Cara Menghilangkan Virus di HP Android dengan Mudah

Sudahkah Anda tahu cara menghilangkan virus di hp Android dengan mudah? Ya, hanya dengan melakukan beberapa langkah saja, maka virus di smartphone Android akan bisa segera lenyap.

Perlu Anda ketahui bahwa sama halnya dengan komputer, hp Android juga beresiko untuk diserang oleh virus dan bisa mengakibatkan berbagai dampak buruk.

Seperti halnya pada komputer, smartphone Android juga bisa menjadi korban malware. Adanya malware pada sistem Android akan membuat kinerjanya menjadi lambat ataupun menciptakan berbagai macam gangguan yang akan membuat Anda kesulitan untuk mengoperasikan smartphone secara normal.

Sebelum malware tersebut menyebar dalam sistem hp Android serta menimbulkan berbagai macam kerugian, maka jelaslah akan lebih baik diberi tindakan penanganan untuk menghilangkan virus tersebut.

RajaBackLink.com

Inilah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk menghilangkan virus di hp Android dengan mudah.

1. Matikan Ponsel

Ketika Anda telah yakin bahwa smartphone Anda diserang oleh malware, silakan Anda tahan tombol daya dan matikan ponsel pintar tersebut sepenuhnya.

Cara ini adalah tahapan awal dari tindakan penanganan yang memungkinkan Anda untuk bisa meminimalisir ataupun menghentikan kinerja dari malware yang sudah terlanjur masuk di smartphone.

Dengan melakukan tindakan tersebut, maka Anda bisa mengurangi dampak kerusakan lanjutan yang disebabkan oleh virus. Hal ini tentunya bisa mengantisipasi masalah lainnya yang mungkin muncul lebih buruk.

Selain itu, mematikan ponsel pintar yang sudah terlanjur terserang virus juga akan bisa memberikan waktu lebih bagi Anda untuk berpikir dan menemukan solusi yang tepat terkait menghilangkan virus tersebut.

Salah satu solusi yang diambil untuk bisa menghilangkan malware di ponsel pintar adalah menghapus aplikasi tertentu yang terinfeksi ataupun menghapus data tertentu yang telah dihinggapi virus.

Apabila Anda telah menemukan sumber asal ataupun tempat dari keberadaan virus, maka penanganannya akan mudah.

2. Ponsel Beralih ke Safe Mode

Ketika Anda sudah menemukan di mana kemungkinan besar keberadaan virus di smartphone, silakan Anda kembali menghidupkan perangkat tersebut.

Setelah ponsel aktif, silakan alihkan mode smartphone ke mode aman terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk bisa mengisolasi aplikasi yang sedang bermasalah karena dihinggapi malware.

Setelah smartphone berada di mode aman, silakan Anda masuk ke aplikasi yang telah Anda duga bermasalah. Karena mode aman telah aktif di smartphone, maka kerusakan lanjutan yang bisa ditimbulkan oleh aplikasi yang telah terinfeksi di smartphone akan bisa dicegah.

Pada sebagian besar jenis hp Android, maka Anda bisa beralih ke mode aman dengan cara menahan tombol daya ponsel selama beberapa detik ketika ia telah aktif. Setelahnya, silakan pilih dan tahan opsi “Matikan”. 

Dari hal tersebut kemudian akan muncul beberapa opsi daya, termasuk di dalamnya adalah “Reboot ke Safe mode”. Silakan Anda pilih mode ini, kemudian tunggulah hp Android Anda untuk melakukan reboot sebelum Anda pilih opsi melanjutkan.

Apabila Anda tidak bisa menemukan opsi mode aman di ponsel pintar Anda, silakan Anda aktifkan saja mode pesawat sebagai alternatifnya. Hal ini diperlukan untuk bisa memutuskan smartphone Anda dari jaringan mana pun yang terhubung dengan aplikasi yang terinfeksi virus.

Anda akan bisa menemukan opsi mode pesawat di menu “Pengaturan” smartphone ataupun pada pintasannya yang biasanya hadir di bagian atas layar yang berisi menu pemberitahuan terkait kinerja aplikasi Anda.

3. Pergi ke Menu Settings dan Temukan Aplikasi yang Bermasalah

Langkah selanjutnya adalah silakan Anda pergi ke menu “Settings/Pengaturan” smartphone Android Anda. Menu ini biasanya dilambangkan pada ponsel dengan ikon roda gigi.

Setelah Anda sampai di menu “Settings/Pengaturan” ponsel, silakan digulir hingga Anda temukan opsi bertuliskan “Aplikasi dan Masukkan”.

Klik opsi tersebut, lalu silakan dipilih opsi untuk menampilkan semua daftar aplikasi yang dipasang pada hp Android Anda saat ini.

Anda mungkin akan diarahkan untuk memilih “Manajer Aplikasi” agar bisa menampilkan daftar lengkap aplikasi yang sedang dipasang pada smartphone Anda. Silakan ikuti arahan yang tersedia di sana.

Setelah daftar aplikasi yang sedang dipasang pada smartphone muncul, silakan digulir dan cari nama aplikasi yang terinfeksi virus.

Setelah ditemukan nama aplikasi yang Anda yakini terinfeksi virus, silakan diklik nama tersebut. Setelahnya akan muncul opsi untuk “Uninstall” dan “Force Close/Force Stop”.

4. Hapuslah Aplikasi yang Terinfeksi dan Data Apa Pun yang Anda Curigai Virus

Setelah muncul opsi Unistall dan Force, silakan dipilih “Uninstall” untuk menghapus aplikasi yang Anda yakini terinfeksi virus di hp Android.

Setelah itu, aplikasi tersebut akan dihapus dari ponsel. Silakan Anda juga meninjau data aplikasi tersebut di menu “Manager Aplikasi” ponsel, lalu hapuslah data unduhan di sana yang Anda curigai sebagai virus.

Cirinya adalah Anda belum pernah melihat data yang tersedia tersebut pada kesempatan sebelumnya, namun saat ini data tersebut tiba-tiba ada dan Anda tidak merasa pernah men-download-nya ataupun menyimpan data tersebut.

5. Download Aplikasi Pelindung terhadap Malware

Setelah Anda selesai menghapus aplikasi yang terinfeksi malware beserta data apa pun yang Anda curigai isinya adalah virus, maka kini saatnya Anda untuk melakukan tindakan antisipasi agar tidak terjadi kasus yang sama di masa mendatang.

Tentunya, Anda harus mempersiapkan berbagai perlindungan keamanan dari serangan malware yang mungkin akan kembali menyerang perangkat Android Anda.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memasang aplikasi antivirus di smartphone Anda. Hal ini perlu dilakukan agar sistem dan data hp Android Anda akan selalu terjamin aman dari serangan virus.

Saat ini telah banyak berbagai aplikasi antivirus untuk smartphone, baik gratis ataupun berbayar yang bisa dipilih. Aplikasi antivirus yang berbayar biasanya merupakan fitur lanjutan dari versi gratisnya yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan perlindungan secara lengkap dan maksimal.

Dianjurkan bagi Anda untuk memilih aplikasi antivirus smartphone yang hadir dengan banyak kemampuan. Hal ini akan lebih efektif dan efisien untuk kinerja smartphone dibandingkan dengan memilih beberapa aplikasi yang berbeda, namun masing-masingnya hanya menjalankan satu atau dua fungsi saja.

Demikian, pembahasan mengenai cara menghilangkan virus di hp Android dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya!

 

***

Sumber Foto: Pixabay @geralt