Urutan Nonton Film Star Wars Berdasarkan Kronologi Waktunya

Apabila Anda tertarik untuk nonton film Star Wars, maka Anda haruslah tahu apa urutan nontonnya sesuai dengan kronologi waktu penayangannya.

Disarankan untuk Anda menonton film Star Wars sesuai dengan kronologi penayangannya, agar Anda bisa paham bagaimana alur ceritanya. Ya, memang film ini banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain dari ceritanya yang menarik, berbagai efek visual pun turut dipertontonkan dalam film ini.

Sebenarnya, menonton dengan urutan acak pun sah-sah saja apabila ingin dilakukan. Namun, hal ini akan sangat disayangkan apabila dilakukan karena banyak alur konflik kedepannya yang mungkin tidak dipahami, bahkan menjadi bertanya-tanya saat menonton.

Selain dari itu, pengembangan karakter dari tokoh ceritanya pun mungkin akan Anda tidak ketahui dengan jelas. Bukankah hal-hal tersebut akan disayangkan apabila terjadi?

Oleh karenanya, maka penting diketahui bagaimana urutan film Star Wars. Apabila sudah diketahui bagaimana urutan nontonnya, maka Anda akan bisa menikmati dengan baik bagaimana film berlatar luar angkasa ini diceritakan.

Daftar Urutan Film Star Wars secara Lengkap

Apabila Anda ingin menonton film Star Wars secara lengkap tanpa harus mencari-cari lagi urutannya yang lain, maka silakan Anda berlangganan Disney Plus. Biaya yang ditawarkannya pun adalah relatif terjangkau hanya sebesar $6.99 per bulan. Dengan nominal ini, Anda sudah bisa menikmati pelayanan full dari Disney Plus dan bebas akses untuk nonton film-film yang lainnya.

Berikut adalah daftar urutan nonton film Star Wars secara lengkap beserta sinopsisnya, sesuai dengan kronologi penayangannya. Mari disimak baik-baik!

1. Star Wars: A New Hope (Rilis pada 1977)

Putri Leila mengetahui bahwa Death Star akan digunakan sebagai alat untuk menghancurkan planet yang tidak tunduk dengan Galactic Empire. Sang putri tidak menginginkan bahwa senjata tersebut disalahgunakan seperti itu.

Putri Leila kemudian memimpin sebuah kelompok pemberontak untuk bisa mencegah hal-hal yang mengerikan terjadi karena penyalahgunaan Death Star.

Namun, Putri Leila pada akhirnya tertangkap oleh Stormtroopers yang merupakan pasukan milik Galatic Empire. Penangkapan tersebut diperintahkan langsung oleh Dark Lord Darth Vader.

Sebelum tertangkap, untungnya Putri Leila sempat memasukkan informasi yang diketahuinya terkait rencana dari Galactic Empire ke dalam memori droid R2-D2.

Droid R2-D2 kemudian berhasil meloloskan diri bersama dengan droid C3PO. Kedua droid itu berhasil meloloskan diri ke planet Tatooine dengan menggunakan pesawat darurat yang dimiliki Death Star.

Han Solo dan Luke Skywalker setelah itu bekerja sama dengan R2-D2 dan C3PO, untuk bisa menyelamatkan Putri Leila dan mengembalikan lagi kedamaian di galaksi.

Han Solo dan Luke Skywalker kemudian berhasil menyelamatkan Putri Leila yang telah ditangkap oleh Darth Vader. Mereka berdua kemudian diberi penghargaan oleh Putri Leila atas aksi heroik mereka.

2. Star Wars: The Empire Strikes Back (Rilis pada 1980)

Telah berlalu 5 tahun sejak penghancuran Death Star. Aliansi pemberontak yang dipimpin oleh Putri Leila telah mendirikan pangkalan baru di planet Hoth.

Pada pihak lain, Darth Vader mengirimkan droid penyelidik untuk melintasi galaksi agar bisa ditemukan di mana lokasi aliansi pemberontak. Tatkala lokasi aliansi pemberontak telah ditemukan, maka mereka akan diburu.

