Cara Mengembalikan Akun Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh kalangan ana muda. Instagram semakin digemari seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan, konten instagram juga mulai mengalami perkembangan dari hanya berupa konten foto menjadi konten video. 

Eksistensi instagram memunculkan fenomena selebgram di media massa. Selebgram merupakan seseorang yang populer dan mempunyai banyak pengikut di Instagram. Keberadaan selebgram membuat beberapa orang berlomba-lomba mengumpulkan banyak follower atau pengikut agar bisa menjadi selebgram. 

Fenomena ini memunculkan oknum-oknum, termasuk mengacaukaner yang berusaha membonbol Instagram. Lalu, bagaimanakah jika Instagram kita dibobol oleh mengacaukaner? Apa yang harus kita lakukan. Simaklah beberapa penjelasan mengenai cara memulihkan akun instagram di bawah ini. 

Cara Memulihkan Akun Instagram

Terdapat beberapa cara dalam mengembalikan akun instagram yang dibobol ataupun diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

RajaBackLink.com

Langkah pertama yang harus Anda lakukan apabila akun instagram Anda dibobol atau diambil alih orang yang tidak Anda kenal adalah dengan memeriksa email yang Anda gunakan dalam Instagram terlebih dahulu. Biasanya terdapat pemberitahuan mengenai akun lain yang membuka instagram Anda. Apabila Anda dapat menemukan email tersebut, Anda bisa langsung mengatasi masalah ini. 

Namun, jangan bersedih dan khawatir apabila Anda tidak bisa menemukan email tersebut. Masih terdapat langkah lain dalam mengatasinya yaitu dengan meminta link masuk agar dikirim ke nomor telepon Anda. Langkah ini bertujuan agar link tersebut tidak dikirim ke alamat email mengacaukaner. 

Selain itu, Anda juga bisa memilih menu Gel Help atau Forget Password. Menu ini biasanya muncul di halaman pertama ketika Anda membuka instagram bersama dengan menu lain seperti login. Setelah memilih menu tersebut, Anda akan diarahkan untuk memasukkan nomor telepon Anda. Kemudian, ikuti instruksi yang muncul di halaman ponsel Anda. 

Apabila langkah tersebut berhasil, Anda harus segera bertindak cepat mengubah kata sandi Anda. Hal ini bertujuan agar mengacaukaner tidak dapat membuka kembali akun instagram Anda. 

Akan tetapi, apabila semua langkah tersebut gagal, maka Anda masih bisa melaporkan akun yang diretas. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan akses instagram Anda kembali. Lalu, bagaimanakah caranya? 

Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan akun instagram Anda kembali: 

Langkah pertama, pilihlah menu mendapatkan bantuan masuk (apabila Anda menggunakan ponsel Android) atau bisa juga memilih lupa kata sandi? (apabila Anda menggunakan iOS). 

Apabila Anda menggunakan android jangan lupa ketikkan nama pengguna instagram, alamat email atau nomor telepon Anda. Setelah selesai pilih menu berikutnya. 

Kemudian, pilihlah menu 'butuh bantuan lebih lanjut' yang terdapat di layar ponsel Anda. Selanjutnya, ikuti instruksi yang muncul di halaman ponsel Anda. 

Dalam melakukan langkah-langkah di atas, Anda juga akan diminta mengirimkan foto diri Anda dengan membawa kode keamanan agar identitas Anda terverifikasi. 

Untuk mencegah agar akun instagram Anda tidak diretas atau dibobol lagi Anda bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor secepat mungkin. 

Demikian merupakan langkah memulihkan kembali akun instagram Anda. Anda dapat mencegah akun instagram Anda agar tidak diretas atau dibobol kembali dengan tidak sembarangan login akun instagram Anda di ponsel atau komputer orang lain. Apabila terdesak untuk login instagram di akun atau komputer yang bukan milik Anda, maka Anda jangan lupa untuk logout akun Anda secepat mungkin. Hal ini bertujuan agar akun instagram Anda tidak diambil alih atau dibuka oleh orang lain. 

Sumber: Pexels Free Images