Aplikasi Edit Foto Jadi Sketsa yang Paling Bagus

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat foto terlihat menjadi menarik. Salah satu caranya adalah dapat dilakukan dengan mengedit foto menggunakan efek yang terdapat pada aplikasi edit foto.

Hingga saat ini, terdapat banyak aplikasi edit foto yang bisa digunakan oleh siapa pun untuk membuat fotonya menjadi semakin menarik. Seperti salah satunya dapat dilakukan dengan cara mengedit foto tersebut menjadi bentuk sketsa menggunakan aplikasi edit foto.

Untuk mengubah foto menjadi sketsa pun tidaklah sulit. Cukup Anda install aplikasi pengubah foto menjadi sketsa, maka Anda pun bisa langsung menggunakannya secara gratis.

Berdasarkan jenisnya, aplikasi pengubah foto menjadi sketsa terdapat 2 macam. Yang pertama adalah aplikasi pengubah foto menjadi sketsa pensil. Dan, yang kedua adalah aplikasi pengubah foto menjadi sketsa berwarna.

RajaBackLink.com

Apapun aplikasi pengubah foto menjadi bentuk sketsa yang ingin digunakan, silakan Anda pilih sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bahkan, Anda pun bisa memilih sekaligus 2 jenis aplikasi tersebut secara bersamaan apabila dibutuhkan.

Berikut adalah daftar aplikasi pengubah foto menjadi sketsa pensil maupun sketsa warna yang paling bagus, yang direkomendasikan untuk Anda. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan Anda simak baik-baik pada ulasan di bawah ini!

1. Sketchbook

Sketchbook merupakan aplikasi pengubah foto menjadi bentuk sketsa yang cukup dikenal secara umum di berbagai belahan dunia. Aplikasi Sketchbook hingga saat ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Aplikasi edit foto ini bisa digunakan oleh Anda untuk mengubah foto menjadi tampilan sketsa. Dalam aplikasi ini, Anda bisa memilih hitam putih untuk sketsa pensil ataupun berwarna untuk sketsa warna.

Untuk pilihan sketsa warna, Sketchbook menawarkan berbagai macam pilihan warna yang detail. Darinya, Anda bisa mengembangkan kreativitas lebih luas lagi dalam mengubah foto menjadi bentuk sketsa sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kebanyakan orang telah salah mengira bahwa hasil foto sketsa menggunakan aplikasi Sketchbook adalah hasil editan menggunakan aplikasi Photoshop.

Aplikasi Sketchbook dapat digunakan secara gratis 100% oleh siapa pun. Pada aplikasi ini tidak ada iklan, sehingga tidak akan mengganggu kinerja Anda saat pengeditan foto menjadi bentuk sketsa.

2. PaperColor: Paint Draw Sketchbook & PaperDraw

Rekomendasi aplikasi edit foto menjadi sketsa berikutnya adalah datang dari developer Colorfit. Aplikasi PaperColor dapat mengubah foto Anda menjadi bentuk sketsa hitam putih atau juga menjadi sketsa berwarna.

Cara untuk mengedit foto menjadi sketsa pun adalah mudah menggunakan aplikasi PaperColor. Anda hanya perlu memilih foto yang ingin diubah, lalu menggunakan tool-tool yang tersedia yaitu kuas, pensil, dan cat. Pilihan warna yang ada dalam aplikasi ini adalah banyak sekali.

Kualitas foto sketsa yang dihasilkan dari aplikasi PaperColor adalah beresolusi tinggi. Anda tidak akan merasa malu untuk mengunggah hasil foto sketsa Anda ke media sosial seperti Facebook dan Instagram.

PaperColor telah dilengkapi dengan fitur share (berbagi), sehingga tidak perlu lagi melakukan langkah-langkah yang panjang saat ingin membagikan hasil karya Anda. Anda hanya tinggal mengklik sekali dan hasil foto pun bisa langsung dibagikan.

Size yang dimiliki oleh PaperColor pun adalah ringan. Bobot dari aplikasi ini hanya berukuran 13 MB saja.

Sampai saat ini, aplikasi PaperColor sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dan telah memiliki ulasan lebih dari 100 ribu.

3. Sketch Book: Color & Pencil Sketches

Rekomendasi aplikasi edit foto menjadi bentuk sketsa yang selanjutnya adalah bernama Sketch Book: Color & Pencil Sketches. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membantu Anda untuk pengubah foto menjadi sketsa pensil atau menjadi sketsa yang berwarna.

Terdapat berbagai macam pilihan warna dalam aplikasi ini yang bisa Anda gunakan. Pilihan warna tersebut bisa langsung Anda gunakan untuk mengedit foto menjadi bentuk sketsa yang menarik dan keren untuk media sosial Anda. Hasil foto sketsa menggunakan aplikasi ini bisa diekspor ke bentuk file jpg maupun png.