Di pihak yang lainnya, Luke Skywalker bertemu dengan hantu Obi-Wan Kenobi. Ia diperintahkan untuk pergi ke Dagoba dan berlatih di sana bersama Master Yoda.

Kekaisaran kemudian menyerang pangkalan milik aliansi pemberontak dan berhasil merebutnya. Setelah kejadian ini, Luke Skywalker dengan ditemani oleh droid R2-D2 melarikan diri menuju Dagoba dengan menggunakan pesawat tempur X-Wing.

Sesampainya di Dagoba, Luke Skywalker bertemu dengan Master Yoda. Ia akhirnya diterima sebagai murid setelah Master Yoda berbincang dengan Obi-Wan Kenobi.

Putri Leila dan Han Solo pun berhasil melarikan diri tatkala penyerangan ke pangkalan mereka terjadi. Mereka berhasil melarikan diri bersama dengan C-3PO dan Chewbacca. Karena terjadi malfungsi pada pesawat yang mereka tumpangi, mereka pada akhirnya bersembunyi di asteroid field.

Cerita kembali ke Luke yang saat ini telah diterima menjadi murid oleh Master Yoda. Ia berusaha keras dalam pelatihannya demi bisa mengalahkan Darth Vader.

3. Star Wars: Return of Jedi (Rilis pada 1983)

Cerita bermula dengan Luke Skywalker yang dibantu oleh Putri Leila, Lando Calrissian, dan dua droid lainnya untuk menyelamatkan Han Solo.

Han Solo sebelumnya telah dikarbonasi, sehingga kemudian terjadilah pertarungan yang tak terhindarkan. Demi bisa menyelamatkan rekan berharga mereka yaitu Han Solo, Luke bersama yang lainnya harus bertarung melawan Jabba the Hut.

Mereka akhirnya bisa menyelamatkan Han Solo dan kemudian melanjutkan perjalanan mereka. Luke Skywalker memutuskan untuk pergi ke Dagobah, menemui sang guru yaitu Master Yoda.

Pertemuan di antara mereka sepertinya adalah pertemuan terakhir. Master Yoda memberi tahu Luke bahwa Putri Leila merupakan saudari kembarnya.

Ia juga memberi tahu Luke bahwa rasa marah, dendam, dan agresif haruslah hilang demi bisa menjadi seorang Jedi. Ia juga memberitahukan bahwa Darth Vader haruslah bisa dikalahkan oleh Luke, baru setelahnya Luke akan bisa menjadi Jedi.

4. Star Wars: The Phantom Menace (Rilis pada 1999)

Diceritakan bahwa terdapat sebuah federasi perdagangan yang jahat sedang berencana dan bersiap untuk menguasai sebuah planet bernama Naboo.

Federasi jahat tersebut dipimpin oleh Nute Gunray. Berbagai aksi kejam telah dilakukan oleh federasi jahat ini.

Untuk bisa menghentikan langkah federasi jahat tersebut, maka diutuslah Dua Jedi, yaitu Qui-Gon Jinn dan Obi-Wan Kenobi. Mereka diperintahkan untuk bisa berhadapan dengan pimpinan federasi jahat tersebut.

Namun, rencana mereka berjalan dengan tidak mulus. Mereka akhirnya memutuskan untuk melarikan diri.

Bersama dengan seorang teman baru, mereka kemudian berencana untuk pergi ke Naboo dan memperingatkan Ratu Amidala terkait rencana jahat Nute Gunray beserta komplotannya.

Ironi terjadi saat ketiganya sampai di Naboo. Planet ini telah berhasil ditaklukkan dan akhirnya dikuasai oleh Nute Gunray beserta komplotannya. Keselamatan nyawa dari Ratu Amidala pun terancam.

Mereka kemudian memutuskan untuk pergi ke Tatooine. Di sini, mereka bertemu dengan seorang anak laki-laki yang bernama Anakin Skywalker.

