Asisten Google: OK Google dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Cara mengaktifkan asisten Google di smartphone maupun PC Anda adalah cukup mudah. Keberadaan asisten Google khususnya pada smartphone telah dikembangkan terus menerus hingga saat ini.

Asisten Google dibentuk dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Hal tersebut berbeda dengan Google Now karena posisi Google Assistant bisa terlibat dengan percakapan kita dalam dua arah. Karenanya, kita bisa saling bertukar kalimat dengan asisten Google ini.

Kehadiran asisten Google dapat mempermudah setiap pekerjaan penggunanya.

Semisal, Anda bisa meminta tolong ke asisten Google untuk membuat panggilan telepon, mengirimkan pesan WhatsApp, dan menyusun jadwal kegiatan. Bukan hanya bisa digunakan pada smartphone, Google Asisstant juga bisa digunakan pada perangkat rumahan seperti speaker. 

Namun, satu pertanyaan lantas muncul. Apakah kinerja dari asisten Google ini bisa dimatikan atau dinyalakan kapan saja?

Jawabannya adalah bisa. Anda bisa mengatur kapan asisten Google itu mati atau kembali hidup dengan menggunakan beberapa langkah saja. 

Cara untuk bisa mengaktifkan asisten Google pada perangkat smartphone Anda ataupun PC adalah cukup mudah.

Apabila Anda ingin mulai menggunakan fitur asisten Google di smartphone ataupun PC, silakan diikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Untuk pengguna ponsel atau tablet Android, Anda diuntungkan karena cukup mengucapkan “Hey Google, open Assistant setting”, maka pengaturan berkaitan asisten Google akan segera muncul. Namun apabila tidak muncul, silakan pakai cara manual yang bisa digunakan pada setiap perangkat, yaitu pergi ke Assistant Settings.
  2. Pada bagian bawah “All Settings” silakan pilih “General”.
  3. Ubahlah di sana posisi Google Assistant, menyala atau mati (on atau off).

Apabila Anda menginginkan fitur asisten Google aktif, maka biarkan dia mempelajari suara Anda di sana. Tujuannya adalah satu, yaitu dia mengenali seperti apa suara Anda dan akan menjalankan perintah yang Anda berikan kepadanya saat Anda berbicara.

 

Cara Mengajari Asisten Google untuk Mengenali Suara Penggunanya

Cara mengajari asisten Google dalam mengenali suara Anda adalah sebagai berikut:

  1. Khusus pada ponsel atau tablet Android, silakan ucapkan “Hey Google, open Assistant settings”. Namun apabila hal tersebut tidak bisa, maka pakai cara pada umumnya untuk semua perangkat, yaitu pergi ke Assistant Settings.
  2. Pada bagian bawah “Popular Settings” silakan pilih “Voice Match”.
  3. Setelahnya, pastikan bahwa instruksi “Hey Google” telah aktif di perangkat Anda ketika Anda ucapkan kalimat tersebut.
  4. Klik “Voice Mode”, lalu latih ulang model suara Anda di sana berkali-kali.
  5. Ikuti instruksi yang muncul di sana untuk merekam suara Anda hingga selesai prosesnya.
  6. Selesai. Anda kini bisa menggunakan asisten Google pada perangkat smartphone ataupun PC yang telah Anda aktifkan baru saja. Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini kapan saja.

 

Kemudahan akan Anda peroleh saat menggunakan fitur asisten Google pada perangkat smartphone ataupun PC Anda. Pekerjaan Anda akan terbantu proses operasionalnya, karena dia akan langsung menjalankan setiap perintah yang Anda berikan kepadanya setelah Anda memberinya instruksi melalui suara Anda.

Apabila pembicara yang memberi instruksi bukanlah Anda, maka asisten Google pada perangkat Anda akan mengabaikan perintah tersebut dan diam. Perintah hanya akan bisa dijalankan melalui suara Anda saja yang telah disetel di bagian pengaturannya.

Karenanya, Anda tidak perlu khawatir dengan keramaian atau orang yang coba-coba bermain dengan fitur asisten Google Anda. Semua hal itu tidak akan memengaruhi kinerja dari asisten Google yang hanya akan mematuhi perintah dari suara Anda saja.

Apabila Anda merasa perlu menonaktifkan fitur asisten Google, maka hal itu bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja. Terlebih, mengaktifkannya pun Anda kini telah mengetahui bagaimana caranya. Tentunya, hal ini akan bisa memelihara keamanan sistem operasional perangkat Anda.

 

***

Sumber Foto: Pixabay @Simon