4 Cara Mengembalikan Video yang Terhapus dengan Mudah

Bisa mengetahui cara mengembalikan video yang sudah terhapus di perangkat Anda memang penting. Apabila terjadi suatu insiden yang mengakibatkan daftar video yang sudah tersimpan di perangkat Anda terhapus, tentunya itu akan menjadi masalah besar apabila isinya adalah penting.

Cara mengembalikan video yang sudah terhapus pada perangkat Anda sebenarnya tidaklah sulit. Metode yang digunakan adalah hampir sama seperti cara untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di smartphone Anda.

Menghapus video secara tidak sengaja pada perangkat Anda memang bisa menjadi bencana yang besar bagi sejumlah orang. Terlebih, jika video yang terhapus itu adalah sangatlah berguna dan sangat dibutuhkan untuk orang tersebut.

Apabila musibah yang tidak menyenangkan ini terjadi pada Anda, maka jangan khawatir. Terdapat solusi dari masalah Anda ini. Terutama, jika Anda adalah pengguna smartphone yang berbasis Android.

RajaBackLink.com

Penasaran dengan caranya? Silakan Anda ikuti ulasannya di bawah ini dengan seksama!

Jika Anda telah menghapus sebuah item pada smartphone dan menginginkannya kembali, silakan diperiksa terlebih dahulu tempat sampah pada perangkat Anda itu. Biasanya, semua item yang telah dihapus akan berada di sana.

Apabila Anda bingung bagaimana cara memeriksa tempat sampah pada smartphone Anda, mari kita ulas caranya di bawah ini.

Berikut adalah cara mengembalikan video yang terhapus di smartphone Android Anda dengan menggunakan Google Photos.

  1. Silakan dibuka aplikasi Google Photos pada ponsel atau tablet Android Anda
  2. Terletak di bagian bawah, silakan klik “Library”, kemudian klik “Trash Delete”
  3. Sentuh dan tahanlah video maupun foto yang Anda ingin pulihkan
  4. Terletak di bagian bawah, silakan klik “Restore”.

Setelah langkah terakhir di atas Anda lakukan, maka video maupun foto yang ingin dikembalikan akan segera berada di aplikasi galeri ponsel ataupun pustaka di Google Photos Anda.
Pada album mana pun baik itu di galeri ponsel maupun Google Photos, maka video maupun foto yang ingin dikembalikan itu akan masuk di sana.

Tetapi, bagaimana jika item yang ingin Anda pulihkan itu sudah tidak ada di tempat sampah? Jika kondisi ini terjadi, maka kemungkinan besar item tersebut sudah terhapus secara permanen dari smartphone Anda.

Apabila video maupun foto yang sudah dihapus itu tidak ada lagi di tempat sampah, maka Anda tidak dapat memulihkannya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa video ataupun foto tidak dapat kembali dipulihkan pada smartphone Android Anda:

  1. Anda telah memindahkannya ke tempat sampah lebih dari waktu 60 hari yang lalu.
  2. Anda telah memindahkannya ke tempat sampah dan langsung mengosongkan tempat sampah itu.
  3. Anda telah menghapusnya secara permanen pada tempat sampah Anda.
  4. Anda telah menghapusnya secara permanen pada aplikasi Galeri di smartphone Android Anda dan tidak mencadangkannya terlebih dahulu di memori ponsel, Google Drive, maupun Goggle Photos Anda.

Untuk bisa menemukan dan memulihkan dengan mudah setiap video maupun foto yang telah terhapus, maka silakan aktifkan fitur pencadangan & sinkronisasi pada smartphone Android Anda.

Sekian, cara untuk mengembalikan video ataupun foto di smartphone Android Anda dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Kini, Anda tidak perlu lagi panik jika tidak sengaja menghapus video penting ataupun foto yang ingin Anda jaga pada smartphone Android Anda. Ikuti semua langkah mudah di atas dan Anda akan segera memperoleh kembali video maupun foto penting Anda tersebut!

 

***
Sumber Foto: Pixabay @JanBaby