Cara Mengubah Format Video

Cara mengubah format video ke format lainnya adalah penting untuk diketahui bagi setiap penikmat video musik, video film, dan lain-lain.

Mengapa hal tersebut penting? Alasannya adalah Anda akan leluasa untuk memutar video yang isinya tidak bisa dibuka di ponsel Anda karena format pemutarannya tidak didukung di ponsel tersebut.

Dengan mengubah format video itu ke bentuk format lainnya, maka isi dari video tersebut akhirnya bisa diputar. Selain itu, mengubah format video juga bisa untuk mengurangi ukuran file aslinya sehingga berukuran lebih kecil dan tidak akan membebani ruang penyimpanan ponsel yang dimiliki.

Sebagai contoh, Anda mengunduh video musik YouTube dan yang diperlukan oleh Anda hanya musiknya saja. Maka, Anda akan mencari cara untuk mengubah format mp4 tersebut ke mp3.

RajaBackLink.com

Tidak perlu aplikasi tambahan, Anda kini bisa mengubah format video ke format lainnya secara langsung hanya dengan menggunakan internet saja. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, disimak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengubah Format Video secara Online

Berikut adalah cara mengubah format video ke bentuk format lainnya secara online tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Inilah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser pada ponsel atau PC Anda
  2. Ketik pada kolom pencarian url di sana online-convert.com
  3. Klik format yang diinginkan
  4. Klik Go
  5. Upload video yang ingin diubah formatnya
  6. Klik Convert file untuk memulai proses pengubahan format video
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai
  8. Unduhlah video yang telah selesai diubah formatnya
  9. Selesai, Anda kini memiliki video yang telah diubah formatnya.

Selain Anda bisa mengubah bentuk format video di laman ini, Anda juga bisa memilih untuk menurunkan ukuran file video tersebut menjadi lebih kecil dengan opsi “size of video”.

Di laman ini juga terdapat berbagai fitur lainnya seperti opsi “change video bitrate”, “select audio codec”, “disable audio track”, dan “change frame rate”.

Di sini, Anda juga bisa memotong video dan melakukan mirror atau flip video.

Anda di sini bisa menggunakan fitur apa pun yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Mengubah Format Video via Aplikasi Format Factory

Pernahkah Anda mendengar aplikasi bernama Format Factory? Bagi pembuat video, mereka mungkin sudah tidak asing lagi bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Format Factory telah dikenal fungsinya oleh para pembuat video untuk mengganti format video yang dibuat atau dimiliki, edit suara, edit gambar, menggabungkan video dengan suara, dan lain-lain.

Keunggulan lainnya dari aplikasi Format Factory adalah ukuran file-nya yang tidak terlalu besar sehingga tidak akan mengambil banyak ruang kosong penyimpanan ponsel penggunanya.

Sebagai contoh tutorial dalam menggunakan aplikasi Format Factory, mari kita ambil contoh untuk mengubah format video yang berjenis MP4 ke format jenis suara (MP3).

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Silakan disimak penjelasan di bawah ini, cara mengubah format video ke format MP3 menggunakan aplikasi Format Factory sebagai berikut:

  1. Install aplikasi Format Factory pada smartphone
  2. Setelah selesai, bukalah aplikasi tersebut
  3. Pilih format yang Anda inginkan
  4. Silakan Anda Tambahkan File video yang ingin diubah formatnya
  5. Klik Ok 
  6. Klik Mulai untuk memulai proses mengubah format video
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai
  8. Selesai, Anda kini telah memiliki isi video dengan format lain.

Keunggulan dari Anda menggunakan aplikasi Format Factory adalah Anda bisa menentukan sendiri di mana letak penyimpanan file.

Demikian, pembahasan mengenai cara mengubah format video ke bentuk format lainnya secara online ataupun dengan menggunakan aplikasi bernama Format Factory. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @JanBaby