Perbedaan Windows 7 Ultimate dan Profesional

Sistem operasi omputer diantaranya adalah Windows dan Linux. Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di Indonesia. Salah satu faktor yang menyebabkan windows banyak digunakan di Indonesia adalah kemudahan yang ditawarkan oleh Windows. Sistem operasi dan cara pemakaian yang simpel serta sederhana membuat windows banyak diminati di Indonesia. 

Windows memiliki jenis yang beraneka macam, diantaranya adalah WIndows 7 dan Windows Ultimate. Windows 7 lebih banyak digunakan di Indonesia. Hal itu disebabkan karena sistem UI yang dimilikinya lebih mudah dipahami dan lebih nyaman digunakan masyarakat Indonesia. Windows 7 terbagi menjadi dua, yaitu Windows 7 Ultimate dan Professional. Lantas apa perbedaan Windows 7 Ultimate dan Windows 7 Professional?

Windows 7 Ultimate

Sebenarnya seseorang yang menggunakan Windows 7 Ultimate maupun Windows 7 Professional dapat berganti-ganti sesuai selera. Seseorang yang menggunakan Windows 7 Professional dapat beralih ke Windows 7 Ultimate, yang merupakan versi terakhir dari Windows 7. 

Masing-masing jenis Windows tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan, sehingga apabila seseorang sedang menggunakannya dapat mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan tersebut. Berikut akan kami paparkan mengenai kelebihan dan kelemahan dari Windows 7 Ultimate maupun Windows 7 Professional. 

Kelebihan Windows 7 Ultimate

Windows 7 Ultimate mempunyai fitur yang cukup banyak dan lengkap. Fitur yang digunakan di Windows 7 Professional sudah pasti ada di dalam Windows 7 Professional. Bahkan, terdapat pula beberapa fitur tambahan seperti AppLocker, BitLocker To Go, BitLocker, Direct Access, Branche Cache, paket bahasa MUI, dan boot dari VHD. Adanya fitur tambahan tersebut disebabkan karena 

Adanya beberapa fitur tambahan tersebut disebabkan karena Windows 7 Ultimate merupakan versi yang lebih baru daripada Windows 7 Professional. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri Windows 7 Ultimate juga mempunyai beberapa kelemahaan. 

Kekurangan Windows 7 Ultimate

Harga yang cukup mahal menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki Wondows 7 Ultimate. Harga Windows 7 Ultimate dapat mencapai sekitar $210. Harga tersebut cukup mahal dibandingkan harga Windows 7 Professional yang hanya dibanderol dengan harga sekitar $160. 

Harga tersebut terbayarkan dengan fitur-fitur lengkap yang dimiliki Windows 7 Ultimate seperti ppLocker, BitLocker To Go, BitLocker, Direct Access, Branche Cache, paket bahasa MUI, dan boot dari VHD.

Windows 7 Profesional

Windows 7 Professional sebenarnya sangat cocok digunakan oleh pengguna bisnis kecil karena di dalam Windows ini sudah termasuk fitur Windows 7 Home Premium sementara. Kemampuan lain yang dihasilkan Windows 7 Professional adalah domain server Windows ang beroperasi sebagai server dekstop jarak jauh. 

Kelebihan Windows 7 Professional

Windows 7 Professional menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingan Windows 7 Ultimate. Windows 7 Professional hanya mempunyai harga sekitar $160. Harga tersebut lebih murah dibandingkan harga Windows 7 Ultimate dengan harga mencapai $210.

Kekurangan Windows 7 Professional

Kekurangan yang dimiliki oleh Windows 7 Professional adalah tidak adanya fitur yang lengkap. Windows 7 Professional hanya memiliki fitur-fitur utama saja, sedangkan untuk fitur tambahan belum tersedia seperti yang dimiliki oleh Windows 7 Ultimate. Hal ini tentu sesuai juga dengan harga terjangkau yang ditawarkan 

Kesimpulan

Windows memang menjadi sistem operasi yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Hal itu karena kemudahan dalam hal penggunaannya dibandingkan sistem operasi lainnya. Masing-masing sistem operasi baik Windows atau bukan sebenarnya memepunyai kelebihan dan kelemahan, termasuk Windows 7 Ultimate dan Windows 7 Professional. Masing-masing Windows tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan speerti fitur yang lengkapa ataupun harga yang mahal. Apabila ingin mempunyai komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi dan mumpuni, maka Anda dapat menggunakan Windows 7 Ultimate. Akan tetapi, apabila laptop atau komputer tidak mempunyai spesifikasi mumpuni, maka disarankan menggunakan Windows 7 Professional. 

Sumber Gambar: Pexels Free Images