Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel yang Lemot

Kuota internet menjadi kebutuhan pokok belakangan ini. Semua kegiatan sehari-hari pasti membutuhkan kuota internet, sehingga banyak sekali pengguna yang memilih-milih kuota internet apa yang akan digunakan. Biasanya kuota internet digunakan dengan masa aktif satu bulan dengan sistem pembayaran di awal. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan internet adalah telkomsel. Pulsa telkomsel tergolong murah dan banyak digunakan karena memiliki kecepatan internet yang baik. 

Salah satu jenis kuota internet yang diluncurkan telkomsel adalah jenis unlimited. Tak hanya telkomsel saja yang menyediakan layanan unlimited namun juga perusahaan layanan internet lain. Kuota internet jenis unlimited sangat cocok digunakan untuk seseorang yang tidak bisa lepas dari internet. Kelebihan kuota internet jenis ini adalah dibayar di awal dan dapat digunakan untuk satu bulan ke depan. 

Pada bulan Februari 2021, Telkomsel mengeluarkan layanan kuota internet unlimited bernama UnlimitedMax. Layanan unlimited jenis ini banya digemari dan menjadi favorit di kalangan pengguna internet. Akan tetapi, terdapat kelemahan yang dimiliki layanan internet jenis ini. Banyak pelanggan yang merasakan kecepatan internet lemot saat menggunakan kuota internet jenis ini. 

Hal tersebut ternyata disebabkan oleh fitur Fair Usage Policy atau FUP yang digunakan Telkomsel. Apabila sudah melewati batas FUP, maka kecepatan internet menurun menjadi 128 kbps. Kelemahan semacam ini biasanya terjadi jika sudah menggunakan kuota internet terlalu lama. Namun, kuota internet masih berfungsi dengan baik jika hanya digunakan untuk keperluan messenger. 

RajaBackLink.com

Apabila kuota Telkomsel baru saja digunakan dan belum melewati batas FUP namun masih lemot maka permasalahannya terdapat dalam jaringan. Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh jaringan, eror pada aplikasi tertentu, atau bisa juga masalah settingan APN yang kurang tepat. 

Langkah Mengaktifkan Paket Unlimited Telkomsel

Terdapat dua langkah dalam mengaktifkan paket Unlimited Telkomsel. Langkah pertama adalah dengan program unlimited surprise deal. Melalui langkah ini, pengguna dapat membeli paket unlimited dari Rp 100 ribu dengan FUP hingga 50 GB. Akan tetapi, program ini hanya dilaksanakan di waktu tertentu saja. 

Langkah pertama di atas hanya bisa digunakan oleh pelangggan prabayar Simpati, Kartu AS, Loop, dan Halo. Pelanggan dapat mendapatkannya melalui UMB *363*181# serta via aplikasi mytelkomsel.

Langkah kedua adalah mengganti SIM Card dengan kartu perdana UnlimitedMax. Layanan ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan prabayar simpati, kartu as, dan loop. Harga jugal UnlimitedMax dimulai dari 25 ribu dengan mendapatkan kuota lokal 2,5 GB dan kuota nasional 0,5 GB. 

Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot

Pertama, pastikan kuota belum melewati FUP. Caranya dengan mengecek di aplikasi mytelkomsel.

Kedua, tekan tombol on/off mode pesawat untuk merefresh jaringan. 

Apabila masih beum berhasil, pindah ke lokasi yang lain untuk mencari jaringan internet yang stabil. 

Jika belum berhasil, cobalah membuka aplikasi lain untuk memastikan jaringan. 

Terakhir, buatlah settingan ulang APN. 

Cara Setting Ulang APN

APN atau Acces Poin Name adalah suatu hal penting dalam jaringan internet. Apabila jaringan internet mengalami masalah, maka setting ulang jaringan tersebut dengan menggunakan cara di bawah ini: 

Pertama, bukalah pengaturan telepon di ponsel Anda.

Cara tombol menu koneksi, tekan jaringan internet, dan tean APN.

Klik tombol tambah untuk menambahkan APN Unlimited Telkomsel yang terbaru. 

Kemudian, isilah dengan data sebagai berikut:

name: MEGA BOOSTER LTE

APN: KPN4G.nl

Proxy: kosongkan

Port: kosongkan

Username: kosongkan

Password: kosongkan

Server: 208.67.222.222

MMSC: http://mp.mobile.kpn/mmsc

MMS proxy: 64.235.204.107

MMS port: 8080

MCC: 510

MNC: 10

Authentication type: PAP or CHAP

APN Type: default,mms,supl

APN Protocol: IPv4

APN Roaming Protocol: IPv4

Setelah selesai tekan simpan dan gunakan. 

Setelah berhasil melakukan setting ulang APN, coba cek koneksi internet Anda. Selamat mencoba! 

 

Sumber Gambar: Pexel Free Images