Cara Menampilkan Recycle Bin

Cukup banyak program menarik yang bisa diakses di sistem operasi Windows 10. Terlebih, setiap program yang ditanamkan didalamnya mempunyai fungsinya sendiri-sendiri. Adapun salah satu program populer yang sering ditemui di berbagai perangkat Windows adalah recycle bin. Secara umum, recycle bin merupakan wadah untuk files berupa foto, dokumen, video, musik, atau format lainnya disimpan usai dihapus dari direktori asalnya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Recycle Bin

Recycle bin pada dasarnya termasuk sebagai salah satu fitur lama yang sudah diinstal di perangkat Windows. Bahkan sejak awal mula Windows XP ada, program ini sudah terbentuk dan terus dipertahankan hingga saat ini. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, recycle bin berguna untuk menyimpan data sementara yang sudah dihapus dari komputer. Urutan lengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Sebuah file dihapus dari sebuah folder.
  2. Kemudian perangkat windows akan memproses penghapusan file tersebut.
  3. Pada akhirnya, file tadi akan dipindahkan ke Recycle Bin.

Sehingga dapat disimpulkan, fitur ini hadir sebagai media pembuangan sampah. Namun seolah menjadi tempat sampah organik, data-data yang sudah dihapus masih berpotensi untuk dikembalikan bila ternyata dibutuhkan di kemudian hari.

Panduan Memunculkan Fitur Recycle Bin di Windows 7, 8, 10

Memang pada perangkat Windows XP, program recycle bin sudah tersedia secara khusus pada menu Start. Namun mulai dari sistem operasi Windows 7 hingga 10, ikon dari program ini secara default bisa ditemukan di desktop. Kendati demikian, dalam beberapa kasus fitur ini hilang dari tampilan utama desktor karena pengaturan pengguna yang memilih untuk menyembunyikannya.

RajaBackLink.com

Meskipun dapat diakses melalui kolom search bar di taskbar Windows, agaknya trik ini dinilai kurang praktis dibandingkan dengan klik shortcut langsung dari desktop. Menindaklanjuti masalah tersebut, berikut merupakan beberapa cara untuk mengembalikan recycle bin ke desktop utama Windows.

1. Cara Menampilkan Fitur Recycle Bin di Windows 10

Langkah-langkah menampilkan program recycle bin di Windows 10 rupanya sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu mengubah pengaturan dari ikon yang muncul di desktop. Nantinya, opsi recycle bin akan secara otomatis tersedia disana.

  1. Mula-mula, klik ikon Start dan pilih opsi Settings.
  2. Kemudian, klik menu Personalization, lanjutkan dengan membuka menu Themes.
  3. Pada bagian ini, klik menu Desktop Icon Settings yang terdapat di sebelah kanan halaman.
  4. Centang pada kotak recycle bin dan klik Apply.
  5. Akhiri proses ini dengan mengklik OK.

2. Memunculkan Fitur Recycle Bin di Windows 7 dan 8

Sementara pada versi Windows yang lain, prosedurnya mungkin sedikit berbeda. Lebih lengkapnya, simak panduan memunculkan recycle bin di Windows 7 dan 8 berikut ini.

  1. Buka menu Desktop, klik kanan, dan pilih opsi Personalize.
  2. Setelah itu, tekan menu Themes yang ada di sisi kiri.
  3. Pilih menu Desktop Icon Settings.
  4. Kemudian centang kotak recycle bin dan klik Apply.
  5. Jika setelah seluruh proses di atas dilakukan namun recycle bin belum juga muncul di desktop, pengguna dapat mencoba restart perangkat komputer terlebih dahulu.

3. Update Windows

Kemungkinan timbul bug pada icon dapat terjadi di sistem operasi manapun, termasuk Windows. Sebagai dampaknya, akan ada beberapa ikon yang tidak muncul di layar desktop. Dan mungkin recycle bin jadi salah satu ikon yang menghilang karena bug. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengikuti prosedur berikut.

  1. Pertama, periksa kembali apakah program recycle bin dapat terbuka atau tidak. Untuk memeriksanya, silakan buka kolom search dan tuliskan recycle bin. Setelah itu buka program yang tertera, apabila recycle bin berhasil terbuka, berarti program tersebut masih bisa berjalan dengan normal.
  2. Setelah itu, lakukan update windows dengan cara ketik Update di kolom pencarian. Lalu buka halaman Update.
  3. Perbarui versi Windows melalui halaman tersebut. Biasanya setelah berhasil update, masalah bug akan ikut teratasi.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara menampilkan recycle bin di Windows 10 yang bisa Anda jajal di rumah.

 

Sumber gambar: iStock Free Image