Cara Cek Resi J&T secara Online Terbaru

Seiring dengan bertambah meningkatnya industri seperti e-commerce yang ada di Indonesia, maka dari itu jasa ekspedisi turut ikut juga dalam berkembang. Pada masa pandemi juga industri e-commerce memang berperan penting yakni dalam perekonomian. Hal itu menghubungkan penjual maupun juga pembeli dengan cara jarak jauh. 

Memakai jasa ekspedisi tentunya bisa dalam mempermudah kegiatan untuk pengiriman jarak jauh. Hal itu tersebut menjadikan sektor jasa logistik tentu akan semakin maju hingga menjadi satu di antara sektor kritikal dan selama PPKM itu akan berlangsung.

PT Global Jet Express dan juga disingkat dengan J&T Express adalah satu di antara jasa ekspedisi yang memang banyak dipakai saat ini. Ada beragam platform seperti e-commerce memakai jasa J&T untuk metode pengiriman barang. 

Pada barang dikirimkan, tentu pihak pengiriman akan memberikan nomor resi yang dapat dicek bagi si penerima hingga para pengirim. Dengan tulisan ini juga nantinya dijelaskan cara cek untuk resi J&T dengan cara online.

RajaBackLink.com

Penjelasan dari Nomor Resi

Nomor resi merupakan nomor yang nantinya akan diberikan oleh jasa ekspedisi yakni sebagai identitas berupa paket barang yang diorder. Kemudian nomor resi dipakai sebagai bentuk dalam pertanggungjawaban kemudian bukti bahwa paket nantinya sudah dikirim.

Penerima paket bisa melakukan cek untuk resi yakni secara berkala dalam melacak keberadaan dari paket barang yang diorder. Nomor resi secara resmi dari perusahaan J&T yakni memiliki jumlah 12 karakter. 

Variasinya termasuk beragam, ada yang berbentuk dengan 12 digit angka, kemudian terdapat pula yang memiliki gabungan yakni antara angka maupun juga huruf. Hal itu berupa 2 huruf hingga 10 angka.

Ketika cek resi J&T, maka informasi yang akan ditampilkan nantinya lumayab lengkap. Baik itu dari lokasi paket, kemudian disertai dengan waktu pengiriman, maupun nama kurir yang nantinya akan bertugas dalam mengirimkan paket, kemudian si pengirim hingga penerima tak perlu lagi khawatir dimana letak paket setelah dikirim.

Langkah dalam Cek Resi J&T

Guna melakukan cek pada bagian resi J&T, jangan lupa untuk memastikan bahwa nomor pada bagian resi sudah benar sebelum nantinya dimasukkan. Jangan lupa untuk cek resi J&T bisa dilakukan lewat cara berikut.

Cek untuk Resi J&T yang terdapat pada Situs Website J&T Express

Langkah termudah dan akurat untuk cek resi J&T adalah masuk pada situs resmi J&T Express dengan langkah berikut.

  • Buka terlebih dahulu jet.co.id/track.
  • Supaya nantinya bisa cek resi J&T, maka perlu untuk masukkan nomor resi.
  • Klik pada bagian “Cari”.
  • Pada layar nantinya tentu akan muncul proses dan juga bagian detail pengiriman.
  • Selain lewat situs web, J&T juga menawarkan aplikasi yang bisa dipakai untuk cek resi. 

Langkah dalam cek resi J&T memakai aplikasi yakni sebagai berikut

  • Upload terlebih dahlulu aplikasi J&T Express.
  • Jangan lupa untuk masuk ke bagian aplikasi J&T Express.
  • Supaya bisa dalam cek resi, jangan lupa untuk pilih menu “Tracking”.
  • Pada bagian kolom resi, jangan lupa untuk masukkan nomor untuk resi J&T.
  • Jangan lupa untuk klik tombol “Cari”.
  • Informasi yang merupakan seputar paket dan memiliki nomor resi itu pastinya akan muncul pada layar.
  • Cek juga untuk bagian Resi J&T pada Google
  • Google saat ini tentu menawarkan fitur dalam cek nomor resi dengan lebih mudah.

