Cara Cek IMEI iPhone

Bagi pemilik perangkat seluler pasti sudah pernah mendengar apa itu IMEI. IMEI atau memiliki kepanjangan “International Mobile Equipment Identity” adalah nomor identitas yang dicantumkan pada setiap ponsel yang diproduksi di dunia.

IMEI memiliki fungsi vital sehingga keberadaannya penting ada pada setiap ponsel yang diproduksi di dunia. Fungsi IMEI adalah untuk bisa mengidentifikasi perangkat mobile tertentu yang telah diproduksi sesuai dengan IMEI yang telah disematkan pada perangkat mobile tersebut.

Fungsi kedua dari IMEI adalah untuk mencegah aksi pencurian. Apabila ponsel yang dicuri bisa diidentifikasi keberadaannya dari IMEI-nya yang terlacak, maka pencuri tersebut tidak akan pernah bisa menggunakan kartu SIM apa pun di perangkat ponsel curiannya itu.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena nomor IMEI pada ponsel sudah terhubung dengan nomor telepon asli yang telah terdaftar dan terhubung pada operator seluler yang digunakan oleh pemilik ponsel tersebut.

RajaBackLink.com

Ketika operator seluler tersebut melakukan pemblokiran pada nomor IMEI ponsel yang dicuri, maka ponsel itu sudah tidak bisa lagi dihubungkan dengan nomor kartu yang lain.

Sampai sini bagaimana, bukankah penting keberadaan IMEI di sebuah perangkat mobile?

Lantas, bagaimana cara mengecek nomor IMEI pada smartphone iPhone? Apakah sama seperti mengecek IMEI di ponsel pintar Android.

Perlu Anda ketahui, IMEI pada smartphone iPhone juga turut disematkan pada box penjualannya. Anda bisa mengecek langsung berapa nomor IMEI iPhone Anda pada box kemasannya, ya!

Namun, apabila Anda ingin mengetahui bagaimana cara pengecekan nomor IMEI lainnya di ponsel iPhone, berikut adalah penjelasannya.

1. Cek IMEI iPhone via Menu USSD

Cara cek IMEI iPhone melalui panggilan USSD dapat Anda lakukan dengan masuk ke menu Panggilan di ponsel iPhone Anda, lalu ketik di sana *#06# dan lakukan panggilan. Setelahnya, data terkait nomor IMEI pada ponsel iPhone Anda akan segera muncul di layar Anda.

2. Cek IMEI iPhone via Setting atau Pengaturan

Untuk mengetahui berapa nomor IMEI pada ponsel iPhone Anda selanjutnya dapat dilakukan juga melalui Setting atau Pengaturan di ponsel iPhone Anda.

Silakan Anda buka menu Pengaturan (Setting) pada ponsel iPhone Anda, lalu pilihlah di sana opsi Umum (General) dan pilih opsi Mengenai (About).

Setelah itu, cari di sana nomor seri ponsel iPhone Anda. Anda bisa menggulir lebih ke bawah untuk bisa ditemukan tulisan berjudul IMEI/ MEID, dan ICCID. Ketika telah ditemukan, nomor yang muncul tersebutlah adalah kode IMEI pada ponsel iPhone Anda.

3. Cek IMEI iPhone di SIM Card Tray

Cara cek IMEI iPhone yang selanjutnya adalah bisa dilakukan di SIM Card Tray.

Apabila kamu tidak bisa membuka menu Pengaturan sebagaimana cara yang kedua, maka nomor IMEI bisa Anda temukan juga di SIM Card Tray pada ponsel iPhone Anda.

Ponsel iPhone yang nomor IMEI-nya tercantum di SIM Card Tray adalah yang berjenis mulai dari iPhone 6s Plus sampai dengan iPhone 13 series.

Apabila Anda adalah pengguna iPhone 5 dan iPhone 6, maka nomor IMEI bisa Anda cek pada bagian bodi belakang ponsel iPhone Anda. Tepatnya, berada pada bagian bawah tulisan iPhone.

4. Cek IMEI iPhone via PC

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau komputer yang tersambung ke internet. Berikut adalah penjelasannya:

  • Buka aplikasi browser pada komputer atau PC Anda.
  • Isi pada laman pencarian “situs resmi Apple ID”, tekan “Enter”.
  • Masuklah ke situs resmi Apple ID tersebut dengan menggunakan Apple ID yang digunakan pada perangkat iPhone Anda yang ingin dicek nomor IMEI-nya.
  • Silakan gulir ke bawah, ke bagian “Perangkat”.
  • Pilih seri perangkat iPhone yang Anda gunakan untuk bisa melihat berapa nomor seri IMEI/MEID pada ponsel iPhone Anda.
  • Apabila Anda memiliki perangkat iPhone lain dengan iOS 10.3 atau versi yang lebih baru, maka silakan dibuka pada bagian perangkat itu “Pengaturan”, kemudian isi nama Anda di sana dan gulir ke bawah untuk mengetahui kode perangkat yang masuk dengan menggunakan Apple ID Anda. Di sinilah, kode IMEI iPhone yang Anda gunakan akan turut ditampilkan.
  • Selesai.

Demikian, penjelasan mengenai cara cek IMEI iPhone Anda dengan mudah dan bisa Anda pilih dari daftar cara di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba! 

 

***

Sumber Foto: Pixabay @JESHOOTS-com