Shopee Express: Cara Kirim dan Tracking Paket

Shopee Express merupakan salah satu ekspedisi yang berstatus legal dan tersedia di aplikasi Shopee. Apabila pengguna Shopee memilih menggunakan jasa ekspedisi ini, maka setiap proses pengiriman barang yang masuk dari penjual ke pembeli akan ditangani secara langsung oleh tim resmi dari Shopee.

Setiap masuknya pemberitahuan data pemesanan barang dari pembeli kepada penjual dengan menggunakan Shopee Express, maka pesanan tersebut secara otomatis akan diproses oleh tim Shopee kepada penjual, lalu barang tersebut akan dipacking, disertakan alamat lengkap pengirim barang dan penerima barang, lalu akan dikirimkan oleh tim ekspedisi Shopee Express dengan menggunakan kemasan yang seragam ke alamat penerima barang.

Layanan ekspedisi dari Shopee yang bernama Shopee Express ini, keberadaannya mirip seperti layanan ekspedisi dari Lazada yang bernama Lex atau Lazada Express. Layanan ekspedisi Shopee Express ini melayani pengiriman paket pemesanan dengan jangkauan nasional di aplikasi Shopee.

Meskipun demikian, terdapat juga barang di aplikasi Shopee yang tidak didukung oleh layanan pengiriman barang menggunakan Shopee Express karena berbagai hal.

Salah satunya seperti berat barang yang dikirimkan melalui Shopee Express haruslah di bawah 50 kg. Apabila lebih dari angka tersebut, maka konsumer haruslah memilih jasa ekspedisi lain yang tersedia.

Selengkapnya, berikut adalah jenis layanan pengiriman paket dari Shopee Express yang tersedia di aplikasi Shopee.

1. Shopee Express Standard

Shopee Express Standard adalah jenis layanan pengiriman paket yang ditawarkan oleh Shopee kepada konsumernya yang menginginkan durasi pengiriman yaitu waktu normal.

Untuk cek resi Shopee Express, Anda juga bisa langsung melakukannya di aplikasi Shopee. Rinciannya akan terlihat langsung pada bagian pesanan Anda saat dibuka.

Salah satu keunggulan dari menggunakan jasa ekspedisi dari Shopee ini adalah semua proses transaksi Anda mulai dari pesanan hingga pengiriman paket akan ditangani langsung oleh Shopee. Ketika ada keluhan terkait pengiriman, maka solusinya pun akan cepat dan mudah diambil tindakan.

2. Shopee Express Sameday

Shopee Express Sameday adalah jenis layanan pengiriman paket dari Shopee kepada konsumernya yang menginginkan proses pengiriman paketnya adalah sampai lebih cepat dibandingkan dari Shopee Express Standard.

Cara untuk cek resi Shopee Express Same Day juga sama seperti sebelumnya yaitu langsung di aplikasi Shopee pada bagian pesanan yang Anda lakukan. Rincian lokasi barang akan dituliskan rinci dan update di sana hingga barang tersebut sampai di lokasi penerima paket dan statusnya telah diterima bersangkutan.

Perlu Anda ketahui bahwa kecepatan barang pesanan akan dipengaruhi oleh jarak lokasi antara penjual dan pembeli. Semakin dekat jarak lokasi keduanya, maka akan semakin cepat barang sampai.

Hal tersebut tidaklah berbeda ketika menggunakan jasa ekspedisi Shopee Express Sameday. Hal di atas juga berlaku di sini.

3. Shopee Express Instant

Shopee Express Instant adalah jenis layanan pengiriman barang yang ditawarkan oleh Shopee kepada konsumernya yang menginginkan proses pengiriman diproses sangat cepat. Pengiriman paket akan langsung dikirimkan oleh ekspedisi Shopee dengan ketentuan pengirimannya adalah maksimal berjarak 3 jam dari pick-up.

Tentunya, barang pesanan yang Anda pesan menggunakan jasa layanan pengiriman Shopee Express Instant akan sangat cepat sampai di lokasi yang Anda inginkan.

4. Warehouse Shopee Indonesia

Apakah Anda pernah dengar istilah “Warehouse Shopee”?

Ya, istilah itu mengacu pada “gudang Shopee”. Warehouse Shopee merupakan tempat di mana barang-barang yang dipesan oleh pembeli kepada seller Shopee dikumpulkan setelah proses pick-up.

Proses selanjutnya yang akan dilakukan di Warehouse Shopee adalah mendata dan mengelompokkan paket ke alamat yang dituju. Setelahnya, pengiriman setiap barang pesanan akan dimulai oleh ekspedisi Shopee.

Pengiriman barang pesanan oleh seller Shopee ke Warehouse Shopee, biasanya dilakukan menggunakan layanan Service by Shopee (SBS).

Setelah proses SBS dilakukan oleh seller, maka akan ada penjadwalan pengiriman paket ke Warehouse Shopee. Penjemputan paket tidak dilakukan oleh karyawan Shopee ke alamat seller, melainkan seller mengetahui kapan jadwal barangnya akan di-pick-up ke Warehouse Shopee sesuai dengan jadwal pick-up yang diberlakukan.

Setelah suatu transaksi dinyatakan dibayar atau terkonfirmasi fix masuk ke pesanan seller, maka penjadwalan pick-up barang pesanan tersebut langsung terjadwalkan dan akan masuk pemberitahuan kepada penjual dan pembeli kapan waktu pick-up hingga estimasi pengiriman barang sampai ke lokasi yang dituju.

Apabila Anda membeli suatu barang di Shopee menggunakan jasa pengiriman Shopee Express dan Anda berdomisili di Jakarta, Depok, Tangerang, atau Bekasi (Jadetabek), maka pesanan Anda akan sampai lebih cepat ke lokasi pengiriman apabila pembayarannya telah terverifikasi sebelum pukul 15.00 WIB. Apabila lebih dari pukul tersebut, maka pengiriman barang akan dilakukan di hari kerja selanjutnya.

Secara umum untuk pembeli yang berasal di luar Jadetabek, maka akan dikirimkan pesanan tersebut dalam waktu 24 jam setelah pembayaran dinyatakan terverifikasi.

Selain Anda bisa melacak resi Shopee Express dan resi ekspedisi lainnya di aplikasi Shopee, Anda juga bisa melacak status dan lokasi paket Anda menggunakan berbagai aplikasi pendukung pelacakan resi ataupun melalui website khusus masing-masing layanan ekspedisi untuk cek resi.

 

***

Sumber Foto: shopeepay.co.id