Contoh Perangkat Keras Komputer

Hardware adalah perangkat keras komputer dan software adalah perangkat lunak komputer. Dua komponen ini sangat penting dalam membentuk suatu sistem komputer. 

Perangkat keras komputer atau hardware adalah suatu sistem atau komponen yang membentuk suatu komputer. Komponen ini berupa benda yang nyata dan terlihat oleh manusia.

Contoh Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras atau hardware komputer terbagi menjadi dua macam, yaitu perangkat input dan perangkat output. 

Perangkat Keras Input

Perangkat keras input merupakan salah satu jenis perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ataupun informasi ke dalam sebuah komputer. Beberapa contoh perangat keras input adalah mouse, keyboard, scanner, dan sebagainya. 

RajaBackLink.com

Mouse

Mouse termasuk ke dalam salah satu jenis perangkat keras komputer. Mouse memiliki fungsi menggerakkan kursor yang berada di layar komputer. Anda juga dapat menjadi lebih mudah dalam memilih menu dan tombol dengan kursor pada komputer tersebut. 

Keyboard

Sebagai salah satu jenis perangkat keras keyboard memiliki pern dalam menuliskan angka, simbolm dan huruf ke dalam sebuah komputer. 

Scanner

Scanner memiliki peran penting dalam membuat suatu dokumen dari hard copy menjadi soft copy. Meski terkadang jarang digunakan, namun scanner juga memiliki peran yang cukup penting, terutama bagi orang-orang yang ingin mengarsipkan dokumen fisik ke dalam dokumen atau file komputer. 

Perangkat Keras Output

Perangkat keras output merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi mengubah atau mencetak hasil input data dari sebuah komputer. Input data yang dicetak merupakan data-data yang telah diinput oleh user. Contoh perangkat keras komputer diantaranya adalah monitor, proyektor, dan printer. 

Monitor

Monitor merupakan salah satu komponen perangkat keras output yang berfungsi untuk menampilkan suatu data tertentu. Monitor biasanya digunakan di kantor-kantor ataupun di sekolah. 

Printer

Sebagai salah satu contoh perangkat keras komputer, printer memiliki peran yang cukup penting. Printer berfungsi mencetak suatu file atau dokumen. Printer mengubah dokumen soft copy dalam komputer ke dalam bentuk hard copy atau fisik. 

Proyektor LCD

Proyektor LCD seringkali digunakan untuk menampilkan atau mempresentasikan suatu dokumen tertentu, agar bisa dilihat dengan jelas oleh banyak orang. 

Selain perangkat keras input dan output, terdapat pula perangkat proses, menyimpan dan tambahan yang termasuk ke dalam jenis-jenis hardware. 

Perangkat proses

Perangkat keras jenis ini mempunyai fungsi dalam mengolah sebuah data dan menjalankan proses dalam suatu sistem komputer. Beberapa benda yang termasuk ke dalam jenis ini adalah CPU, VGA, dan RAM. 

CPU

Sebagai salah satu jenis hardware, CPU berfungsi mengatur seluruh sistem kerja yang terdapat dalam komputer. Cara kerja CPU dapat berupa instruksi, pengelolaan, bahkan menghasilkan output tertentu. 

VGA

VGA merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk membantu proses data grafis. Output tersebut nantinya akan ditampilkan dalam layar komputer. 

RAM

Sebagai salah satu jenis perangkat keras, RAM memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan tingkat kecepatan kerja suatu komputer. Semakin tinggi RAM, maa semakin tinggi pula kecepatan suatu komputer. 

Perangkat untuk menyimpan

Perangat untuk menyimpan disebut dengan storage device. Jenis hardware ini berguna untuk menyimpan suatu file atau dokumen dalam suatu komputer, contohnya adalah hard disk, flash disk, dan optical disk. 

Hard disk

Hard disk adalah salah satu jenis hardware penyimpanan yang memiliki kapasitas besar dalam meyimpan dokumen. 

Flash disk

Flasdisk adalag satu jenis hardware penyimpanan yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil daripada hard disk. Flash disk biasanya memiliki bentuk yang kecil seperti USB sehingga mudah dibawa kapan saja. 

Optical Disk

Optical Disk adalah salah satu hardware penyimpanan yang dapat dibaca dengan menggunakan cahaya laser. Optical disk dapat berupa CD ataupun DVD. 

Perangkat tambahan

Perangkat tambahan adalah salah satu jenis hardware yang berfungsi untuk membantu komputer menjalankan peruntah user. Bisanya perangkat tambahan mampu menghubungkan komputer dengan jaringan internet, contohnya adalah modem. 

Sumber: Pexels Free Images