Cara Daftar Shopee Food untuk Menjadi Merchant dan Driver

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak dua tahun lalu telah membuat banyak pihak memikirkan cara alternatif lainnya untuk menambah penghasilan mereka. Hal ini pun berlaku untuk setiap orang yang bekerja di sektor kuliner.

Berbagai inovasi berjualan telah berkembang hingga saat ini terkhususnya di platform penjualan online, seperti contohnya Shopee. Aplikasi penjualan online yang satu ini bahkan telah menyediakan platform khusus untuk pemesanan kuliner bernama Shopee Food dengan sistem pesan-antar bagi penggunanya.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari informasi bagaimana cara daftar Shopee Food mulai dari menjadi seorang merchant hingga driver. Memang, layanan terbaru dari Shopee ini mendapat perhatian dari banyak orang. Alasannya adalah berkaitan dengan gaya hidup masyarakat sekarang yang identik dengan aktivitas online, termasuk salah satunya adalah pemesanan makanan.

Kondisi masyarakat saat ini benar-benar diperhatikan dengan baik oleh Shopee hingga mereka mengembangkan layanan konsumennya hingga ke jasa pesan-antar makanan. Shopee Food kini telah dikenal umum oleh masyarakat sebagai salah satu penyedia layanan pesan-antar makanan secara online.

RajaBackLink.com

Nah, peluang ini tentunya tidak hanya berlaku bagi Shopee melainkan juga bagi setiap pedagang makanan di Indonesia yang ingin bergabung menjadi bagian dari Shopee. Pedagang kuliner yang telah terdaftar di Shopee kemudian disebut sebagai merchant Shopee Food.

Selain dari dibukanya peluang besar bagi setiap pedagang kuliner untuk menjadi bagian dari merchant Shopee Food, Shopee juga membuka secara umum bagi masyarakat yang ingin menjadi driver Shopee Food.

Driver inilah yang akan menjemput makanan yang dipesan secara online lalu mengantarkannya kepada pelanggan yang memesan.

Apabila Anda sedang mencari tahu bagaimana cara daftar Shopee Food mulai dari menjadi merchant ataupun driver, berikut adalah ulasannya.

 

A. Syarat dan Cara Daftar Menjadi Shopee Food Merchant

Berikut adalah syarat dan cara untuk daftar menjadi Shopee Food Merchant.

1. Syarat Daftar Shopee Food sebagai Merchant

Persyaratan yang diberlakukan untuk menjadi Shopee Food Merchant adalah tergantung dari jenis usaha yang Anda jalankan. Silakan disimak baik-baik kategorinya di bawah ini!

a. Jenis usaha perseorangan

Apabila jenis usaha yang Anda jalankan itu adalah perseorangan, maka persyaratannya adalah sebagai berikut:

  1. KTP/KITAS
  2. NPWPD
  3. Foto buku tabungan
  4. Lima foto menu populer (berdimensi 720 x 720 pixel, formatnya JPEG/JPG/PNG, dan resolusinya tinggi).

b. Jenis usaha berbadan hukum

Apabila jenis usaha yang dijalankan adalah berbadan hukum, berikut adalah persyaratan yang mesti dipenuhi untuk menjadi Shopee Food Merchant sebagai berikut:

  1. KTP/KITAS
  2. SIUP/TDUP
  3. NPWP
  4. TDP/NIB
  5. Surat keterangan domisili (apabila berlokasi di luar Jakarta)
  6. Akta pendirian
  7. NPWPD
  8. Foto buku tabungan
  9. Lima foto menu populer (dimensi 720 x 720 pixel, format JPEG/JPG/PNG, dan resolusi tinggi)

2. Cara Daftar Shopee Food Merchant

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar menjadi Shopee Food Merchant sebagai berikut:

  1. Isilah formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar di https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant_registration
  2. Tim Shopee akan menghubungi Anda melalui e-mail atau telepon dalam kurun waktu 3 x 24 jam setelah pendaftaran Anda berhasil.
  3. Ketika tim Shopee Food menghubungi Anda, mereka akan mengirimkan kepada Anda formulir kelengkapan dokumen dan perjanjian kerja sama (PKS).
  4. Silakan Anda isi dan lengkapi seluruh data dokumen yang diminta, lalu kirimkan kembali melalui email tersebut.
  5. Tim Shopee Food kemudian akan melakukan pengecekan terhadap dokumen yang Anda kirimkan. Ketika dokumen tersebut dinyatakan lengkap dan sesuai, maka tim akan kembali melanjutkan proses pendaftaran Anda tersebut. Waktu pengecekan pada tahap ini memerlukan waktu paling lambat selama 20 hari kerja, terhitung sejak hari ditetapkannya penerimaan dokumen Anda oleh tim Shopee Food.
  6. Pada masa tersebut, silakan Anda cek email secara berkala untuk mengetahui informasi terkini terkait status pendaftaran Anda menjadi Shopee Food Merchant dan Anda bisa mengetahui langkah selanjutnya.

 

B. Syarat dan Cara Daftar Menjadi Shopee Food Driver

Berikut adalah syarat dan cara daftar menjadi Shopee Food Driver. Silakan disimak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

1. Syarat Daftar Menjadi Shopee Food Driver

Persyaratan untuk menjadi Shopee Food Driver sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki KTP yang aktif
  3. Berusia 17 s.d. 65 tahun pada saat mendaftar 
  4. Memiliki SIM C aktif
  5. Memiliki STNK dengan tahun pembuatan kendaraan minimal tahun 2012
  6. SKCK aktif
  7. Buku tabungan (rekening BNI, BRI, BCA, atau Mandiri) dengan nama pemiliknya adalah sama seperti KTP yang didaftarkan
  8. Email aktif
  9. Nomor handphone aktif

2. Cara Daftar Menjadi Shopee Food Driver

Cara daftar untuk menjadi Shopee Food Driver adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan persyaratan di atas
  2. Isilah formulir pendaftaran di laman https://survey.alchemer.com/s3/6406341/Formulir-Pendaftaran-Driver-ShopeeFood dengan benar dan lengkap
  3. Silakan tunggu konfirmasi dari tim Shopee Food paling lambat selama satu bulan setelah formulir pendaftaran dikirimkan
  4. Tim Shopee akan menghubungi Anda melalui WhatsApp atau email yang Anda daftarkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya

 

C. Berapa Biaya Pendaftaran Menjadi Merchant atau Driver di Shopee Food?

Selain muncul pertanyaan mengenai bagaimana cara daftar Shopee Food untuk menjadi merchant ataupun driver, muncul juga pertanyaan mengenai berapa biaya pendaftaran yang dibutuhkan.

Jawabannya adalah tidak ada biaya pendaftaran bagi Anda yang ingin menjadi Shopee Food Merchant.

Namun, bagi Anda yang ingin menjadi driver, maka Anda akan dikenakan biaya untuk pembelian atribut. Biaya itu bisa dibayarkan dengan cara dicicil. Tersedia beberapa paket pilihan pembayaran cicilan disesuaikan dengan lokasi tinggal driver.

Silakan Anda akses laman help.shopee.co.id untuk mengetahui berapa biaya terkini pembelian atribut tersebut sesuai dengan lokasi tinggal driver serta seperti apa rincian lengkapnya.

Setelah Anda melunasi biaya pembelian atribut tersebut, maka hak kepemilikan dari atribut tersebut sepenuhnya akan menjadi hak milik Anda sebagai driver. Akun Shopee Food Driver akan diaktifkan maksimal dalam waktu tiga hari kerja terhitung sejak waktu pengambilan atribut.

Demikian, pembahasan mengenai bagaimana cara daftar Shopee Food mulai dari menjadi merchant hingga driver. Pada pembahasan di atas juga telah dijelaskan tidak ada biaya pendaftaran bagi Anda yang ingin menjadi merchant, sedangkan bagi yang ingin menjadi driver hanya perlu membeli atributnya saja.

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Shopee Food di Google Playstore