Star Seller Shopee: Penuhi Syaratnya dan Rasakan Keuntungannya

Star Seller Shopee atau yang sering disebut dengan panggilan Star Shopee merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Shopee kepada toko penjualan yang aktif dan selalu terus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya terhadap pelanggan.

Star Seller Shopee hanya diberlakukan untuk toko yang sifatnya adalah perorangan, bukan suatu perusahaan ataupun PT. Kualifikasi inilah yang menjadi syarat wajib diberikannya penghargaan Shopee tersebut.

Apabila Anda menginginkan agar toko online Shopee Anda mendapat penghargaan Star Seller, berikut adalah hal-hal yang mesti Anda perhatikan.

 

RajaBackLink.com

Syarat dan Cara Menjadi Star Seller Shopee

1. Verifikasi Identitas

Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP beserta foto diri Anda secara close up yang sedang memegangi KTP oleh pihak Shopee. Hal ini akan dimintakan kepada Anda saat akan membuat toko di Shopee.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kasus penipuan pada transaksi jual beli online yang dilakukan di platform Shopee. Dengan dilakukannya verifikasi identitas penjual, maka diharapkan penjual tersebut tidak akan melakukan pelanggaran. Jika ternyata di kemudian hari ditemukannya penjual yang melanggar, maka pihak Shopee akan sangat mudah menindaklanjuti kasus tersebut.

Selain dari tujuan di atas, verifikasi identitas juga diperlukan sebagai bukti bahwa toko yang dibuka tersebut memiliki pemilik sehingga status jual-beli bisa dipercaya saat berlangsung di Shopee. Verifikasi ini juga sangat penting dilakukan agar toko online Shopee Anda bisa naik statusnya menjadi Star Seller.

2. Persentase Kecepatan Membalas Chat Pelanggan

Kualifikasi berikutnya yang diperlukan agar toko online Shopee Anda bisa menjadi Star Seller adalah Anda harus memperhatikan persentase kecepatan membalas chat yang ada di Shopee dari pelanggan ataupun calon pembeli.

Apabila persentase membalas chat toko Anda adalah kurang dari 80%, maka toko online Shopee Anda tidak akan bisa berubah statusnya menjadi Star Seller.

Calon pembeli akan sering menanyakan terlebih dahulu bagaimana status ketersediaan produk yang Anda jual di toko online Shopee Anda. Selain itu, mereka juga akan bertanya tekait pilihan warna yang tersedia, ukuran barang, dan lain-lain.

Apabila pesan-pesan tersebut masuk ke kotak pesan toko online Anda, silakan Anda jawab dengan cepat untuk menaikkan rating kecepatan membalas chat dari pelanggan atau calon pembeli.

Jangan sampai Anda membiarkan mereka menunggu lama terkait balasan tentang produk toko online Anda. Hal ini akan berdampak menurunkan kualitas dan performa yang Anda telah peroleh di Shopee.

3. Rating Toko Minimal 4.5

Syarat selanjutnya agar Anda bisa mendapatkan status Star Seller Shopee adalah memiliki rating toko minimal 4.5.

Rating ini juga akan digunakan oleh calon pembeli dakam menilai kualitas pelayanan toko online Shopee Anda. Karenanya, silakan Anda jaga baik dan tingkatkan terus pelayanan toko Anda kepada pelanggan dan calon pembeli yang mampir. Hal ini akan bisa membangun performa toko online Anda semakin bagus dan berkualitas.

Rating dari toko online Shopee ditentukan oleh penilaian konsumennya ketika telah selesai melakukan transaksi jual-beli dari toko tersebut. Apabila terdapat banyak ulasan positif, maka rating dari toko tersebut akan bagus dan menjadi modal untuk terus bertambahnya pelanggan yang akan membeli produk tokonya.

Namun, apabila ulasan yang diberikan oleh konsumen yang telah menyelesaikan transaksi jual-beli dari toko tersebut adalah buruk, maka hal itu akan berdampak dari menurunnya kualitas atau rating toko tersebut.

Angka minimal rating toko yang dinobatkan oleh Shopee sebagai Star Seller adalah 4.5 saja. Apabila kurang dari rating tersebut, maka toko online tersebut harus meningkatkan pelayanan yang dimilikinya terhadap pelanggan sehingga kualitas tokonya akan terus naik.

Agar bisa mendapatkan penghargaan dari Shopee sebagai Star Seller, maka Anda harus berusaha keras untuk membuat konsumen Anda selalu puas terhadap pelayanan yang diberikan di toko online Shopee Anda.

4. Mencapai Target Minimal Penjualan 100 Produk dalam Satu Bulan

Syarat berikutnya agar Anda bisa memperoleh penghargaan dari Shopee sebagai Star Seller adalah Anda mencapai target penjualan perbulan minimal sebanyak 100 buah.

Anda harus mampu menjual produk di toko online Shopee Anda sebanyak 100 produk hanya dalam satu bulan. Untuk bisa mencapai target ini, alangkah baiknya apabila Anda menjual barang dengan harga yang murah dan menarik.

Hal ini dikarenakan agar pembeli bisa membeli beberapa barang secara sekaligus di toko online Anda, serta total uang yang dibelanjakan mereka pun tidak akan membebani mereka sehingga bisa terus berlangganan.

 5. Memiliki Produk Pre-Order

Setelah memenuhi 5 syarat di atas, maka hal selanjutnya yang mesti Anda perhatikan adalah Anda memiliki produk pre-order yang dijual dari toko online Shopee Anda.

Persentase jumlah produk pre-order yang mesti Anda siapkan dari toko Anda adalah minimal sebanyak 20% dari total barang yang terdapat di toko online Shopee Anda dan masa pre-order-nya adalah kurang dari lima hari.

6. Tidak Pernah Melanggar Peraturan

Hal selanjutnya yang mesti Anda ingat dan perhatikan agar bisa menjadi Star Seller Shopee adalah tidak melanggar peraturan yang diberlakukan. Meskipun persyaratan berdagangnya adalah ketat dan terhitung cukup sulit untuk mendapatkan penghargaan Star Seller Shopee, Anda tidak boleh melakukan pelanggaran berjualan dengan menghalalkan segala cara hanyabagar bisa laku.

Untuk bisa menjadi Star Seller, toko online Shopee Anda tidak boleh memiliki catatan pelanggaran. Hal ini pun akan menjadi penilaian penting oleh Shopee dari toko Anda. Shopee hanya akan mengapresiasi toko yang berjualan dengan taat hukum dan amanah.

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Shopee dari Google Palystore