Aplikasi Sketch Book: Color & Pencil Sketches tidak hanya dapat mengubah foto menjadi bentuk sketsa saja. Anda pun bisa menambahkan frame (bingkai) dan teks (tulisan) sehingga hasilnya akan semakin menarik.

Selain dari hasil foto sketsa bisa disimpan di memori smartphone, Anda pun bisa langsung membagikannya ke media sosial yang dimiliki seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau mengirimkannya langsung melalui email.

4. Sketch Effect Photo 2019 Pro

Aplikasi edit foto menjadi bentuk sketsa selanjutnya yang bisa digunakan adalah Sketch Effect Photo 2019 Pro. Aplikasi yang satu ini bisa Anda download langsung secara gratis melalui Google Playstore.

Aplikasi Sketch Effect Photo menawarkan berbagai pilihan tool yang dapat memudahkan Anda untuk mengubah foto menjadi sketsa. Seluruh prosesnya pun bisa Anda gunakan secara gratis tanpa membeli terlebih dahulu aplikasi pro.

Cara menggunakan aplikasi Sketch Effect Photo adalah mudah. Anda hanya perlu memilih foto yang ingin diubah menjadi bentuk sketsa, selanjutnya silakan atur ukuran resolusi foto sketsa yang dibutuhkan.

Kemudian, silakan Anda pilih efek sketsa sesuai yang diinginkan. Ada beberapa efek sketsa yang tersedia pada aplikasi ini. Diantaranya seperti efek sketsa foto pensil dan efek sketsa pensil warna.

5. Photo Sketch Maker

Tak kalah dari pengembang aplikasi sejenis lainnya, Aero Tools juga meluncurkan aplikasi yang bisa mengubah foto menjadi bentuk sketsa yaitu bernama Photo Sketch Maker.

Aplikasi yang satu ini memiliki kelebihan untuk mengubah foto menjadi bentuk sketsa dengan langkah-langkah yang lebih mudah. Hasil foto sketsa menggunakan aplikasi ini pun tak kalah bersaing kualitasnya dengan aplikasi yang sebelumnya.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah ringkas, hanya perlu memilih foto yang ingin diubah menjadi sketsa, kemudian memilih efek yang diinginkan. Anda dapat memilih efek sketsa pensil atau efek sketsa berwarna dalam aplikasi ini.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan Anda adalah menyimpan hasil foto sketsa ke galeri Anda. Selain dapat disimpan di galeri, Anda pun bisa langsung membagikannya ke media sosial melalui aplikasi ini.

6. Sketch Photo Maker 2019

Sketch Photo Maker 2019 merupakan aplikasi pengubah foto menjadi bentuk sketsa yang memiliki fitur pengeditan yang sangat lengkap.

Aplikasi edit foto menjadi sketsa yang satu ini bisa digunakan oleh siapa pun secara gratis. Terdapat bermacam-macam efek sketsa yang disediakan oleh aplikasi ini. Seperti, ada efek color sketch, efek light color sketch, efek pencil sketch, efek old pencil sketch, efek black pencil sketch, efek real pencil sketch, efek water painting, efek oil painting, efek normal sketch, efek regular sketch, cartoon effects, dan artistic effects.

Apabila Anda memilih efek black pencil sketch, maka terdapat pilihan warna lain selain hitam yaitu warna biru, hijau dan merah.

Selain dapat mengambil foto yang ingin diubah menjadi sketsa dari galeri, Anda pun bisa menjepret foto baru langsung menggunakan aplikasi ini.

7. Sketch Pictures

Anda masih penasaran dengan aplikasi pengubah foto menjadi sketsa yang lainnya? Tenang, masih ada satu rekomendasi lagi untuk Anda yang bisa dicoba.

Aplikasi untuk edit foto menjadi sketsa yang selanjutnya adalah bernama Sketch Pictures. Aplikasi ini benar-benar akan membantu Anda dalam mengubah suatu foto menjadi bentuk sketsa. Terdapat banyak fitur menarik yang tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi Sketch Pictures memiliki 15 efek pensil sketsa yang bisa Anda coba untuk digunakan. Efek pensil tersebut terdiri atas filter dasar yang yang bisa memfilter sketsa secara canggih seperti grafit dan juga sketsa.

Tidak hanya ada efek sketsa, terdapat pula filter karikatur yang bisa Anda coba. Ukuran aplikasi ini adalah sangat ringan, hanya 3 MB saja.

Hingga saat ini, aplikasi Sketch Pictures sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Ratingnya menempati jajaran aplikasi yang memiliki penilaian bagus. dan telah diulas lebih dari 10 ribu kali di Google Playstore.

Anda kini telah mengetahui apa saja nama aplikasi yang bisa mengedit foto menjadi sketsa. Silakan dipilih daftar rekomendasi aplikasi edit foto di atas sesuai kebutuhan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @intographics