Arti Upgrade dan Perbedaannya dengan Update

Istilah upgrade dan update sudah tak asing lagi di telinga kita apabila sedang membicarakan komputer atau gadget. Dalam penggunaan gadget kita pasti juga sering mendengar istilah demikian. Akan tetapi, meski terdengar sebagai istilah yang tidak asing, ternyata banyak yang belum mengetahui arti upgrade dan update yang sebenarnya. 

Banyak orang yang mengira upgrade dan update adalah istilah yang sama, padahal aslinya adalah istilah yang berbeda. Lalu, apa itu upgrade dan update? 

Secara bahasa dan istilah upgrade sering diartikan sebagai menaikkan, sedangkan update sering diartikan memperbaharui. Dari kedua pengertian tersebut sangat berbeda bukan. 

Mengenai pengertian secara umum, kedua istilah ini juga memiliki makna yang berbeda. 

RajaBackLink.com

 

Apa Itu Upgrade? 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berdasarkan istilah dan bahasa upgrade berarti menaikkan. Maksud menaikkan dalam dunia gadget adalah mengganti, mengubah, atau menaikkan ke suatu sistem atau perangkat yang lebih baikm lagi. Istilah upgrade sebenarnya memiliki arti yang cukup luas. Upgrade bisa menyangkut perangkat keras ataupun perangkat lunak. 

Contohnya, saya sudah memakai smartphone cukup lama dengan RAM 2 GB. Dua tahun berikutnya saya mengganti smartphone baru dengan RAM 4 GB. Kenaikan komponen inilah yang disebut dengan upgrade. 

 

Apa Itu Update?

Secara bahasa dan istilah update berarti memperbarui. Dalam dunia gadget dan komputer, update seringkali dimaknai dengan memperbarui, memperbaiki, mempercantik, dan memperbagus suatu gadget atau komputer. 
Apabila upgrade bisa berlaku untuk perangkat keras dan perangkat lunak, maka update biasanya hanya berlaku untuk perangkat lunak saja, misalkan Windows, Linux, Android, dan lain-lain. 

Apabila Anda masih kebingunan dalam membedakan istilah Upgrade dan Update, maka Anda dapat memahami penjelasan berikut ini: 

 

Perbedaan Upgrade dan Update

Pertama

Contoh Upgrade adalah A mempunyai sebuah komputer dengan RAM 2 GB. Kemudian A mengganti RAM komputer tersebut menjadi 8 GB agar kecepatan komputer meningkat. Contoh demikian, disebut dengan upgrade. 

Sedangkan contoh update adalah B membeli ponsel baru yang menggunakan sistem Android 5.0 Lolipop. Setelah beberapa bulan, muncul sebuah pembaruan di layar ponsel tersebut. Kemudian, B meningkatkan versi sistem Androidnya menjadi Andorid 5.1.1. Proses demikian disebut dengan memperbaharui atau update. 

 

Kedua

Seseorang telah menggunakan ponsel selama 5 tahun. Beberapa bulan kemudian muncul ponsel keluaran terbaru dan memilih untuk membeli ponsel tersebut. Peristiwa demikian disebut dengan upgrade. 

Seseorang bernama C sangat menyukai game online. Suatu ketika semua pemain game diharuskan untuk memperbarui game tersebut, tujuannya adalah agar tidak bug seperti sebelumnya. Proses perbaikan demikian disebut dengan uodate. Dalam kasus demikian terdapat pula fitur-fitur baru yang tidak ada di versi sebelumnya. 

Ketiga 

Seseorang telah mempunyai sebuah laptop dengan penyimpanan 256 GB dan telah menggunakannya selama 3 tahun. Kemudian muncullah laptop terbaru dengan penyimpanan 500 GB, karena orang tersebut membutuhkan laptop dengan penyimpanan yang lebih besar, orang tersebut akhirnya mengganti laptop tersebut. Contoh demikian adalah upgrade. 

Tokoh D mempunyai laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows 7, karena suatu hal, D akhirnya menginstal ulang laptopnya menjadi Windows 8. Peristiwa demikian disebut dengan update. 

Cukup mudah bukan dalam membedakan upgrade dan update? 

Demikian merupakan penjelasan tentang perbedaan upgrade dan update. Semoga penjelasan ini lebih mudah dipahami dan dapat mempermudah pembaca yang sedang mendalami istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia gadget dan komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat! Jangan lupa bertanya apabila masih bingung membedakannya. 

Sumber: Pexels Free Images