Tatkala bertemu dengan Skywalker, Qui-Gon merasakan ada hal yang berbeda dari bocah itu. Ia merasakan masa depan yang cerah ada dalam diri anak itu.

5. Star Wars: Attack of The Clones (Rilis pada 2002)

Galactic Republic sedang mengalami masalah setelah 10 tahun pertempuran di Naboo. Dooku sebagai mantan Jedi Master Count telah memutuskan untuk memisahkan diri dan mulai mengancam kedamaian.

Dooku kemudian dikenal julukannya sebagai The Dark Lord of The Sith, Darth Tyranus. Ia bahkan mengajak Obi-Wan untuk bergabung bersamanya, tetapi Obi-Wan menolak tawarannya itu.

Peperangan di planet Naboo terulang kembali dan tak terhindarkan. Peperangan diiringi dengan berbagai intrik politik, begitupun dengan pengkhianatan yang tidak dapat dielakkan. Obi-Wan dan Anakin Skywalker pun akhirnya ditugaskan untuk melindungi planet tersebut.

Keduanya bertempur dengan segala kekuatan yang dimiliki mereka untuk bisa menghadapi Dooku dalam pertempuran Lightsaber.

Mereka bertarung mati–matian demi bisa mencegah kejadian yang lebih buruk terjadi. Pertarungan tidaklah mudah diimbangi oleh keduanya. Posisi Obi-Wan dan Anakin Skywalker hampir saja kalah dalam pertempuran tersebut.

Yoda datang membantu mereka sebagai bala bantuan hingga pertarungan bisa mulai seimbang. Namun, setelahnya Dooku memutuskan untuk kabur dengan cara mengalihkan perhatian Yoda. Ia berhasil melakukan hal itu.

6. Star Wars: Revenge of The Sith (Rilis pada 2005)

Di episode ketiga ini, pemimpin dari Galactic Republic yaitu Kanselor Palpatine diculik oleh gerakan separatis. Gerakan separatis ini terdiri dari separuh alien dan separus droid. Mereka dipimpin oleh seorang jenderal bernama Grievous.

Palpatine diculik dan dibawa ke kapal federasi dagang. Untuk bisa menyelamatkannya, Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi ditugaskan untuk menghadapi Grievous dan menangkapnya. Tugas mereka berfokus untuk bisa membebaskan Palatine.

Pada misi tersebut, Anakin Skywalker dan Obi-Wan ditemani oleh R2-D2. Setelah berhasil mendarat di kapal federasi dagang, mereka kemudian memasuki kapal tersebut.

Mereka haruslah menghadapi anak buah dari Grievous yang telah bersiap dengan kehadiran mereka. Di sini, Count Dooku juga ada dan bersiap untuk menghadapi mereka setelah pada pertempuran sebelumnya berhasil kabur.

Pertarungan berlangsung sengit dan Dooku berhasil dikalahkan. Namun, Obi-Wan dan Skywalker akhirnya berakhir dengan ditangkap oleh Jenderal Grievous. Mereka bernasib seperti Palpatine, tertangkap oleh jenderal ini.

Tak lama dari itu, R2-D2 kemudian datang sebagai bala bantuan dan berhasil melepaskan borgol ikatan mereka. Setelah berhasil lepas dari ikatan borgol yang membatasi kekuatan mereka, pertarungan pun berlanjut. Mereka kembali melawan Grievous.

Aksi menegangkan dari pertempuran kedua pasukan kembali terjadi. Pertarungan pun kembali terjadi di kapal federasi dagang itu.

Namun, kapal federasi dagang yang menjadi tempat pertempuran dua pasukan itu kemudian menunjukkan kondisi akan hancur. Hal ini dimanfaatkan oleh Jenderal Grievous untuk melarikan diri.

Setelah mengetahui ke mana lokasi kabur Grievous, Obi-Wan diutus untuk menangkapnya. Jenderal Grievous terlacak keberadaannya ada di Planet Utapau.

