Lupa Kata Sandi Facebook? Ini Cara membukanya

Apakah Anda pernah mengalami momen lupa memasukkan kata sandi Facebook dan bingung bagaimana cara membukanya? Tenang, jangan bingung dulu karena sekarang ada tips mengenai cara membuka kata sandi Facebook yang Anda lupakan.

Caranya Anda bisa mengatur ulang atau mengganti kata sandi Facebook yang Anda gunakan menjadi kata sandi yang baru, sehingga Anda bisa mengakses kembali akun Anda di Facebook. Dan sebelum mengatur ulang kata sandi Facebook, Anda harus mengecek dulu pengelola kata sandi di browser yang Anda gunakan.

Sebab ada banyak browser yang biasanya meminta kita untuk menyimpan kata sandi secara otomatis ketika akan masuk ke akun online. Oleh karena itu, barangkali Anda bisa memeriksanya di berkas penyimpanan kata sandi di browser dan menemukan kata sandi Anda.

Adapun mengenai cara membuka kata sandi Facebook Anda sendiri adalah sebagai berikut:

RajaBackLink.com
  1. Anda bisa mengklik menu Google Chrome dan masuk ke Settings > Password.
  2. Masukkan kata Facebook di bar pencarian atau Anda bisa mengeceknya secara manual di dalam daftar situs yang ada.
  3. Klik icon yang berbentuk mata.
  4. Bukalah kunci menggunakan PIN atau sidik jari untuk melihat kata sandi yang tersimpan.

Apabila dengan cara di atas Anda masih belum bisa menemukan kata sandi Facebook, maka Anda perlu mengatur ulang kata sandi Facebook yang Anda gunakan untuk kembali masuk ke akun Anda.

Adapun cara mengatur ulang kata sandi Facebook akan sangat mudah dilakukan jika Anda sudah menambahkan alamat email dan nomor telepon alternatif sebelumnya.

Berikut adalah cara untuk mengganti kata sandi Facebook yang lama untuk menjadi kata sandi yang baru:

Langkah pertama, bukalah aplikasi atau website Facebook dan klik menu 'Forgorten password?' atau 'Lupa Kata Sandi?'

Kedua, masukkan nomor telepon atau alamat email Anda di kotak pencarian akun.

Ketiga, kolom search. Setelahnya, Facebook akan mencari akun Facebook yang terkait dengan detail pencarian yang Anda masukkan.

Apabila akun Anda sudah ditemukan, klik di bagian 'This is my account'. Apabila akun Anda masih belum ditemukan, ikuti langkah petunjuk yang ada di layar handphone Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk memulihkan akun Facebook Anda:

  1. Pilihlah bagaimana Anda ingin menerima pengaturan kode dan klik 'Continue'.
  2. Masukkan kode keamanan yang telah dikirimkan melalui email atau teks SMS, disambung klik 'Continue' lagi.
  3. Buatlah kata sandi Facebook baru yang Anda inginkan.
  4. Klik 'Continue' untuk menyelesaikan pengaturan ulang kata sandi akun Facebook Anda.
  5. Jika sudah selesai, masuklah ke akun Facebook menggunakan kata sandi baru yang sudah diganti tadi.

Dan, bagaimana jika Anda tidak mendapatkan kode pengaturan ulang kata sandi?

Maka Anda harus menunggu beberapa saat dan klik 'Didn't get a code?'. Lalu, pilihlah bagaimana Anda ingin menerima kode konfirmasi. Pastikan handphone Anda aktif dan kotak masuk pesan atau SMS tidak penuh.

Jangan lupa untuk mengecek berkas spam pada email Anda apabila Anda menggunakan Email Whitelist Facebook.

Anda tidak bisa mengatur ulang kata sandi Facebook Anda jika permintaan Anda sudah mencapai batas. Anda harus menunggu 24 jam sebelum dapat melakukan permintaan ulang untuk pergantian kata sandi lagi.

Jika Anda tidak ingin melupakan kata sandi Facebook Anda lagi, Anda bisa melakukan permintaan ke Facebook untuk mengingat kata sandi Anda hingga ketika Anda ingin masuk kembali ke akun Facebook, Anda hanya perlu mengklik gambar profil akun dan tidak perlu memasukkan kembali kata sandi lama Anda.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan password manager di perangkat yang Anda gunakan. Sehingga, kata sandi Anda bisa terjaga dengan aman.

Apabila Anda ingin keamanan tambahan, Anda juga bisa mengaktifkan autentikasi 2 faktor untuk Facebook Anda atau peringatan masuk, kontak yang dapat dipercaya, password aplikasi, dan authorized logins.

Adapun password manager berfungsi sebagai pengingat semua password sehingga Anda tidak lupa lagi.

Dan jika nomor telepon yang Anda gunakan sudah tidak aktif lagi, maka Anda dapat menggunakan email untuk alternatif mengganti kata sandi akun Facebook Anda.

Anda juga bisa mendapatkan bantuan dengan menghubungi pihak Facebook untuk meminta bantuan agar akun Anda dipulihkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan KTP.

 

***

Sumber Foto: Pixabay @FirmBee