Cara Membuat Channel YouTube dan Tips Membuat Nama Channel yang Keren

Anda tertarik membuat channel YouTube tetapi bingung bagaimana caranya? Tenang, ini dia tips membuat channel YouTube yang mudah dengan nama channel yang keren!

Aplikasi YouTube sekarang tak hanya menjadi media hiburan saja, namun juga termasuk ke dalam industri baru yang menjanjikan. Dengan menjadi content creator di YouTube, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk jangka waktu panjang.

YouTuber sukses di Indonesia telah banyak. Pastinya, hal itu tak terlepas dari usaha keras mereka dan yang pertama kali mereka perhatikan adalah tahu cara membuat channel YouTube yang baik berikut dengan nama yang mudah diingat oleh para penontonnya.

 

RajaBackLink.com

A. Cara Membuat Channel YouTube

Langkah pertama yang mesti diperhatikan untuk menjadi YouTuber sukses adalah tahu cara membuat channel YouTube yang baik. Cara membuatnya bisa melalui handphone maupun PC.

1. Cara Membuat Channel YouTube melalui Handphone

Cara membuat channel YouTube melalui handphone bisa dilakukan oleh siapa pun. Berikut adalah penjelasannya:

  • Bukalah aplikasi YouTube yang ada pada smartphone Anda. Apabila belum ada, silahkan Anda pasang terlebih dahulu di Google Playstore atau Apps Store.
  • Silakan Anda lakukan login dan ikuti instruksi yang ada di sana.
  • Setelah berhasil login, silakan pilih menu You Channel.
  • Sebuah pop-up akan muncul, silakan diisi di sana nama channel YouTube yang ingin Anda buat.
  • Setelah selesai, klik 'Create Channel'.
  • Tampilan baru segera muncul, silakan dikreasikan foto profil yang digunakan berikut dengan deskripsi channel dan informasi penting lainnya yang ingin Anda tampilkan pada channel YouTube Anda.
  • Selesai, channel YouTube Anda sudah siap digunakan.

2. Cara Membuat Channel YouTube melalui PC

Cara membuat channel YouTube melalui komputer atau PC bisa dilakukan oleh siapa pun. Berikut adalah penjelasannya:

  • Bukalah laman situs website http://youtube.com di mesin pencarian url pada browser komputer atau PC Anda.
  • Silakan lakukan login dan ikuti instruksi yang ada.
  • Setelah berhasil login, silakan pilih menu 'Akunku'.
  • Setelah selesai, klik 'Create a New Channel' atau 'Buat Channel'.
  • Sebuah pop-up akan muncul, silakan isi nama channel sesuai akun Google Anda atau dibuat secara terpisah dengan membuat akun khusus untuk channel YouTube Anda.
  • Setelah selesai, ceklislah bagian 'Syarat dan Ketentuan'. Klik 'Buat'.
  • Tampilan baru akan muncul. Silakan dikreasikan foto profil yang tampil di sana termasuk deskripsi channel dan informasi penting lainnya yang akan ditampilkan pada channel YouTube Anda.
  • Selesai, channel YouTube Anda sudah siap digunakan.

 

B. Tips Membuat Nama Channel YouTube yang Keren

Selain dari memiliki channel YouTube, Anda juga harus memerhatikan nama channel yang digunakan. Berikut adalah tips membuat nama channel YouTube yang keren.

1. Menggunakan Nama Channel Sesuai dengan Konten yang Dibuat

Anda harus memerhatikan nama channel YouTube Anda sesuai dengan konten yang dipilih. Hal ini bertujuan agar penonton bisa mengetahui konten yang Anda bahas dari nama channel yang digunakan.

Contohnya, channel Anda mengulas tentang pendidikan. Maka Anda bisa menggunakan unsur tentang pendidikan di nama channel YouTube Anda. Seperti: Pintar Berbahasa Inggris, Dunia Matematika Asik, Menghitung Mudah, dan lain-lain.

2. Menggunakan Nama Diri Sendiri

Cara membuat nama channel yang keren bisa juga dengan menggunakan nama diri sendiri. Hal ini pun bisa membuat nama channel Anda dikenal khusus karena langsung disandingkan dengan pribadi Anda.

Kedudukan channel YouTube yang Anda miliki ini pun akan bisa dibedakan keberadaannya dengan channel YouTube yang lain. Contohnya adalah nama channel YouTube Raditya Dika. Channel YouTube ini telah dikenal oleh publik sebagai saluran YouTube milik komedian, penulis buku, dan konten kreator yang bernama Raditya Dika.

3. Menggunakan Nama yang Unik

Dengan menggunakan nama samaran unik, hal ini juga akan bisa membuat channel YouTube Anda terasa berkesan oleh pengunjung dan hal itu akan bisa membedakannya dengan channel YouTube yang lain.

Nama yang unik pun akan menjadikan channel Anda lebih mudah diingat oleh para penikmat saluran YouTube.

4. Menggunakan Nama yang Mudah Diingat

Selain unik, Anda juga harus memilih nama yang mudah diingat oleh pengunjung channel YouTube Anda. Dengan hal ini, maka penonton akan selalu bisa berkunjung ke channel YouTube Anda kapan dan di mana saja dengan mudah.

5. Memilih Nama yang Mudah Dibaca

Memilih nama yang mudah dibaca juga penting diperhatikan oleh setiap content creator YouTube.

Ketika Anda menggunakan nama yang sulit dibaca, maka hal itu bisa menyulitkan penonton channel YouTube Anda ketika akan berkunjung kembali ke saluran tersebut.

6. Menggunakan Nama Usaha Anda

Anda bisa menggunakan nama usaha yang dimiliki untuk digunakan sebagai nama channel YouTube Anda.

Hal ini juga bisa menjadi media promosi untuk perusahaan Anda. Keunggulan dari menggunakan tips ini adalah merk usaha Anda akan bisa dikenal oleh banyak orang. Selain itu, nama channel YouTube Anda pun akan ramai dikunjungi oleh pengunjung dan bisa menambah peluang suksesnya usaha Anda.

7. Menggunakan Tools Khusus

Di zaman sekarang, telah banyak tools khusus yang menyediakan nama untuk channel YouTube agar terdengar keren. Apabila Anda membutuhkan inspirasi untuk nama channel YouTube Anda, maka Anda bisa memanfaatkan tools tersebut.

Demikian, hal-hal yang penting diperhatikan saat akan membuat channel YouTube. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas, mulai dari cara membuat channel YouTube hingga bagaimana cara memilih nama yang keren untuk channel YouTube Anda. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @StockSnap