7. Star Wars: The Force Awakens (Rilis pada 2015)

Luke Skywalker telah menghilang entah kemana setelah Galactic Empire berhasil dihancurkan.

Putri Leila bersama kelompoknya pun berusaha keras untuk mencari keberadaan dari Luke Skywalker. Putri Leila hendak meminta bantuan dari Luke untuk menghadapi Kylo Ren dan First Order yang saat ini ada dalam kebangkitan.

Belakangan terkuak fakta bahwa ternyata Kylo Ren adalah anak dari Han Solo dan Putri Leila.

Han Solo berniat untuk menjemput Kylo Ren dan membawa kembali ke pelukan ibunya. Namun, hal yang terjadi adalah Han Solo berakhir terbunuh di tangan anaknya sendiri. Ia terbunuh setelah Kylo Ren mengunakan lightsaber.

Setelah membunuh ayahnya, Kylo Ren bertarung melawan Rey yang merupakan seorang pemulung dari planet Jakku. Untungnya, Rey di sini berhasil melarikan diri bersama Finn dan Chewbacca dengan menggunakan pesawat Millenium.

Mereka akhirnya bisa menemukan keberadaan dari Luke Skywalker dengan bantuan dari droid tua R2-D2.

Luke Skywalker ternyata telah bermukim di sebuah planet yang terpencil dan terisolasi. Ia kemudian menawarkan lightsaber miliknya ke Rey.

8. Rouge One: A Star Wars Story (Rilis pada 2016)

Kisah berpusat tentang blueprint Death Star yang merupakan senjata penghancur planet yang dimiliki oleh Galactic Empire.

Cassian Andor selaku pimpinan pasukan intel dari Rebel Alliance ditugaskan untuk mencuri blueprint Death Star. Ia bersama pasukannya diberi misi untuk mendapatkan senjata penghancur planet itu.

Cassian Andor didampingi oleh anggota pasukannya yang terampil dalam misinya kali ini. Di antara anggota pasukannya itu adalah Jyn Erso, Chirrut Imwe, dan Baze Malbus. Ketiga orang itu bukanlah orang biasa.

Jyn Erso adalah anak dari Galen Erso, perancang Death Star. Chirrut Imwe adalah seseorang yang buta. Sedangkan, Baze Malbus adalah seorang pembunuh bayaran.

Sebelumnya, Galen Erso yang merupakan ayah dari Jyn Erso dibawa pergi oleh Orson Krenic.

Orson Krenic adalah seorang petinggi di Galactic Empire. Ia memaksa Galen pada saat itu untuk membantunya membuat Death Star.

Belasan tahun berlalu sejak saat itu. Jyn Erso yang merupakan anak dari Galen Erso memutuskan untuk ikut bergabung ke pasukan Cassian Andor. Ia menerima tawaran dari Andor di misi pencurian Death Star.

Terdapat fakta tersembunyi tentang Death Star. Galen Erso selaku perancang dari Death Star ternyata telah menyelipkan kelemahan di senjata ini. Death Star bisa dihancurkan dengan satu kali serangan saja. Fakta ini terungkap belakangan.

9. Star Wars: The Last Jedi (Rilis pada 2017)

Rey meminta bantuan dari Luke Skywalker untuk melatihnya menjadi seorang Jedi. Setelah ia berhasil menemukan keberadaan Luke, hal inilah yang dimintanya kepada Luke.

Luke Skywalker menolak permintaan dari Rey. Hal itu dikarenakan menurutnya, keberadaan Jedi adalah sumber dari segala permasalahan yang terjadi di galaksi.

Alasan inilah juga yang membuat Luke selama ini bersembunyi di planet terpencil.

Di pihal lain, saat itu Jenderal Leila bersama kelompok Resistance sedang dikepung oleh pasukan perang The Force. Kondisi semakin memburuk tatkala Jenderal Leila terluka parah hingga mengakibatkannya tidak sadarkan diri.

