Download Aplikasi Burning CD

Apabila Anda ingin melakukan burning CD, maka tentunya Anda akan membutuhkan aplikasi untuk melakukannya, baik itu yang gratis maupun berbayar.

Meskipun di masa sekarang penggunaan dari Optical Drive sudah jarang peminatnya, tetapi untuk sebagian orang masih memerlukannya untuk kepentingan tertentu.

Contohnya adalah dibutuhkan sebagai media instalasi Windows melalui CD, ataupun melakukan burning CD untuk menyimpan data-data pribadi seperti musik kesayangan Anda, film kesayangan, foto keluarga Anda, dan lain-lain.

Berikut adalah rekomendasi daftar aplikasi burning CD terbaik yang bisa Anda pilih.

RajaBackLink.com

1. Nero

Nero adalah aplikasi yang cukup populer digunakan oleh para pengguna PC Windows.

Fitur yang tersaji dalam aplikasi Nero adalah terbilang lengkap. Seperti terdapat fitur burner, media manager, ripper, converter, dan adanya fitur untuk backup&recue.

Cara menggunakan aplikasi Nero adalah Anda cukup masukkan saja CD yang kosong ke komputer, laptop, atau perangkat PC lainnya. Setelahnya, silakan Anda pilih fitur yang tersedia di sana sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Nero menyajikan versi gratis dan versi berbayar. Bagi Anda yang menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka silakan Anda gunakan Nero versi berbayarnya.

2. CDBurnerXP

Sesuai namanya, rekomendasi aplikasi untuk burning CD yang berikutnya adalah bernama CDBurnerXP. Anda mungkin mengira bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Windows XP karena nama aplikasi ini berakhiran XP.

Tetapi, Anda salah jika mengatakan hal tersebut. Aplikasi CDBurnerXP juga dapat digunakan mulai dari Windows 7 sampai Windows 10.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan burning audio, data, hingga file ISO ke CD, HD-DVD, DVD, hingga file Blu-ray.

Satu hal lagi yang menarik dari aplikasi CDBurnerXP adalah terdapat fitur converter file image dari tipe bin/nrg ke ISO.

3. Ashampoo Burning Studio

Rekomendasi aplikasi burning CD yang berikutnya adalah bernama Ashampoo Burning Studio. Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini pun adalah tidak kalah hebat dari para kompetitornya.

Di antara fitur yang tersaji dalam aplikasi ini adalah fitur untuk burn file/folder, video, musik, disk image dengan format file ISO, dan lain sebagainya.

Apabila Anda menggunakan aplikasi Ashampoo Burning Studio, maka Anda tidak perlu risau akan ruang penyimpanan yang berlebih pada CD.

Alasannya, aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur backup yang bisa melakukan kompresi dan enkripsi pada suatu data yang Anda inginkan.

4. ImgBurn

Aplikasi bernama ImgBurn dapat Anda pilih untuk melakukan burning CD, baik itu melalui komputer ataupun laptop.

Aplikasi ImgBurn dapat mendukung file berformat CD, DH-DVD, DVD, serta Blu-Ray.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung banyak file image seperti CCD, CDI, BIN, DVD, CUE, DI, GI, IMG, MDS, PDI, NRG, dan tidak ketinggalan juga adalah file ISO.

Aplikasi ImgBurn dilengkapi dengan lima mode pengoperasian yaitu read, write, verify, build, dan discovery.

5. PowerISO

Aplikasi burning CD yang selanjutnya adalah bernama PowerISO. Aplikasi ini bisa dibilang sangat powerfull karena menyajikan fitur-fitur yang istimewa di dalamnya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur burning file berformat BIN, ISO, CDI, NRG, DAA, dan format lainnya.

Selain dari fitur di atas, pengguna dari aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengekstrak dan membuka file berformat ISO dengan mudah.

Aplikasi PowerISO juga didukung dengan fitur yang berfungsi untuk ripping audio CD ke file dengan format APE, MP3, WMA, FLAC, BIN, dan lain sebagainya.

6. Ultimate CD/DVD Burner

Apabila Anda memerhatikan namanya, maka benar bahwa aplikasi ini tidak terbatas fungsinya hanya untuk burning CD saja, namun juga bisa digunakan untuk burning DVD juga.

Aplikasi Ultimate CD/DVD Burner dirancang dengan beberapa fitur untuk burning file seperti CD-RW, CD-R, DVD+R/RW, dan DVD-R/RW.

Tak sebatas fitur di atas, fitur lainnya yang terdapat dalam aplikasi ini adalah copy disk, burning data, backup, photo album, dan fitur untuk membuat ISO CD.

7. Active@ ISO Burner

Aplikasi burning CD yang berikutnya adalah bernama Active@ ISO Burner.

Anda bisa melakukan burning CD menggunakan aplikasi ini dengan file ISO ke CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD+R, DVD-RW, DVD+R DL (Dual Layer), dan DVD+RW dengan mudah.

Untuk melakukan burning, melalui aplikasi ini Anda hanya perlu pilih “path” dan pilihlah file yang ingin di burn, kemudian tentukanlah kecepatan burn, mode, dan jumlah copy-annya yang Anda perlukan.

8. InfraRecorder

Rekomendasi berikutnya tekait aplikasi burning CD adalah bernama InfraRecorder. Kemampuan yang hadir dalam aplikasi ini adalah menghapus isi CD dan piringan DVD, copy dan ripping, dan burn dual layer DVD.

Cara penggunaan aplikasi ini juga adalah terbilang mudah. Anda cukup drag and drop file yang ingin di-burn ke aplikasi Infrarecorder.

9. Star Burn

Star Burn adalah aplikasi yang mengusung fitur burning CD menarik dan pengoperasiannya adalah mudah.

Aplikasi Star Burn bisa melakukan burning CD-R/RW, DVD+R/RW, DVD-R/RW, HD-DVD-R/RW, BD-R/RE, dan DVD-RAM.

Cara menggunakan aplikasi Star Burn adalah simpel dengan cukup Anda drag dan drop file yang akan di-burn ke dalam aplikasi ini.

10. BurnAware

Aplikasi BurnAware memiliki keunggulan yang bisa menduplikat data dengan mudah melalui perangkat PC, contohnya melalui komputer dan laptop.

Aplikasi BurnAware bisa digunakan untu burning file ke bentuk CD ataupun DVD.

Tidak hanya sebatas itu, Anda juga bisa melakukan burning ISO Images menggunakan aplikasi ini.

Demikian, daftar rekomendasi aplikasi burning CD terbaik yang bisa Anda pilih dan gunakan pada perangkat PC, contohnya pada komputer dan laptop. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt