Cara Membuat Watermark di Word paling Mudah

Watermark merupakan sebuah fitur di Micorosft Word untuk memasukkan sebuah gambar atau tulisan sebagai latar belakang agak transparan, sehingga tulisan masih tetap terbaca. Meski tidak banyak orang mengetahui fitur ini, namun nyatanya fitur ini sangat penting untuk diketahui oleh orang lain. 

Watermark biasanya digunakan sebagai salah satu syarat pelengkap tugas akhir di kampus, sehingga banyak sekali mahasiswa yang ingin mengetahui tentang cara membuat watermark di dalam Micorosoft Word. 

Tak hanya bisa memasukkan dokumen berupa gambar saja, watermark juga bisa digunakan untuk memasukkan tulisan. Orang umum yang menggunakan fitur watermark biasanya adalah orang-orang yang ingin memasukkan logo atau nama merk ke dalam file perusahaan mereka agar tidak mudah dijiplak atau diplagiat oleh orang lain. 

Cara untuk membuat watermark memang terbilang sedikit rumit, namun tetap mudah dipahami apabila menyimak artikel ini dengan baik. Artikel ini akan membahas mengenai cara membuat watermark di Microsoft Word, baik yang menggunakan sistem operasi Windows ataupun menggunakan sistem operasi iOS. Lalu, bagaimanakah caranya? Simak artikel ini dengan baik ya!

Cara Membuat Watermark di Word Windows

Window merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia. Harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan iOS menjadi salah satu alasan mengapa Windows memiliki banyak pengguna. 

Anda bisa membuat watermark dengan menggunakan perangkat yang memakai sistem operasi Windows. Ikuti langkah-langkah berikut apabila Anda ingin membuat watermark di Word dengan sistem operasi Windows: 

Langkah yang pertama adalah dengan membuka Microsoft Word terlebih dahulu. Anda dapat menemukannya pada menu start yang terdapat di bagian pojok kiri bawah. Jika sudah menemukan klik Microsoft Word tersebut untuk membukanya. Selain itu, Anda juga dapat langsung mengklik dokumen yang ingin Anda beri Watermark. 

Kedua, pilihlah menu Design, lalu pilih watermark. Anda juga harus memilih pre-configured watermark seperti DRAFT atau CONFIDENTIAL.

Selanjutnya, buatlah watermark sesuka hati dengan cara seperti di bawah ini: 

pilihlah menu design, lalu pilihlah watermark, dan pilih lagi custom watermark. 

Kemudian, masukkan gambar atau tulisan yang ingin Anda jadikan watermark. Anda dapat dapat memilih Text watermark dan ketik watermark tex di Text Box. 

Kemudian, pilihlah OK. 

Terakhir, pilihlah save watermark untuk menyimpannya. 

 

Cara Membuat Watermark di Word Mac atau iOS

Meskipun pengguna iOS lebih sedikit dibandingkan pengguna Windows, namun ternyata masih banyak pula orang-orang yang bertanya mengenai cara membuat watermark di laptop yang menggunakan sistem operasi IOS. 

Berikut merupakan langkah membuat watermark di word dengan menggunakan iOS: 

Langkah pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Word yang terdapat di laptop Anda. 

Apabila sudah, akan terdapat beberapa menu di bagian atas, pilihlah menu Design. 

Setelah itu, akan ditampilkan beberapa menu baru lagi, Anda dapat memilih menu watermark. 

Kemudian, Anda dapay pula memilih Text dan menuliskan teks watermark apabila watermark Anda berupa tulisan. Setelah itu, Anda dapat mengatur watermark Anda sesuai dengan keinginan Anda, sesuaikan font, layout, orientasi, dan warna sesuai rencana Anda. 

Apabila Anda tidak melihat menu watermark, maka Anda harus memilih view dan print layout. Hal ini berfungsi untuk menampilkan tampilan atau hasil akhir dokumen yang sedang Anda kerjakan. 

 

Demikian merupakan cara membuat watermark di Microsoft Word, baik melalui sistem operasi Windows ataupun sistem operasi iOS. Selamat mencoba! 

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images