Posisi jenderal akhirnya dialihkan sementara ke Vice Admiral Holdo. Namun dalam kepemimpinannya, beberapa anggota Resistance merasa kecewa. Banyak sekali kebijakan dan tindakan yang tidak matang dilakukan oleh Vice Admiral Holdo, dan itu semua cenderung pasif.

Pada saat itu, Finn kemudian menyatakan idenya tentang bagaimana menyelamatkan kelompok mereka dari serangan The Force.

Ide Finn didukung oleh anggota lainnya dan mereka pun menyusun rencana untuk bisa menyusup ke dalam kapal The Force.

10. Solo: A Star Wars Story (Rilis pada 2018)

Corellia adalah nama sebuah planet di galaksi. Planet ini adalah planet terbusuk. Corellia ternyata adalah tempat tinggal dari Han Solo ketika masih muda.

Han Solo menjalani hidup saat itu sebagai berandalan dan juga seorang penipu. Dirinya tidak mengetahui siapa orang tua kandungnya.

Han Solo ternyata jatuh hati dengan sahabat kecilnya yaitu Qi'ra. Karena Qi'ra, ia akhirnya memiliki cita-cita menjadi seorang pilot. Ia ingin menjadi seorang pilot agar bisa kabur dari planet Corellia bersama dengan Qi'ra, gadis pujaan hatinya itu.

Saat mereka akan melarikan diri dari planet Corellia, kejadian tidak mengenakkan terjadi. Keduanya akhirnya terpisah.

Hanya Han Solo saja yang bisa keluar dari Corellia. Qi'ra masih terjebak di planet tersebut.

Setelah berhasil kabur dari planet terburuk, Han Solo kembali mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang pilot.
Ia kemudian bertemu dengan Chewbacca yang akan menjadi sahabatnya di masa depan.

Waktu berlalu, Han Solo akhirnya bisa bertemu kembali dengan Qi'ra. Namun, Qi'ra sudah menjadi gadis yang berbeda dengan yang dikenalnya dulu.

11. Star Wars: The Rise of Skywalker (Rilis pada 2019)

Di bawah pengawasan Jenderal Leila Jedi, Rey melanjutkan pelatihannya sebagai Jedi.

Di sini, kemampuan Rey sudah mulai menunjukkan peningkatan yang pesat sebagai Jedi. Namun, karena Rey yang pada saat ini masih memiliki sebuah ketakutan dalam dirinya, kekuatan yang dimilikinya pun belumlah bisa maksimal tersalurkan.

Pada pihak lain, Kylo Ren kini telah berstatus sebagai supreme leader. Ia semakin gencar melakukan perburuan dan penghancuran kelompok Resistance. Terlebih, saat ini Kylo Ren diberi bantuan oleh Palpatine.

Kylo Ren sempat mengajak Rey untuk bisa bergabung dengannya. Ia mengajak Rey untuk meninggalkan Leila dan Reistance. Namun, tawaran tersebut ditolak oleh Rey.

Untuk bisa menghancurkan rencana Kylo Ren dan Palpatine, maka Rey, Finn, dan Poe Dameron melakukan perjalanan galaksi. Mereka berkunjung ke beberapa planet dengan tujuan untuk bisa memperoleh sebuah alat petunjuk yang bisa mengarahkan menuju dunia Sith. Mereka ingin menemukan tempat keberadaan dari Sith Lord.

Sebelum bisa menemukan alat petunjuk jalan ke dunia Sith, mereka haruslah bisa menemukan terlebih dahulu sebuah belati yang berisi informasi terkait hal tersebut. Isi informasi dalam belati itu adalah menggunakan bahasa Sith.

Sembari menemukan keberadaan Sith Lord, mereka juga menyusun rencana serangan terhadap musuh mereka.

Demikian, pembahasan mengenai film Star Wars sesuai kronologi penayangannya. Selain itu, Anda juga bisa menonton serial Star Wars versi kartunnya di Disney Plus.

 

***

Sumber Foto: Tangkapan Layar YouTube @Star Wars