Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Di era globalisasi seperti saat ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat. Kemajuan teknologi yang terjadi menyebabkan banyak munculnya aplikasi, baik aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone ataupun laptop dan komputer. 

Akan tetapi, tak sedikit orang yang mengeluhkan memori HP tidak cukup untuk menyimpan aplikasi yang mereka instal, sehingga memerlukan memori tambahan untuk menyimpannya. Memori tambahan yang biasanya digunakan adalah kartu SD atau SD Card. 

Menambah kartu SD ke dalam smartphone dapat menjadi solusi ketika memori smartphone penuh akibat aplikasi yang diinstal. Cara ini cenderung lebih hemat dibandingkan harus membeli smartphone baru dengan penyimpanan yang lebih besar. Harga kartu SD lebih murah dibandingkan membeli smartphone baru dengan penyimpanan yang besar. 

Kendala yang dialami banyak orang ketika menyimpan aplikasi di kartu SD adalah tidak bisa cara memindahkannya. Padahal cara memindahkan aplikasi ke kartu SD cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Artikel ini akan membahas mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

RajaBackLink.com

Sebenarnya Anda dapat membuat perubahan dalam menggunakan kartu memori sudah bisa dilakukan sejak adanya android versi Marshmallow dan berlanjut hingga ke android versi sekarang. Android jenis ini menawarkan fitur mengubah kartu SD menjadi memori utama smartphone. 

Android menganggap kartu SD bisa dijadikan sebagai sebagai perpanjangan memori internal apabila memori internal sudah penuh. Akan tetapi, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mengubah kartu SD menjadi memori utama adalah Anda harus mencadangkan data di memori internal Anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar data Anda tidak hilang saat proses mengaturnya. 

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Berikut merupakan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD:

Langkah pertama, siapkan smartphone dan kartu SD terlebih dahulu. 

Jika sudah matikan smartphone Anda dan masukkan kartu SD ke dalam smartphone Anda. Hidupkan kembali smartphone Anda. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan bahwa New SD Card sudah masuk ke ponsel Anda. Kemudian, pilihlah menu set up. 

Kemudian, akan terdapat pilihan mengenai bagaimana Anda menggunakan kartu SD tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa memilih Phone Storage untuk Android 9 atau memilih 'Use as Internal Storage' untuk versi Android lama. Selain cara tersebut, Anda juga bisa memilih setting, pilih storage, pilih kartu, pilih tombol menu dan klik storage setting. Selanjutnya, pilihlah menu format as internal.

Halaman selanjutnya, Anda harus memilih format kartu SD atau menu 'Erase & Formar'. Cara ini akan menghapus kartu Anda. 

Bagi pengguna Android 9, akan terdapat himbauan bahwa Anda harus memindahkan konten di smartphone Anda, termasuk aplikasi ke dalam kartu SD. Langkah ini dapat membuat Anda lebih hemat dalam menggunakan penyimpanan di smartphone Anda. Jangan lupa pilih menu 'pindahkan konten' agar pemindahan dokumen segera diproses. 

Tips dalam memindahkan aplikasi ke kartu SD adalah jangan lupa membackup data Anda terlebih dahulu. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir hilangnya data-data Anda dalam proses pemindahan data ke kartu SD. Apabila tidak dibackup terlebih dahulu, dikhawatirkan akan terdapat data-data yang hilang saat dipindahkan ke kartu SD. 

Demikian merupakan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. Apabila masih kebingungan dalam melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat meminta bantuan orang yang lebih paham cara memindahkan aplikasi ke kartu SD. 

Sumber Gambar: Pexels Free Images