Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi Sebagian

Keyboard adalah salah satu perangkat keras computer yang memiliki fungsi penting. Keyboard berfungsi untuk memasukkan huruf, data-data, serta mengakses dokumen dan menjalankan fungsi tertentu dalam sebuah laptop atau computer.

Akan tetapi, terkadang sebagian tombol keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik. Beberapa tombol tidak bisa digunakan. Hal ini tentu akan sangat merepotkan, terutama di saat-saat yang sedang urgent.

Apabila hal tersebut terjadi kepada Anda, tentu Anda harus segera mengatasinya agar masalah Anda cepat selesai. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi dengan baik.

Beberapa hal yang menyebabkan keyboard tidak berfungsi bisa jadi adalah karena terdapat masalah pada keyboard tersebut atau bisa pula terdapat masalah pada software yang Anda gunakan, sehingga dapat menghalangi Windows dalam penekanan tombol keyboard.

RajaBackLink.com

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Anda untuk mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi sebagian, lalu bagaimanakah caranya?

Artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi masalah keyboard yang tidak bisa berfungsi sebagian. Simak artikel ini hingga selesai!

Cara Mengatasi Keyboard yang Tidak Berfungsi Sebagian

Restart Laptop Anda

Salah satu cara paling mudah dalam mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian adalah dengan merestart laptop Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memilih menu jendela di bawah pojok kiri, kemudian pilih tombol power. Setelah itu akan terdapat beberapa opsi, pilihlah opsi restart. Tunggu beberapa saat maka laptop Anda akan merestart. Sebelum merestart laptop, pastikan semua aplikasi di laptop Anda sudah tertutup.

Selaini itu, Anda juga bisa mematikan laptop sementara. Apabila laptop Anda tak kunjung mati, maka Anda dapat mematikan laptop Anda dengan mencopot baterai laptop. Secara otomatis laptop Anda akan mati. Setelah itu, hidupkan laptop Anda kembali dengan menekan tombol power beberapa saat.

Pastikan Keyboard Laptop Tidak Terkunci

Keyboard yang terkunci juga membuat beberap tombol keyboard menjadi tidak berfungsi, sehingga sangat penting sekali untuk memastikan apakah keyboard laptop Anda terkunci atau tidak.

Beberpa hal yang menyebabkan keyboard terkunci adalah karena pengaturan yang berubah secara tidak sengaja, sistem yang sedang update, atau karena virus.

Cara mengatasi keyboard laptop yang terkunci adalah dengan cara menekan beberapa fungsi tombol keyboard. Setiap merk laptop memiliki tombol fungsi yang berbeda-beda. Berikut merupakan beberapa pilihan tombol fungsi tersebut:

Tekan tombol Fn + F11 untuk merk laptop Acer, Samsung, Toshiba.

Tekan tombol Fn + Num Lock untuk laptop merk Sony.

Tekan tombol Fn + F8 untuk merk laptop HP ataupun HP Omen.

Tekan tombol Fn + F4 untuk laptop merk Dell.

Tekan tombol Fn + Numlock untuk laptop merk Lenovo dan ASUS.

Tekan tombol Ctrl + Printscr untuk laptop merk HP Pavillion.

Selain beberapa kombinasi tombol tersebut, terdapat pula kombinasi tombol fungsi yang bisa digunakan oleh semua jenis laptop, yaitu:

Tekan tombol Shift + Num Lock.

Tekan tombol Fn + F11 + Scroll lock.

Untuk memastikan kunci keyboard laptop sudah terbuka atau belum, Anda dapat mencoba mengetikkan beberapa huruf. Jika semua keyboard sudah berfungsi berarti keyboard Anda sudah terbuka. Akan tetapi, apabila masih terdapat beberapa tombol keyboard yang belum bisa digunakan, bisa jadi karena keyboard masih terkunci atau kerusakan laptop disebabkan oleh hal lain.

Salah satu cara lain dalam mengatasi masalah keyboard tidak berfungsi sebagian adalah dengan reinstall driver keyboard.

Demikian merupakan cara mengatasi keyboard tidak berfungsi sebagian. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar: Pexels Free Images