Cara Mengosongkan Google Drive

Apakah Anda masih bingung mengenai cara mengosongkan Google Drive Anda yang penuh tapi Anda masih ingin menyimpan suatu file di dalamnya? Apalagi jika file-file yang ada dalam Google Drive Anda itu sudah tidak berguna lagi. Jika iya, maka tenang saja.

Cara mengosongkan ruang penyimpanan Google Drive sebenernya sangatlah mudah. Anda bisa langsung menyimpan semua file yang Anda inginkan dan butuhkan di sana.

Google Drive sendiri merupakan salah satu layanan penyimpanan data yang bisa menyinkronisasikan data pada berbagai perangkat berbeda dan ia pun bisa berbagi berkas. Tetapi, meskipun Google Drive juga dikenal bisa berbagi berkas dan jumlah ruang penyimpanan data yang cukup besar, perusahaan Google masih menerapkan beberapa batasan untuk kapasitas ruang penyimpanannya.

Agar Anda bisa menggunakan layanan penyimpanan data Google Drive tanpa harus membayar, maka Anda hanya perlu mengosongkan Google Drive. Salah satu caranya adalah dengan menghapus data yang tidak penting di dalamnya.

RajaBackLink.com

Bagi Anda yang memerlukannya, berikut adalah cara mengosongkan Google Drive dengan mudah.

1. Cara Mengosongkan Google Drive Menggunakan Komputer

Salah satu cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan Google Drive adalah dengan cara menghapus file. Biasanya, Anda hanya perlu menaruh file yang ingin Anda hapus itu di sampah. Dan setelah menunggu selama 30 hari, file itu akan terhapus secara otomatis.

Untuk menghapus file, Anda bisa menggunakan komputer dan masuk ke laman drive.google.com.

Setelah itu, Anda bisa mengklik kolom 'file' dan klik opsi 'Remove'. Di sana, Anda bisa memilih dua opsi untuk menghapus file itu.

Pertama, hapus satu file secara permanen. Kedua, kosongkan seluruh sampah Anda.

Namun, hal yang perlu Anda ingat adalah setelah Anda menghapus file itu secara permanen, maka siapapun orang yang pernah Anda bagikan tautan file itu akan kehilangan akses memasuki file itu lagi. Terlebih, apabila Anda ingin orang lain itu masih memiliki akses untuk membuka file itu, maka Anda hanya perlu mengirimkan file itu kepada bersangkutan sebelum penghapusan ataupun mengontak mereka untuk download file tersebut sebelum Anda hapus.

Sedangkan untuk cara mengosongkan sampah pada Google Drive di komputer, Anda hanya perlu memasukkan laman drive.google.com.

Setelah itu, klik ikon sampah di sebelah kiri. Pastikan terlebih dahulu tidak ada file yang ingin Anda simpan atau penting. Kemudian klik 'Kosongkan Sampah' di bagian kanan atas.

2. Cara Mengosongkan Google Drive Menggunakan Android

Untuk mengosongkan Google Drive menggunakan Android, caranya sama saja dengan menggunakan komputer. Anda bisa menghapus file itu secara otomatis setelah membuangnya ke sampah dan menunggu selama 30 hari. Setelah itu file itu akan terhapus otomatis dan Anda tidak bisa mengakses kembali file itu.

Adapun caranya adalah sebagai berikut di bawah ini:

  • Bukalah aplikasi Google Drive melalui ponsel atau tablet Anda
  • Di sebelah kanan bawah, Anda bisa mengklik kolom 'File'
  • Di samping file yang akan Anda hapus, klik kolom 'Lainnya' lalu Anda bisa menghapusnya.

Anda dapat menghapus file secara permanen atau mengosongkan seluruh sampah Anda. Caranya Anda bisa mengklik ikon 'Menu' dilanjut dengan klik ikon 'Trash'. Di samping file mana yang ingin Anda hapus, klik 'Lainnya' lalu hapus untuk selamanya.

3. Cara Mengosongkan Google Drive melalui iPhone

Untuk pengguna iPhone, berikut adalah cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan data Google Drive:

  • Bukalah aplikasi Google Drive
  • Di samping file yang akan Anda hapus atau kosongkan, klik ikon 'Lainnya'
  • Setelah itu, Anda hanya perlu mengklik ikon 'Hapus' yang ada di bagian bawah.

Anda juga dapat menghapus file itu secara permanen seperti cara-cara sebelumnya di atas.

Demikianlah mengenai cara-cara mengosongkan ruang penyimpanan Google Drive yang bisa Anda ikuti di rumah, sekolah, tempat Anda bekerja, dan lain-lain. Tapi sebelum Anda akan menghapus file-file tersebut, pastikan terlebih dahulu bahwa file itu adalah tidak penting ataupun pisahkan terlebih dahulu dari file yang ingin disimpan.

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt