Begini Cara Pulihkan Akun Facebook yang Diretas

Resiko dari terbajaknya akun pribadi karena aksi peretasan, tentunya selalu menjadi hal yang mesti diwaspadai oleh setiap pengguna media sosial. Tak terkecuali di sini juga berlaku untuk pengguna Facebook.

Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan sebuah akun Facebook diretas. Langkah yang paling mudah dalam mencegah kondisi tersebut adalah mengamankan dengan baik dan teliti, sandi yang digunakan untuk mengakses akun Facebook dan email Anda.

Apabila Anda terlanjur menggunakan komputer umum untuk membuka akun Facebook atau email Anda, silakan Anda buka aplikasi Facebook dan email di ponsel Anda, lalu keluarkan pada Pengaturan setiap perangkat lain yang terhubung dengan Facebook atau email Anda. Ini merupakan langkah pengamanan pertama yang bisa Anda coba.

Setelah itu, untuk langkah pengamanan berikutnya adalah Anda mengganti sandi yang digunakan untuk akun Facebook. Hal ini juga berlaku untuk email Anda yang pernah Anda coba buka di komputer umum ataupun perangkat yang bukan milik Anda.

RajaBackLink.com

Namun, apabila ternyata didapati bahwa akun Anda telah diretas, maka sebaiknya Anda perlu melakukan langkah ini. Pertama, silakan Anda mengamankan atau mengubah sandi yang digunakan pada email Anda. Hal ini perlu dilakukan karena email merupakan jalan satu-satunya yang digunakan oleh mengacaukaner untuk bisa membobol akun Facebook Anda.

Selain itu, email juga menjadi penting untuk bisa mengembalikan akun Facebook Anda yang telah diretas dan mengamankannya.

Setelah Anda selesai mengganti sandi email Anda, silakan kemudian Anda akses laman facebook.com/mengacaukaned. Klik di sana tombol yang bertuliskan ‘Akun Saya Dibobol’.

Selanjutnya, silakan Anda masukkan alamat email dan nomor hp yang kamu gunakan ketika mendaftar Facebook. Ini adalah langkah penting, oleh karenanya pastikan Anda benar-benar mengingat keduanya.

Apabila akun ditemukan setelah proses ini, berarti peretas itu belum sempat mengganti email dan nomor telepon yang digunakan pada Facebook Anda. Dengan begitu, akun Facebook Anda ini memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa segera dipulihkan dan diamankan oleh Anda.

Coba Anda masukkan sandi yang biasa digunakan untuk masuk ke akun Facebook itu. Apabila gagal, peretas berarti sebelumnya telah mengganti kata sandi di akun Anda ini.

Tak mengapa, Anda hanya harus segera melakukan hal ini. Di sana ketika telah gagal memasukkan kata sandi dari akun Facebook milik Anda, terdapat tiga pilihan untuk bisa mengembalikan akun Facebook Anda yang telah diretas.

Opsi pertama, Anda di sana bisa langsung masuk kembali dengan menggunakan email yang terhubung.

Adapun pada opsi kedua, Anda bisa masuk ke akun Facebook Anda setelah berhasil mengganti sandi dengan yang baru. Pada cara ini, Anda akan menerima link untuk bisa mengganti password Anda. Link akan dikirimkan melalui email Anda.

Apabila Anda yakin bahwa email yang digunakan adalah benar milik Anda, silakan pergunakan saja opsi yang kedua ini. Tetapi jika Anda ragu, silakan digunakan opsi terakhir saja. Opsi yang terakhir yaitu dengan menggunakan nomor ponsel Anda yang terhubung dengan akun Facebook.

Untuk opsi yang ketiga ini atau terakhir, silakan klik Lanjutkan. Facebook akan mengirimkan sebuah link pada email Anda ataupun kode khusus di nomor ponsel Anda yang terhubung dengan akun Facebook.

Silakan Anda pergunakan kode itu secara langsung dan rahasia, untuk bisa mengganti sandi akun Facebook itu dengan yang baru. Pastikan juga Anda mengingat sandi baru itu dan mencatatnya di catatan milik Anda untuk pengingat.

Masih ada kemungkinan ketika ketiga opsi tersebut telah dilakukan, Anda masih belum bisa memulihkan akun Facebook Anda ini. Namun, tak perlu Anda risau. Ada langkah terakhir yang bisa Anda pilih.

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh untuk memulihkan akun yang diretas adalah dengan mengklik tulisan yang berada pada sisi kiri bawah di aplikasi Facebook Anda. Tulisan itu bertuliskan ‘Tidak Punya Akses ke sini lagi?’. Silakan diklik tulisan itu.

Setelahnya, akan muncul form. Silakan diisi data-data yang diminta, yaitu nomor ponsel atau email yang baru. Kemudian, klik lanjutkan.

Setelah Anda selesai mengisi data yang diperlukan, Facebook akan segera menggunakan data itu untuk memulai proses verifikasi.

Biasanya, Anda akan diminta untuk memotret kartu identitas milik Anda seperti KTP atau SIM. Setelahnya, pihak dari Facebook akan menghubungi untuk proses selanjutnya.

Perlu Anda ingat bahwa setelah semua langkah dilakukan dengan benar dan lancar, maka proses terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengamankan kata sandi dan nomor telepon yang dipergunakan.

Usahakan untuk membuat kata sandi yang unik ataupun mengambil kata sandi yang direkomendasikan oleh sistem. Janganlah kembali menggunakan komputer umum atau perangkat orang lain untuk membuka akun Facebook atau email Anda. Hal ini akan mencegah aksi yang sama untuk terulang lagi di masa depan.

 

***

Sumber Foto: Pixabay @Firmbee