Cara Mudah Download dan Menggunakan Zoom di Laptop

Zoom menjadi salah satu dari aplikasi mobile yang paling banyak diunduh oleh orang-orang hingga saat ini. Hal ini bisa langsung oleh Anda perhatikan baik di App Store maupun di Google Play Store. Angka unduhan di sana telah menunjukkan angka yang tidak sedikit.

Hal ini tidak mengherankan, terlebih jika kita kembali mengingat bagaimana kondisi perkantoran dan persekolahan yang banyak beralih kegiatannya hanya menjadi online saja selama masa awal pandemi Covid-19 berlangsung. Aplikasi meeting secara online banyak dibutuhkan oleh orang-orang sejak saat itu, bahkan sampai hari ini.

Zoom meeting adalah salah satu dari aplikasi meeting yang tersedia di App Store dan Google Playstore, hingga akhirnya banyak digunakan oleh orang-orang sejak saat itu.

Terdapat beberapa alasan mengapa Zoom meeting diminati oleh orang-orang hingga saat ini. Pertama, kehadiran dari aplikasi ini adalah 100% dapat digunakan secara gratis serta mudah didapatkan dan digunakan. Kedua, fitur yang hadir didalamnya adalah beragama dan cukup lengkap hingga bisa dimaksimalkan penggunaannya.

RajaBackLink.com

Selain itu, cara menggunakan Zoom pun adalah sangat mudah. Jika Anda menggunakan akun google aktif, maka Anda bisa langsung masuk ke dalam aplikasi ini cukup hanya dengan menghubungkannya. Tak perlu lagi ada proses pendaftaran, data yang digunakan pada akun Google Anda akan langsung digunakan pada aplikasi Zoom.

Apabila Anda tidak menggunakan akun google yang aktif, maka proses pendaftaran yang normal pun tidaklah lama di aplikasi Zoom. Cukup memasukkan data mendasar Anda, maka proses pun akan berlangsung dengan cepat dan segera selesai.

Penggunaan Zoom tidak hanya berkaitan dengan kegiatan resmi saja, seperti meeting, sekolah online, konferensi pers, dan lain-lain. Zoom juga bisa digunakan untuk hanya berbincang-bincang saja secara video call bersama teman-teman, ataupun sekadar melepas rindu dengan keluarga yang sedang jauh dengan kita.

Tahukah Anda bahwa Zoom meeting tidak hanya bisa digunakan di smartphone saja? Ya, aplikasi video call ini bisa juga digunakan pada PC, contohnya di laptop.

Bagaimana cara download aplikasi Zoom di laptop? Dan, bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Download dan Install Aplikasi Zoom di Laptop atau Perangkat PC Lainnya

Cara instal aplikasi Zoom di laptop atau perangkat PC lainnya adalah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Bukalah browser internet yang tersedia pada laptop atau PC Anda (Goggle Chrome, Opera, Mozila Firefox, Internet Explorer, ataupun yang lain)
  2. Ketik pada kolom pencarian tautan, https://zoom.us/download
  3. Setelah halaman terbuka, pilih di sana 'Zoom Client for Meetings'
  4. Klik download
  5. Klik Save
  6. Setelah selesai download, silakan diklik pada bagian 'Show In Folder' atau buka langsung folder 'download' yang terdapat pada laptop Anda
  7. Di sana ada aplikasi Zoom yang baru saja berhasil diunduh dan belum terpasang
  8. Buka hasil download itu dan klik 'Run' untuk memasangnya di laptop
  9. Aplikasi Zoom sedang dipasang saat ini pada laptop Anda, tunggulah prosesnya hingga selesai
  10. Zoom kini telah berhasil terpasang pada laptop Anda. Aplikasi ini sekarang siap untuk digunakan.

Berkaitan dengan bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom meeting di laptop, caranya adalah sama seperti Anda menggunakannya di smartphone. Bedanya, tampilannya saja yang berubah menjadi versi desktop. Tampilan aplikasi Zoom di versi desktop (untuk PC) adalah besar.

Apabila Anda saat ini pertama kali menggunakan aplikasi Zoom dan itu melalui versi desktopnya, maka jangan khawatir tentang bagaimana cara mendaftarnya.

Cara mendaftar pertama kali di Zoom baik itu pada versi smarthpone ataupun versi deskop (PC) adalah sama. Silakan dibaca kembali penjelasan di atas mengenai cara pendaftaran Zoom.

Sekian, pembahasan kali ini mengenai cara mudah download dan menggunakan Zoom meeting di laptop. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

*** 
Sumber Foto: Pixabay @Alexandra_Koch