitu dengan Profesor X serta Magneto.

10. Deadpool (2016)

Wade Wilson ialah seorang mantan tentara special force yang berpindah profesi sebagai tentara bayaran. Meskipun demikian, Wade Wilson cuma menerima pekerjaan dalam menolong orang – orang lemah. Suatu saat ia sedang bersantai di bar langganannya, seseorang datang dan menawarinya supaya a ikut pada sebuah eksperimen yang bisa menyembuhkan penyakit berupa kanker yang sedang ia derita, dan membuatnya mendapatkan suatu kekuatan super.

Wade Wilson yang sangat berharap bisa sembuh dari penyakit yang menyerang tubuhnya tersebut ia memilih untuk menyetujui penawaran orang tersebut. 

Saat di sana, Wade Wilson baru sadar akan beberapa hal. Percobaan yang dikerjakan tersebut ialah hal yang ilegal yang dioperasikan oleh para penjahat yang memiliki tujuan dalam memperoleh mutan ataupun manusia berkekuatan super yaitu dari percobaan tersebut.

Kemudian sesudah itu, para mutan hasil percobaan itu dijual pada penawar dengan dibandrol dengan budget yang cukup tinggi. Wade Wilson pun berusaha keras untuk melarikan diri dari tempat itu.

11. Deadpool 2 (2018)

Pada film keduanya, Deadpool memperoleh pekerjaan dalam melindungi seorang mutan kecil yaitu bernama Russell yang tak mampu menguasai kemampuannya sehingga menjadikan Russell cukup berbahaya. Ketika sebelumnya, ia sempat merasa frustasi dan kerapuhan yang menyebabkannya ia ingin segera untuk mengakhiri keabadiannya. Pada saat itulah Colossus datang dan membawanya menjadi bagian X-Men.

Wide Wilson awalnya menolak ajakan tersebut, tetapi sesudah bertemu dengan Russell, ia mempertimbangkan kembali tawaran dari Colossus tersebut. Pada sisi lain, Russell juga memang sedang diincar oleh seorang prajurit yaitu cyborg yang ada di masa depan bernama Cable.

Cable berencana membunuh Russel yang sudah membunuh keluarganya. Wide Wilson pun menawarkan lowongan untuk para mutan yang ingin bersama dalam timnya yang diberi nama dengan X-Force dalam melawan Cable. X-Force pun terkumpul dengan member yang terdiri dari Domino, Colossus, Negasonic Teenage Warhead, Deadpool, dan Bedlam. 

12. Logan (2017)

Belatar pada tahun 2029, di mana Logan yang kini bekerja yaitu sebagai seorang supir serta juga merawat Profesor X yang sangat tua dan mengalami penyakit demensia. Keduanya tinggal yaitu di suatu gudang tua dekat dengan Meksiko dan bersama dengan seorang mutan yaitu pelacak bernama Caliban.

Logan sendiri juga sudah tampak menua dan mulai berpenyakitan. Kehebatannya untuk menyembuhkan diri pun sudah menurun, ditambah lagi kebiasaannya yang memang sering mabuk – mabukan. Memang hampir 25 tahun lamanya, tak ada informasi tentang kelahiran mutan baru. Akan tetapi, suatu hari, seorang gadis yang masih kecil muncul.

Gadis itu bernama Laura, ia adalah seorang mutan yang ternyata merupakan hasil dari kloning Logan dan mempunyai kemampuan yang sama dengan milik Logan. Mereka lalu melakukan perjalanan panjang yaitu ke Eden, yang merupakan suatu tempat pengasingan yang lebih aman untuk para mutan yang telah selamat dari transigen.

Itulah urutan dari film serial super hero X-Men yang berdasarkan dengan timeline-nya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kejadian di X-Men: Days of Future Past, telah menghasilkan alternate timeline yang mengalihkan timeline lamanya. Kemudian kamu bisa menonton film X-Men lewat Disney Channel dan Amazon Prime serta Video secara legal.