Cara Buka Toko di Shopee Mudah, Cepat, dan Menguntungkan

Apakah ada di antara Anda yang masih bingung mengenai cara membuka toko di Shopee? Apalagi jika Anda hanya memiliki barang-barang dagangan saja tapi tidak memiliki tempat untuk membuka toko atau uang untuk membuatnya.

Maka tenang saja, Anda bisa membuat toko di Shopee dengan mudah. Anda hanya tinggal mengurus barang yang ada di toko Anda untuk dikirim.

Pada dua tahun terakhir, aktivitas belanja online semakin marak terjadi dikalangan warga Indonesia. Pasalnya di masa pandemi tersebut, warga diimbau untuk berjaga jarak dan berkegiatan di dalam rumah untuk menghindari paparan virus Covid-19.

Dan karena inilah, banyak sekali platfrom berjualan online yang diuntungkan dan makin populer seiring berlalunya waktu. Seperti Shopee yang merupakan salah satu platform penyedia belanja online terbesar di Indonesia.

RajaBackLink.com

Aplikasi belanja online yang satu ini bahkan terkenal memiliki pengunjung situs terbanyak, khususnya pada kuartal III tahun 2020 lalu dengan total pengunjung mencapai 96,5 juta.

Apalagi teruntuk Anda yang tak hanya ingin menjadi pembeli saja, Anda mungkin tertarik untuk menjadi salah satu penjual dan membuat toko di Shopee.

Dengan membuat toko di Shopee, Anda tidak hanya bisa meraih untung dan menghasilkan barang saja. Toko Anda mungkin saja bisa terkenal dengan reviews yang baik dan banyak dikunjungi pengunjung.

Adapun cara yang bisa Anda ikuti untuk membuka toko di Shopee dan menjadi Shopee Seller adalah sebagai berikut.

1. Mendaftarkan Akun Shopee

Untuk langkah pertama membuka toko, Anda harus membuka situs resmi Shopee terlebih dahulu menggunakan laptop, komentar, ataupun aplikasi Shopee yang ada diponsel Anda. Anda bisa mengunduh aplikasi ini menggunakan Google Play Store jika ponsel Anda bersistem Android dan Apple App Store jika ponsel Anda bersistem iOS.

Selanjutnya, Anda bisa mengklik kolom “Daftar” untuk membuat akun yang diinginkan dan mengisi seluruh informasi data yang dibutuhkan dengan tepat.

2. Membuka dan Menyusun Toko

Setelah Anda mendaftar, Anda dapat memilih menu dan mengklik kolom “Jual” yang tersedia di sisi kiri bagian atas.

Jika Anda menggunakan smartphone, opsi ini akan bertuliskan “Saya” yang terletak di bagian kanan bawah. Selanjutnya, Anda bisa mengklik “Mulai Jual” yang terletak di bagian kiri atas.

Anda lalu akan dialihkan ke fitur pusat mengelola toko yang bernama Shopee Seller Center. Klik menu “Pengaturan Toko” dan lengkapi profil toko seperti nama, deskripsi toko, logo, dan yang lainnya.

Setelah selesai, Anda bisa mengklik kolom “Simpan”.

3. Mengatur Alamat Toko dan Pilih Jasa Pengantar Pengiriman

Selesai melengkapi semua informasi toko, Anda dapat mengisi alamat toko Shopee Anda dengan cara klik menu “Alamat Saya” dan dilanjut dengan mengklik opsi “Tambah Alamat Baru”.

Setelah selesai mengisi alamat toko, klik menu “Simpan”.

Di sini Anda juga diminta untuk memilih jasa kurir pengiriman barang yang akan digunakan konsumen saat akan membeli produk dagangan toko Anda. Caranya, pilih menu “Jasa Kirimku” untuk mengatur jasa pengiriman yang akan Anda gunakan.

Pada menu pilihan ini, ada beberapa opsi jasa pengiriman yang bisa Anda pilih. Setelahnya, klik ikon “Toggle” yang tersedia pada jasa pengiriman itu sampai berubah warnanya menjadi warna hijau.

4. Mengatur Rekening Bank yang Akan Anda Gunakan

Tahap berikutnya dalam membuat toko online di Shopee yang harus Anda lakukan adalah mengatur rekening bank saat Anda akan melakukan kegiatan transaksi.

Untuk mengaturnya, Anda dapat memilih opsi menu “Kartu/Rekening Bank”. Silakan Anda masukkan sandi password dari akun Shopee yang telah Anda buat.

Setelah mengisi password, silakan Anda memilih menu “Tambah Rekening Bank” dan mengisi form yang ada. Kemudian, klik kolom “Lanjut”.

5. Memulai Berjualan

Sekarang, toko online Shopee Anda sudah siap digunakan. Anda bisa memiliki kotak yang terletak disamping nama akun dan klik menu “Produk Saya”.

Sedangkan untuk menambahkan produk yang akan dijual, Anda bisa memilih menu “Tambah Produk Baru”.

Dilanjutkan dengan mengisi nama produk serta kategori yang sesuai, seperti Pakaian Laki-laki > Atasan > Kemeja.

Setelahnya, Anda bisa mengklik kolom “Lanjut”.

6. Menambahkan Rincian Produk Jualan

Untuk tahapan ini, Anda juga perlu menambahkan rincian dari produk yang dijajakan di toko online Shopee Anda. Rincian biasanya ada dalam deskripsi produk seperti merek, bahan, ukuran, dan beberapa informasi lain tentang produk yang dibutuhkan calon pembeli saat mengunjungi toko.

Anda bisa memasukkan stok atau jumlah produk yang akan dijual dan harga yang sesuai dari produk tersebut.

Kemudian, unggahlah foto produk yang di jual di toko online Shopee Anda. Pilihlah foto terbaik yang Anda miliki agar calon pembeli bisa tertarik dengan produk itu dan melihat apakah kondisi produk itu masih bagus atau tidak.

Anda juga bisa menambahkan rincian seperti berat dari produk tersebut, ukuran paket, dan biaya dari ongkos kirimnya.

7. Toko Online Shopee Telah Siap Beroperasi dan Lakukanlah Promosi

Sekarang, tahap akhir dari cara membuat toko di Shopee ini adalah melakukan promosi-promosi menarik yang bisa menggugah calon pembeli.

Setelah semua tahapan diatas selesai, klik kolom “Simpan dan Tampilkan”.

Untuk melakukan promosi, Anda dapat menggunakan cara menyalin link atau pilih share yang ada di Shopee. Kemudian, bagikanlah link tersebut ke media sosial yang Anda miliki atau orang-orang terdekat Anda.

Promosi ini memang sangat diperlukan agar pembeli bisa lebih mengenal detail produk Anda yang dijual.

Platform Shopee juga telah menyediakan fitur seperti promosi yang bisa Anda gunakan sebaik-baiknya untuk membuat toko online Shopee Anda lebih banyak pengunjungnya.

Anda juga bisa mengikuti program-program yang sudah disediakan Shopee misalnya flash sale, gratis ongkir, diskon potongan harga, cashback, dan progam lainnya untuk meningkatkan penjualan toko online Shopee Anda.

Dan begitulah 7 cara untuk bisa membuat toko di Shopee dengan mudah, cepat, dan menguntungkan yang bisa Anda coba. Semua langkah-langkah di atas hanya membutuhkan perangkat akses dan jaringan data internet yang stabil.

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Shopee di Google Playstore