Viral Foto Wajah Diubah Jadi Kartun di Instagram – TikTok, Begini Caranya

Netizen banyak yang mengunggah fotonya dalam bentuk animasi kartun di media sosial Instagram hingga TikTok. Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Voila AI Artist bisa menjadi pilihan bagi Anda apabila menginginkan hal yang serupa.

Voila AI Artist adalah salah satu aplikasi edit foto menjadi kartun yang tersedia di Google Playstore maupun App Store. Aplikasi ini dibuat oleh salah satu pengembang yang berada di Inggris yaitu Wemagine.AI.

Aplikasi edit foto menjadi kartun ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Secara operasional, aplikasi Voila AI Artist ditunjang dengan empat mode manipulasi foto yaitu kartun 2D, kartun 3D, lukisan renaissance, dan karikatur. Di antara empat mode tersebut, mode kartun 3D adalah mode yang paling populer digunakan netizen.

RajaBackLink.com

Cara Mengubah Foto Wajah Menjadi Kartun

Untuk mengubah foto wajah menjadi kartun, maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi bernama Voila AI Artist di smartphone Anda.

Apabila Anda belum memilikinya, silakan diunduh dan dipasang terlebih dahulu dari Google Playstore untuk ponsel pintar berbasis Android dan dari App Store untuk ponsel pintar berbasis iOS.

Apabila sudah ter-install aplikasi Voila AI Artist pada smartphone Anda, kini saatnya kita mencobanya. Silakan dibuka aplikasi tersebut dan pilih mode karakter yang diinginkan. 

Setelahnya, silakan Anda pilih foto yang ingin dijadikan kartun. Anda bisa memotret baru foto yang diinginkan di aplikasi ini ataupun mengambil foto dari galeri smartphone Anda. Setelah itu, foto yang dipilih baru bisa diubah tampilannya menjadi kartun.

Perlu Anda ketahui bahwa proses pengubahan menjadi kartun bisa saja gagal apabila foto tersebut tidak memenuhi kualifikasi yang disyaratkan.

Apabila dalam foto yang Anda pilih terdapat dua objek berbeda di dalamnya, maka silakan Anda pilih satu objek saja dari dua gambar itu.

Setelah Anda memilih mode kartun mana yang diterapkan pada foto itu, maka Anda masih bisa memilih tiga filter berbeda untuk digunakan sekaligus. Contohnya jika Anda memilih mode kartun 3D, maka Anda setelahnya pun masih bisa memilih untuk menggunakan filter baby 3D, royalty 3D, dan cartoon 3D.  

Aplikasi Voila AI Artist akan menyandingkan ke-tiga opsi filter tersebut dengan foto asli pada tampilan kolase. Setelah hal tersebut, foto kartun itu akan bisa Anda simpan dan diunggah ke akun media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain.

Cara Edit ke Tingkat Lebih Lanjut

Apabila Anda menginginkan untuk bisa mengedit foto kartun yang Anda buat ke tingkat lebih lanjut, maka Anda bisa berlangganan fitur berbayar Voila AI Artist Pro. Jika Anda memilih fitur berbayar, maka Anda juga bisa menikmati layanan tanpa iklan yang akan otomatis diaktifkan di aplikasi ini.

Pengembang menawarkan harga langganan perminggu US$ 2 atau sekitar Rp 29 ribu, US$4 atau sekitar Rp 57 ribu untuk satu bulan, dan US$ 21 atau sekitar Rp 299 ribu untuk satu tahun.

Aplikasi Voila AI Artist dirilis pada 18 Maret 2021 dan telah diperbarui pada 22 Aguatus 2022. Aplikasi ini telah diunduh hingga saat ini lebih dari 10 juta kali unduhan di Google Playstrore.

Namun, CNET mengabarkan bahwa aplikasi Voila AI Artist mengumpulkan informasi pribadi, aktivitas online, dan perangkat dari penggunanya. Data-data tersebut kemudian dibagikan oleh Wemagine.AI ke pihak ketiga dan pengiklan.

Selain itu, CNET juga menyebutkan bahwa aplikasi ini membagikan pula informasi pribadi penggunanya yang memakai versi gratis kepada salah satu perusahaan afiliasi atau subkontraktor.

Data-data itu kemudian digunakan untuk mengetahui jenis iklan mana yang cocok ditayangkan di dalam aplikasi Voila AI Artist. Setiap pengguna akan dihadirkan dengan iklan yang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas aplikasi penggunanya.

Meski demikian, perusahaan induk aplikasi Voila AI Artist mengaku bahwa semua foto penggunanya yang masuk akan dihapus dalam rentang waktu 24 s.d. 48 jam setelah foto terakhir pengguna itu dibuat di aplikasi.

Selain Voila AI Artist, terdapat juga aplikasi pengubah foto menjadi kartun lainnya. Di antaranya yaitu ToonMe, Cartoon Photo Editor, PicsKit, Prisma Photo Editor, dan lain-lain.

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar Aplikasi Voila AI Artist di Google Playstore