Simak juga langkah untuk cek resi J&T pada Google berikut 

  • Buka terlebih dahulu google.co.id
  • Supaya bisa cek resi, jangan lupa untuk ketik “Cek Resi J&T” yang ada pada kolom pencarian.
  • Google tentunya akan menampilkan fitur seperti “Lacak untuk paket Anda” yakni dengan menggunakan data resmi yakni dari J&T Express.
  • Masukkan terlebih dahulu nomor resi yang terdapat pada kolom “Masukkan pula untuk nomor pelacakan”.
  • Jangan lupa untuk klik “Lacak Paket”.
  • Pada layar tentu nantinya akan muncul proses pengiriman kemudian juga lokasi paket.

Periksa Resi J&T Pada Aplikasi E-commerce

Masing-masing pada e-commerce tentu akan menghadirkan fitur lacak pesanan yakni di dalam aplikasi, pemakai bisa dalam memantau pergerakan yakni pada paket secara bertahap.

Jika terjadi kendala ketika melakukan periksa resi, pelanggan bisa untuk menghubungi J&T lewat cara berikut.

  • Telepon: 021-8066-1888.
  • Email: [email protected]
  • Twitter: @jntexpressid.
  • Whatsapp: 0811-8466-188
  • Facebook: J&T Express Indonesia

Istilah pada Pengiriman Paket J&T

Saat Anda melacak paket memakai nomor resi, tentu akan muncul istilah seperti halnya Drop Point kemudian juga ada Transit Center. Apa makna istilah tersebut? Berikut pemaparannya.

Drop Point

Drop Point tentunya bermakna kantor cabang J&T yang berada terdekat maupun juga agen pengiriman J&T. Pengirim bisa melakukan pengirim paket lewat Drop Point, lalu petugas pastinya akan melayani kemudian menimbang paket sesaat sebelum dikirim.

Mamang baiknya supaya cek biaya kirim sebelum nantinya mengirim paket. Guna mengetahui ongkos kirim, J&T menawarkan cek ongkos kirim lewat website resmi. Sehingga, pengirim bisa menyediakan uang terlebih dahulu.

Pada saat pengiriman skala besar seperti yang dipakai oleh penjual, J&T menghadirkan fasilitas jemput paket maupun juga pick up. Hal itu dimana kurir nantinya akan datang di lokasi hingga menjemput paket lewat alamat penjual itu kemudian nantinya diantar pada Drop Point. Tentunya hal itu akan sangat memudahkan dan memberikan kenyamanan pada Anda.

Transit Center

Transit Center maksudnya tempat untuk persinggahan paket yang nantinya dikumpulkan dari semua Drop Point di satu daerah. Pemahaman secara sederhana, maka Transit Center memiliki peran yakni sebagai pusat dalam penyimpanan barang. Selain itu, untuk kemudian dikirim pada kota selanjutnya.

Bentuk Layanan J&T Express

Terdapat 3 bentuk layanan yang diberikan oleh J&T Express, yakni:

  • Express: merupakan pengiriman secara reguler ke semua wilayah Indonesia dengan memiliki waktu pengiriman 2-7 pada hari kerja, tetapi berdasarkan pada daerah dari tujuan pengiriman. Ongkos untuk kirim mulai sekitar Rp10.000/kg dan memiliki berat barang yang dikirim sebesar 50kg.
  • Economy: Pengiriman berdasarkan paket hemat dengan biaya kirim lebih ekonomis dalam pengiriman ke luar pulau Jawa dengan estimasi pengiriman 2-14 hari kerja. Biaya kirim mulai dari Rp14.000/kg kemudian memiliki berat barang yang dikirim sebesar 50kg.
  • Jemari: Layanan itu dimana pembeli bisa untuk mengambil pesanan pada agen J&T Express yang ada terdekat dengan estimasi pengiriman 2-7 pada hari kerja. Biaya kirim mulai dari Rp9.000/kg dan memiliki berat maksimal 3kg.

J&T tentu saja telah luncurkan Layanan Pengiriman yang berbasis Premium Sehari dan lainnya. Dengan demikian cara periksa resi J&T dengan lebih mudah kemudian juga cepat. Pelanggan bisa dalam memilih salah satu dari langkah-langkah tersebut untuk periksa resi dengan lebih mudah maupun juga akurat. 

Sumber gambar: pexels free images